Selain Mbappe, 4 pemain ini juga gagal cetak gol penalti di Euro 2020

Selain Kylian Mbappe, deretan pemain ini juga gagal cetak gol penalti dalam laga bergengsi Euro 2020. Siapa saja mereka

Tikum Bola – Selain Kylian Mbappe, deretan pemain ini juga gagal cetak gol penalti dalam laga bergengsi Euro 2020. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut!

Kehadiran Kylian Mbappe digadang-gadang bakal membuat kans skuad Prancis untuk menjuarai UEFA Euro 2020 makin besar. Pasalnya, berbagai prestasi gemilang yang berhasil ditorehkannya, baik itu bersama klub PSG dan tim nasional Prancis, diyakini akan membuat dirinya tampil memukau di setiap laga. Bahkan, pemuda berusia 22 tahun tersebut datang dengan status pemain termahal di laga bergengsi Euro 2020.

Mengutip data Transfermarkt, harga juru gedor Les Bleus itu di bursa transfer mencapai sekitar 160 juta euro (setara Rp2,76 T). Namun seperti antiklimaks, berbagai torehan prestasi dan status pemain termahal yang disandangnya justru membuat Mbappe gagal membawa tim asuhan Didier Deschamps lolos ke perempat final Euro 2020. Pemain bernomor punggung 10 di tim Prancis itu gagal adu penalti melawan Swiss—ketika tendangannya berhasil diblok oleh kiper Yann Sommer.

Akan tetapi, bukan cuma Mbappe yang sempat merasakan pahitnya gagal cetak gol penalti di Euro 2020, empat pemain berikut ini juga mengalami nasib yang sama. Siapa saja mereka? Berikut catatannya!

1. Gareth Bale

Didapuk menjadi kapten Wales, Gareth Bale tampil luar biasa dalam kemenangan 2-0 atas skuad Turki. Meski demikian, kemenangan manis tersebut tetap dibayangi kegagalannya mencetak gol penalti pada menit ke-61. Bale yang menembak dengan kaki kirinya, berusaha menendang bola ke sudut atas mistar gawang. Namun, kiper Ugurcan Çakir yang menebak secara tepat arah kedatangan bola, berhasil mematahkannya dengan melompat ke sisi kanan gawang.

2. Ezgjan Alioski

Tendangan kaki kiri Ezgjan Alioski yang begitu kuat saat mengeksekusi penalti melawan Ukraina, tidak mampu menembus barikade kiper Georgiy Bushchan. Cermat menebak kedatangan bola, Bushchan sukses melakukan penyelamatan dengan bergerak ke sisi kiri gawang.

Meski gagal mencetak gol dari titik putih, dewi fortuna masih berpihak pada Alioski. Pasalnya, bola yang diblok Bushchan langsung bergulir kembali ke pemain Makedonia Utara itu sehingga membuat Alioski mampu mencetak gol rebound.

3. Ruslan Malinovskyi

Dalam laga penyisihan grup C antara Ukraina dan Makedonia Utara, kedua tim sama-sama gagal mengubah hadiah penalti menjadi gol kemenangan. Sementara dari tim Makedonia Utara, ada Ezgjan Alioski, Ukraina juga harus menelan pil pahit setelah Ruslan Malinovskyi tidak mampu menyelesaikan tugasnya sebagai eksekutor penalti.

Wasit memberikan hadiah penalti kepada skuad Zhovto-Blakytni di menit ke-84, setelah salah satu pemain Makedonia Utara kedapatan melakukan handball. Malinovskyi yang ditunjuk sebagai penendang penalti, berlari dengan santai dari titik putih untuk melesatkan bolanya ke gawang Makedonia Utara. Namun rupanya, kiper Stole Dimitrievski mampu membaca tendangan Malinovskyi secara cermat dan melakukan penyelamatan yang terbilang mudah di sisi kanan gawang.

4. Pierre-Emile Hojbjerg

Denmark dan Finlandia melakoni laga babak penyisihan Grup B Euro 2020 secara dramatis. Setelah sebelumnya pertandingan dihentikan karena gelandang tim Dinamit, Christian Eriksen, tiba-tiba kolaps di lapangan, Pierre-Emile Hojbjerg juga gagal mengeksekusi penalti. Tembakan rendah Hojbjerg yang lemah dari titik penalti dapat dibaca kiper Finlandia Lukas Hradecky dengan mudah. Hradecky dengan sigap melompat ke sebelah kiri dan berhasil melakukan penyelamatan.

Denmark pun kalah 1-0 atas Finlandia di pertandingan pembuka Euro 2020. Kendati demikian, banyak pengamat yang menyinggung soal tidak imbangnya pertandingan Denmark melawan Finlandia setelah Eriksen ditemukan pingsan di lapangan. Karena seperti yang diketahui, Eriksen adalah playmaker dan sekaligus pemain yang selalu ditugasi menjadi penendang penalti oleh timnya.

Itulah deretan pemain yang gagal mencetak gol penalti di laga Euro 2020. Tercatat, wasit telah memberikan enam hadiah penalti sejauh ini. Namun, hanya dua yang berhasil bersarang ke gawang, yang dilakukan pertama kali oleh Cristiano Ronaldo dan kemudian Memphis Depay.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka