5 Game Lokal Indonesia Bertema Pahlawan

Permainan game tidak melulu tentang karakter imaginatif. Simak 5 game lokal Indonesia berikut ini yang mengusung tema pahlawan.

Tikum Game – Pengembang game lokal Indonesia ternyata tidak kalah hebat dengan developer game luar. Ada banyak game keren di Play Store yang ternyata hasil karya anak bangsa. Apa saja nama game tersebut? Simak ulasan berikut.

Game Lokal Indonesia Bertema Pahlawan yang Wajib Dicoba

Bertepatan dengan bulan Kemerdekaan Indonesia yang ke- 76, kali ini tikum.id akan memberikan ulasan tentang game lokal Indonesia yang bertemakan pahlawan. Bagi Anda yang menyukai game bergenre battle, karya anak bangsa ini wajib dicoba:

1. Game Lokal Bambu Runcing

Dalam game Bambu Runcing ini Anda akan dibawa kembali ke masa lalu, saat Indonesia tengah melawan penjajah. Seperti nama permainannya, senjata utama dalam game ini adalah bambu runcing yang ditusukkan. Namun selain bambu runcing, Playground SMK Telkom Malang selaku pembuat permainan edukasi ini juga menyisipkan keris yang dapat dilempar.

Saat melalui setiap babak permainan, Anda akan disuguhkan komik menarik tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah di masa lalu. Cerita ini diambil dari sejarah yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Melalui game ini, Anda bisa bermain sekaligus mengingat ulang sejarah Indonesia. Menarik, bukan?

2. Lokapala

Lokapala merupakan game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) pertama di Indonesia yang kental dengan sejarah dan budaya. Game ini diluncurkan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2020.

Beberapa karakter hero dalam game besutan Anantarupa Studio ini diadaptasi dari petinggi Majapahit. Sebagai contoh, Laksamana Angkatan Laut Majapahit dalam game ini diperankan oleh hero Nala (Fighter). Ada juga Jinno, seorang Tanker yang memerankan mahapatih. Sedangkan pangeran dari Kerajaan Majapahit diperankan oleh Vijaya.

Nama game Lokapala diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya penjaga alam semesta. Ada enam alam semesta yang harus Anda jaga sebagai hero. Ke enam alam semesta tersebut, antara lain: Pretaloka, Manusyaloka, Narakaloka, Svargaloka, Tiraccanaloka, dan Asuraloka.

3. Soldier 1945

Soldier 1945 merupakan game dengan latar belakang Perang Dunia di tahun 1945. Dalam permainan ini, Anda akan berperan sebagai prajurit yang sedang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sepanjang permainan, Anda akan melewati berbagai level pertempuran yang menantang dengan efek suara nuansa perang. Permainan Soldier 1945 ditutup dengan pengibaran sang saka Merah Putih.

Sama seperti game battle pada umumnya, Soldier 1945 juga dilengkapi dengan peta permainan. Untuk mencapai level akhir, Anda akan dihadapkan pada medan perang berlatar hutan, ruang bawah tanah, air terjun, hingga markas musuh. Uniknya selama bermain Anda akan ditemani musik bertema perjuangan nasional.

4. Perang Puputan

Game Perang Puputan diambil dari salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi di Pulau Bali. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Perang Puputan yang terjadi pada 19 September 1906 di Selat Badung.

Dalam game yang menceritakan masa penjajahan Belanda ini, Anda harus mencegah kedatangan kapal dan pasukan Belanda untuk menginjakkan kaki di Bali. Game yang menceritakan perjuangan rakyat Bali melawan penjajah ini dikembangkan oleh Toel Studio.

5. Diponegoro-Tower Defense

Diponegoro-Tower Defense merupakan game besutan developer lokal Indonesia yang mengusung desain dan teknologi Clash of Clans (COC). Dalam game ini Anda memang tidak akan menemukan cerita atau komik yang berkaitan dengan sejarah. Namun, Anda akan disuguhkan dengan keseruan membangun enam macam menara dan melawan penjajah.

Enam menara yang harus Anda bangun, antara lain Ballista, Panah Api, Tombak Bambu, Bull’s Eye Shots, Electric Bike, dan Bunker Muddy. Selain membangun menara, tugas Anda sebagai Pangeran Diponegoro dalam game ini adalah membangun barikade atau prajurit yang kuat.
Prajurit-prajurit dan menara yang Anda bangun ini nantinya digunakan untuk melawan 16 jenis musuh dalam 25 level permainan.

Demikianlah 5 game lokal Indonesia bertemakan pahlawan yang bisa Anda mainkan di bulan kemerdekaan ini. Game lokal ini tidak kalah seru dengan PUBG, COC, dan game battle royale lainnya, loh! MERDEKA.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka