Gowes di Bumi Parahyangan bersama Gowes Baraya Bandung

Gowes Baraya Bandung

Provinsi Jawa Barat menyimpan begitu banyak keindahan alam, selain menawarkan keindahan alamnya tanah pasundan menyimpan banyak jejak sejarah. Tidak hanya itu, masih ada lagi yang wajib kita rasakan ketika berkunjung kesana yaitu wisata kulinernya. Cara unik untuk menikmati panorama alam Jawa Barat yang kami rekomendasikan kepada anda adalah dengan menggunakan sepeda atau gowes yang sedang menjadi tren saat ini.

Pilhan sepeda yang kami sarankan adalah jenis sepeda gunung (Mountain Bike/MTB), karena sepeda ini memang cocok digunakan di area pegunungan dengan medan yang cukup berat. Sepeda ini pertama kali diperkenalkan ke masyarakat pada tahun 1970 di sebuah arena perbukitan San Francisco, Amerika Serikat.

MTB memiliki 3 gear depan dan 10 gear belakang, mempunyai rangka yang terbuat dari pipa berukuran besar sehingga lebih kuat dan kokoh dibanding jenis sepeda lain. Dengan ukuran roda 26”, 27.5” dan 29” serta tapak ban yang cukup lebar, membuat sepeda ini memiliki kemampuan mencengkeram tanah dan batu di daerah perbukitan.

Setelah mengenal singkat mengenai sepeda jenis ini, bagaimana jika kita juga berkenalan dengan komunitas sepeda asal kota Bandung, Jawa Barat. yaitu GOWES BARAYA BANDUNG.

Gowes Baraya Bandung 2

Gowes Baraya Bandung (GBB) berdiri pada tanggal 31 januari 2016. Atas prakarsa sejumlah orang yang memilki hobi bersepeda. Mereka adalah :

  1. Deden Kurniawan
  2. Gary Seiawan Hasan
  3. Yoga Dio Sofyan
  4. Denny Wardana
  5. Ardan Ramdani
  6. Cecep (Cakra)
  7. Tendi Hidayat
  8. Ajun
  9. Rahman
  10. Andi Zakaria

Tidak hanya karena kesamaan hobi, hal lain yang mendasari mereka mendirikan GBB adalah untuk menumbuhkan kepedulian sosial, serta menjunjung persaudaraan dan solidaritas antar anggota tanpa membedakan usia, ras, suku, agama, status sosial dan merk sepeda.

Visi dari GBB adalah ingin mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan.

Sedangkan Misi GBB adalah menjalin “Babarayaan” silaturahim dengan pesepada lainnya dan masyarakat pada umumnya, sekaligus mengadakan kegiatan bersepeda secara rutin dan berkelanjutan atau berkolaborasi dengan komunitas sepeda lainnya dan para stakeholder.

Selama GBB terbentuk komunitas ini sudah pernah dipimpin oleh beberapa orang ketua, siapa saja mereka ?

Gowes Baraya Bandung 3
  1. Deden Kurniawan (2016 – 2017)
  2. Rito Rianto (2017 – 2018)
  3. Anggana Nugraha (2018 – sekarang)

Sampai saat ini GBB sudah memilki anggota lebih dari 800 orang. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang usia mulai dari pelajar, mahasiswa, professional aktif hingga purna tugas di berbagai instansi swasta dan pemerintah. Kekompakan lintas generasi ini akhirnya mendapatkan apresiasi dari walikota Bandung dalam hal lingkungan hidup dan wisata.

Gowes Baraya Bandung 4

Sebagai komunitas sepeda yang besar GBB sudah pasti banyak memilki agenda kegiatan rutin sebelum pandemic covid-19, seperti bakti sosial keagamaan, perayaan ulang tahun, dll. Untuk Kegiatan gowes terbagi atas periode mingguan, bulanan dan tahunan.

  • Mingguan : gowes santai, gowes adventure, gowes malam.
  • Bulanan : gowes wisata dan edukasi, gowes bikecamp, gowes peduli lingkungan.
  • Tahunan : gowes touring dan gowes family gathering.

Selain gowes di Jawa Barat, rute touring terjauh dari GBB sudah melalui berbagai provinsi di Indonesia seperti

  • Destinasi tour Lampung
  • Destinasi tour Bromo
  • Destinasi tour Padang
  • Destinasi tour Bali
Gowes Baraya Bandung 5
Gowes Baraya Bandung 6

Bagaimana sobat tikum, seru sekali bukan kegiatan dari pencinta sepeda MTB ini. Bagi anda warga Bandung dan Jawa Barat yang mulai tertarik untuk memulai gaya hidup sehat dengan bersepeda silahkan bergabung bersama Gowes Baraya Bandung. Anda bisa menghubungi beberapa akun sosial media mereka dibawah ini.

Instagram : @gowesbarayabandung
E-mail : gowesbarayabandungofficial@gmail.com

Semoga di masa pandemic dan di masa depan Gowes Baraya Bandung tetap aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan bersepeda kepada netizen. Sukses selalu dengan semua rencana kegiatannya dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Sagowes Sajuta Baraya.

“It is by riding a bicycle that you learn the contours of a country best, since you have to sweat up the hills and coast down them.”
Ernest Hemingway

Author: Wahyu Andika

Diecast dan Otomotif menjadi pilihan saya untuk menghilangkan penat atau merefresh pikiran. Disamping itu juga untuk bersilahturahmi dan bertukar pikiran dengan komunitas diecast ataupun komunitas otomotif.

1 thought on “Gowes di Bumi Parahyangan bersama Gowes Baraya Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *