Friday i’m in Love

Hari Jumat adalah hari terakhir bekerja dan di anggap lebih santai dari semua hari dalam satu minggu beraktifitas. Di Indonesia hari jumat bisa di anggap sebagai casual day, batik day, dan untuk Untuk kaum urban biasanya jumat malam digunakan untuk hang out bersama kolega atau relasi bisnis.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Jumat diartikan sebagai hari ke-6 dalam jangka waktu satu minggu. Kata tersebut adalah sebuah serapan dari Bahasa Arab yakni Jumu’ah
Bagi beberapa negara di dunia Jumat sering juga identic dengan #TGIF dan sesuatu yang Horor seperti Friday the 13th

Yuk kita bahas satu persatu keunikan apa saja yang ada di masyarakat dunia terhadap hari jumat.

1. Di Eropa beberapa dewa-dewi sering dikaitkan dengan mitologi, seperti halnya suku Jermanic kuno, mereka percaya bahwa hari Jumat adalah hari persembahan bagi dewi Freya yang merupakan Dewi Kesuburan dalam mitologi mereka.

fridayiminlove1

2. Di daratan Britania Raya, Jumat diartikan dengan Friday. Kata tersebut berasal dari Frigedaeg, yakni sebuah bahasa Inggris kuno yang memiliki makna Day of Frige. Itu adalah nama besar dari Dewi Inggris kuno (interpretasi Anglo-Saxon dari dewi Frea Norse) yang dikaitkan dengan dewi Romawi Venus.

fridayiminlove2

3. Masyarakat Thailand mempunyai kepercayaannya mengenai hari Jumat, dan setiap hari memiliki lambang warnanya tersendiri. hari Jumat dilambangkan dengan warna biru. Sebab masyarakat disana percaya bahwa mengenakan sesuatu berwarna biru pada hari Jumat bisa mendatangkan keberuntungan.

fridayiminlove3

4. Bagi warga India dan pemeluk agama Hindu, perayaan khusus untuk dewa dewi, terutama Dewi Durga/ Parvati / Gowri dilakukan pada hari Jumat. Dewi Durga biasanya digambarkan sebagai seorang wanita cantik berkulit kuning yang mengendarai seekor harimau. Ia memiliki banyak tangan dan memegang banyak tangan dengan posisi mudra, gerak tangan yang sakral yang biasanya dilakukan oleh para pendeta Hindu.

fridayiminlove4

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka