FOC, Freedom Of Community MC. Komunitas Motor Gajah Besi Indonesia

Tikum Motor  – Berkendara dengan menggunakan motor besar atau motor gede (Moge) dengan bobot 400 kilogram memang memiliki sensasi yang menantang dan tentu berbeda dengan menggunakan motor biasa. Dibutuhkan kemampuan dan trik khusus untuk mampu mengendalikannya.

Berikut beberapa tips dari kami sebelum Anda memutuskan mengendarai Moge :

  1. Pilihlah motor yang Anda kuasai dan sesuai dengan kemampuan Anda.
  2. Pelajari safety riding
  3. Persiapan Motor harus selalu prima (Ban, Lampu depan, lampu belakang, antisipasi kebocoran oli atau bensin dibawah motor, rem, kopling, dll.)
  4. Batas kecepatan berkendara.
  5. Pilih motor yang sesuai postur tubuh Anda.

Di Indonesia banyak sekali pengguna motor yang berhimpun menjadi satu dalam sebuah klub berdasarkan kesamaan merk pabrikan motor, kesamaan jenis motor, hingga kesamaan gender yang pada intinya semua adalah Bikers.

Pada edisi hari ini kami ingin menampilkan sebuah klub otomotif Moge yang terdiri dari berbagai jenis pabrikan motor dunia yang tergabung dalam FREEDOM OF COMMUNITY.

Freedom Of Community 2

Freedom Of Community (FOC) MC terbentuk pada tahun 2009 dengan perkembangan di beberapa tahun sebelumnya, mulai berkumpul dan bermunculan dari para anggota baru FOC.

Freedom Of Community (FOC) ini berdiri atas prakarsa beberapa orang yang memang hobi berkendara motor dan touring, hingga akhirnya mereka sepakat melebur menjadi satu. Mereka adalah :

  1. Herry Ayah
  2. Anto Waskito
  3. Yoseph
  4. Kukuh kurniawan
  5. Dyas W.
  6. Irwan Muhammad
  7. Ricky Manaf
  8. Agung Cobra
  9. Donni Akbar
  10. Rama Pratama
  11. Jeffri Ali
  12. Mudinest
  13. Onni
  14. Pitut
  15. Monty monez

Visi berdirinya FOC ingin menjadi komunitas otomotif motor besar yang berlandaskan kebersamaan dan persatuan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Serta selalu kompak dalam menjalin silaturahmi dan berbagi sesama.

Sedangkan Misi FOC terdiri dari :

  1. Melakukan kebaikan untuk sesama melalui program bakti sosial di setiap agenda kegiatan touring bersama.
  2. Menjalin silaturahmi penggemar Moge dari berbagai perkumpulan otomotif.
  3. Memfasilitasi touring yang ekonomis bagi seluruh pesertanya dengan kualitas yang terbaik.

Selain keragaman tipe/merk Moge yang digunakan para anggota, hal yang membedakan klub ini dengan klub motor lainnya adalah siapa saja bisa bergabung walau orang itu sudah menjadi anggota dari klub motor lainnya. Tak hanya itu, dalam setiap kegiatan touring FOC selalu berusaha memfasilitasi para anggota untuk bisa touring murah. Last but not least, kalau jadi anggota FOC dilarang Baper (Bawa Perasaan) karena anggota FOC gemar bercanda.

Selama berdiri FOC pernah dipimpin beberapa nama ketua umum mereka adalah :

  1. Anto Waskito (Mantan ketua umum)
  2. Ricky Manaf (Ketua Saat ini)
Freedom Of Community 3

Ada satu figur yang juga di hormati oleh anggota FOC yang di anggap sebagi senior sekaligus penasihat klub yaitu Herry Ayah, sebagai tokoh yang dituakan oleh para anggota FOC.

Freedom Of Community 4

Motor yang digunakan oleh para anggota terdiri dari berbagai jenis dengan minimal kapasitas mesin 400 cc, seperti : Harley Davidson, BMW, KTM, Honda big bike, Ducati, Triump, dll. Selain itu ada juga perkumpulan di bawah FOC MC, yaitu FOC Matic (khusus motor matic).

Latar belakang dari para anggota sangat beragam baik dari profesi dan usia. Mulai dari usia 18 tahun – di atas 60 tahun. Dengan profesi seperti Mahasiswa, Senator, Direktur BUMN, Pejabat Negara, Polisi, Dokter, Pilot, Pengusaha hingga pensiunan.

Mereka sangat kompak dan saling menghormati satu dengan yang lain karena bagi FOC semua anggota adalah sama dan bisa tetap berdiskusi secara demokratis dan bersenda gurau.

Freedom Of Community 5
Freedom Of Community 6

FOC saat ini hanya berfokus di satu kota yaitu Jakarta, dan total anggota berdasarkan data base adalah 350 orang, dengan keaktifan anggota sekitar 200 – 250 orang. Di tahun 2019 FOC juga sempat merayakan ‘One Decade Ride’ menuju kabupaten Garut, dan kegiatan ini melibatkan sekitar 200 motor yang ikut berpartisipasi.

Kegiatan rutin FOC sebelum pandemi Covid-19 di periode mingguan, bulanan, tahunan, hingga saat ini terdiri dari :

  • Sunday Morning Ride (SunMori) di setiap hari Minggu pagi.
  • FOC 4×4 Offroad camping di periode bulanan.
  • FOC sport activity, bertempat di GOR Pinguin Bintaro, pada setiap hari Rabu.
  • Short touring sebanyak 1-2 kali dalam sebulan.
  • Signature touring / long touring 2-4 kali dalam setahun.
  • Anniversary Ride 2 tahun sekali.
  • Safety riding periode 2 kali dalam setahun.
  • Bakti Sosial untuk masyarakat.
Freedom Of Community 7
Freedom Of Community 8

Bagaimana sobat tikum, seru sekali ya sejarah hingga kegiatan FOC. Jika Anda yang juga hobi berkendara motor besar, kami mengajak Anda untuk bergabung dalam Freedom Of Community (FOC) yang penuh warna-warni perbedaan tetapi tetap menjadi satu persaudaraan. Silahkan Anda menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

Instagram : @focmcindonesia

Tikum.id bangga bisa menghadirkan cerita lain dari kelompok Bikers. Semoga kehadiran FOC MC di Indonesia bisa semakin memperat persatuan otomotif di Indonesia dan semakin bermanfaat dalam masyarakat dengan spirit ‘Unity in Diversity.’

“I’d rather be a rider for a minute, than a spectator for a lifetime.”
Anonymous

Anda mungkin suka