GRCI (Glam Rock Community Indonesia), Komunitasnya glitter rock

Tikum Music – Glam rock atau rock glamor (glitter rock) adalah subgenre musik rock pasca-hippi asal Britania Raya pada awal tahun 1970-an.

Penyanyi dan pemusiknya memakai pakaian, rias wajah, dan model rambut yang serba gemerlap, serta mengenakan sepatu bot berhak tinggi.

Aliran musik ini mencapai puncak kejayaan di Britania Raya pada pertengahan tahun 1970-an. lambang generasi rock glamor adalah “Queen, Marc Bolan and T.Rex, Gary Glitter and the bands Sweet, dan Slade”.

Pengikut glam rock lainnya termasuk Alice Cooper, Kiss, David Bowie, Lou Reed, Roxy Music, Mud, Mott the Hoople, The Glitter Band, Brian Eno, dan Suzi Quatro.

komunitas glamrock indonesia 2

Di setiap dekade tahun 70 – 90an terdapat beberapa nama grup Band yang masuk kategori aliran Glam Rock, berikut diantaranya : KISS, Motley Crue, Poison, Twisted Sister Def Leppard, dll

Karena Glam Rock tidak terfokus pada satu band tertentu maka penggemarnya sangat luas, dan di Indonesia terdapat komunitas dari aliran Glam Rock yang kami akan perkenalkan kepada anda yaitu : GLAM ROCK COMMUNITY INDONESIA.

komunitas glamrock indonesia logo

Glam Rock Community Indonesia (GRCI), berdiri atas inisatif dari Budi Putra dan A. Eko Cahyanto. Dibentuk di daerah Kebon Nanas, Jakarta Timur. pada tanggal 26 Maret 2016.

Berawal diskusi rutin dan aktivitas ngeband bersama dengan membawakan lagu aliran glam metal, hair band, hard rock 90’s. Kemudian GRCI melanjutkan dengan membuat grup chatting di whattsApp untuk memperlancar komunikasi, berbagi informasi dan lagu tentang musik glam metal. Namun karena pertambahan anggota semakin banyak, maka diputuskan untuk membuat grup Facebook resmi pada tanggal 10 Mei 2016.

Visi dari komunitas ini adalah menjadi wadah nostalgia masa muda 80an-90an sekaligus berkumpulnya para penggemar Glam Rock di seluruh Indonesia. Sedangkan Misi terbentuknya GRCI adalah :

  • Menjalin silaturahmi antar penggemar musik rock lintas generasi
  • berkarya dalam berbagai kegiatan positif.
  • Ikut meramaikan kampanye rilisan fisik.
komunitas glamrock indonesia 3
komunitas glamrock indonesia 4

Glam Rock Community Indonesia (GRCI) sampai saat ini tidak menggunakan struktur kepengurusan resmi, hanya dengan format ketua dan founder. Dan crew admin saja yang bertanggungjawab terhadap berlangsungnya kegiatan di sosial media, pembuatan majalah, dan mengadakan event komunitas.

Profesi dari para anggota GRCI sangat bervariasi, untuk penikmat musik rock era 80 dan 90 tentunya sudah senior dan mapan, seperti : Aparatur Sipil Negara (ASN), Karyawan Swasta, Wirausaha, Musisi, Seniman, Penulis, serta Pelajar / Mahasiswa. Dengan rentang usia anggota mulai dari 16 tahun sampai dengan 60 tahun.

Sampai dengan saat ini jumlah anggota GRCI sudah sebanyak 6.300 orang dari berbagai wilayah berdasarkan data dari jumlah anggota melalui sosial media.

Setiap komunitas memiliki keunikan, dan bagi GRCI musik glam rock/glam metal menemani bahkan membentuk karakter dan jati diri mereka yang tumbuh ditahun Era 80/90. Cara memainkan musik rock dengan sayatan gitar serta lengkingan suara vokalis serta fashion yang mengirinya sesuai dengan spirit masa muda mereka saat itu dan terbawa sampai saat ini.

Setiap Komunitas pasti memiliki kegiatan rutin selama berdiri, dan selama PSBB GRCI belum mengadakan event yang sifatnya membuat banyak orang berkumpul karena kami mengikuti himbauan pemerintah untuk “stay home” dan “phisical distancing” tetapi kami aktif di grup facebook dengan memberikan kelonggaran kepada anggota komunitas untuk memposting musik diluar genre glam rock/glam metal/hard rock sehingga banyak member baru bergabung.

Berikut kegiatan dari GRCI sebelum masa pandemi Covid-19

1. Event tahunan

  • GRCI Rocktober Fest. (2017, 2018, 2019)
  • GRCI Record Store Day. (2018, 2019)
  • Acoustical Jam sebuah kegiatan talk show, bedah buku dan diskusi musik. (2018, 2019)
  • Kegiatan nonton konser bareng bersama GRCI di kota Jakarta, Boyolali dan Yogyakarta.

2. Kegiatan mingguan

  • Selain melakukan kegiatan bakti sosial, GRCI juga sering berkumpul bersama anggota di Blok M Square, lantai basement. untuk diskusi santai dan menikmati kopi bersama, sekaligus berburu koleksi CD / kaset.
komunitas glamrock indonesia 5
komunitas glamrock indonesia 6

tikum.id ingin mengajak seluruh sobat tikum dimana pun anda berada untuk bergabung bersama Glam Rock Community Indonesia, silahkan melihat beberapa akun resmi sosial media mereka untuk informasi lebih lengkap.

Facebook : Glam Rock Community Indonesia
E-mail : glamrockcommunityindonesia@gmail.com

Sukses selalu untuk GRCI dan semakin bertambah besar, kami tunggu kegiatan lainnya. Stay Cool and Lovely !.

“I think that’s what I love about glam-rock. It invited you to participate. It asked you to change yourself in all these different ways, or offered up all these options.”

Todd Haynes
Anda mungkin suka