Fenomena Mobil Station Wagon Bersama Mercedes-Benz Star Wagon Owners Indonesia

Star Wagon Owners 1

Saat ini mobil berjenis station wagon memang sedang menjadi tren, baik dalam seri klasik ataupun seri yang terbaru. Bagi anda yang gemar mengkoleksi wagon klasik tentunya memiliki tantangan tersendiri dalam mencari komponendan aksesorisnya. Jika kita Kembali ke masa lalu dalam sejarah dahulu station wagon diciptakan oleh berbagai pabrikan mobil untuk solusi terhadap muatan barang dan logistik, bahkan pada tahun 70-80an di negara Amerika, mobil wagon kerap dipergunakan untuk keperluan pada rumah sakit untuk mengangkut jenasah. Akan tetapi saat ini mobil dengan bokong yang “semok” itu memiliki kelas atau kasta yang sama dengan jenis sedan lainnya. Bahkan, station wagon menjadi varian yang tergolong tinggi dari jenis sedan.

Sebagai produsen mobil mewah sekaligus ternama di dunia tentu saja Mercedes-Benz memilki sejarah terhadap jenis station wagon. Mulai dari seri klasik hingga bertransformasi ke wagon modern. Lalu seperti apa Mercedes-Benz wagon di Indonesia, apakah memilki penggemar ? untuk menjawab hal ini mari kita berkenalan dengan MERCEDES-BENZ STAR WAGON OWNERS INDONESIA.

Mercedes-Benz Star Wagon Owners Indonesia (MB SWOI) atau biasa disebut Star Wagon Owners, terbentuk pada tanggal 14 Juli 2019. Awal terbentuknya SWOI merupakan insiatif dari Bapak Ajo atau yang akrab disapa om Ajo, untuk mengumpulkan teman-teman pencinta Mercedes yang memiliki tipe Station Wagon dan mulai menghubungi beberapa orang pemilik Mercedes-Benz wagon yaitu Bapak Pandu Pradana, Agus Mahendra, Andy Rachman, dan Bhakti Yuwanda.

Star Wagon Owners 2

Pertemuan pertama dan sekaligus menjadi awal berdirinya star wagon owners bermula di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pada hari itu mereka semua berkumpul dan saling berkenalan dengan para pemiliki tipe station wagon.

Visi dari SWOI adalah ingin menjadi tempat untuk bersilaturahmi dan saling bertukar informasi mengenai Mercedes Benz khususnya tipe Station Wagon, dan Misi SWOI adalah ingin melestarikan tipe station wagon sebagai kendaraan yang tetap keren, berkelas, sekaligus eksis dalam dunia otomotif Indonesia, serta menjalin hubungan yang baik dengan seluruh klub pengguna Mercedes-Benz dan klub otomotif lain.

Star Wagon Owners 4

SWOI memang tidak membentuk kepengurusan organisasi secara formal, sehingga mereka tidak memilih President/Ketua Umum. Namun, jika akan melakukan sebuah kegiatan mereka memilih siapa ketua pelaksana saja dan tetap melakukan semua kegiatan secara bersama-sama.

Lalu seperti apa tipe wagon yang menjadi tunggangan para anggota ? ternyata seluruh tipe MB Station Wagon mulai dari yang classic hingga keluaran terbaru. Siapa saja boleh bergabung menjadi anggota Star wagon owners, baik Pria, Wanita, muda, tua, dengan profesi apapun. Yang penting cukup memilki unit MB Station Wagon. Dan sampai saat ini jumlah anggota yang resmi bergabung di SWOI sudah mencapai 90 orang yang tersebar di kota Jakarta, Bandung dan Jogjakarta.

Star Wagon Owners 5
Star Wagon Owners 6
Star Wagon Owners 7

Tikum.id bertanya kepada perwakilan SWOI mengenai apa yang istimewa dan membedakan klub ini dengan klub Mercedes-Benz lainnya ? dan jawabannya adalah “station wagon merupakan variant yang cukup langka, sehingga populasinya pun tidak terlalu banyak, sehingga ini menjadi suatu kebanggaan dan kepuasaan untuk para anggota klub.” Bagi kami hal ini cukup masuk akal, karena kecintaan akan otomotif memang bisa membuat orang serius dan fokus dalam berburu kendaran hingga menyalurkan seleranya masing-masing.

Sebagai komunitas otomotif tentunya kegiatan-kegiatan rutin yang dilakukan oleh SWOI adalah kumpul bersama (kopdar), morning run bersama saat akhir pekan, melakukan kegiatan kolaborasi bersama klub lain seperti Mercedes-Benz SL (MBSL Club Ina), hingga melakukan bakti sosial.

Nah, jika anda memilki Mercedes-Benz Station Wagon dari seri klasik hingga terbaru, kami mengajak anda untuk bergabung bersama SWOI, nikmati berkendara mobil dengan bokong sexy ini bersama para pencinta tipe wagon lainnya dengan semangat persaudaraan otomotif. Silahkan menghubungi akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail : starwagonowners@gmail.com
Instagram : @starwagonowners

Kami tunggu kegiatan seru lainnya dari MB Star Wagon Owners Indonesia di akhir tahun ini dan di tahun depan. Kami yakin akan banyak kejutan dan kegiatan menarik lainnya dari para pemilik wagon ini. Salam satu Bintang!

“Hitch your Wagon to a STAR.”
Ralph Wando Emerson

Author: Wahyu Andika

Diecast dan Otomotif menjadi pilihan saya untuk menghilangkan penat atau merefresh pikiran. Disamping itu juga untuk bersilahturahmi dan bertukar pikiran dengan komunitas diecast ataupun komunitas otomotif.

2 thoughts on “Fenomena Mobil Station Wagon Bersama Mercedes-Benz Star Wagon Owners Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *