Federalist Bandung Indonesia Komunitas Sepeda Federal Asal Bandung

Tikum Bicycle – Tahukah Anda bahwa Indonesia pernah memproduksi sepeda yang dahulu sangat digemari oleh orang-orang di benua Eropa yaitu sepeda merk Federal? Bagaimana sejarahnya? Simak informasi menarik dari para pemilik sepeda Federal.

Federalist Bandung Indonesia 1

Sepeda merk Federal adalah sepeda kayuh asli Indonesia produksi PT. Astra Internasional Tbk. melalui anak usahanya PT. Federal Cycle Mustika (FCM). Mereka mulai memproduksi sepeda ini pada tahun 1986 dan mulai mengekspor ke benua Eropa. Hal ini karena manajemen Astra melihat adanya peluang bisnis untuk melakukan ekspor di tengah krisis moneter yang terjadi pada tahun 1986.

Pada masa jayanya, FCM mampu menghasilkan lebih dari 7000 unit sepeda merk Federal untuk diekspor, bahkan pada tahun 1988 ekspor perusahaan ini mampu mencapai lebih dari 26.000 unit sepeda. Namun, pada tahun 1994 Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) menuding FCM telah melakukan praktik dumping dalam penjualan sepeda di eropa karena menjual sepeda federal dengan harga lebih murah daripada harga di dalam negeri. Hal ini akhirnya membuat FCM bangkrut akibat larangan impor.

Banyak pihak di Indonesia menduga bahwa larangan impor sepeda merk federal di negara-negara Eropa pada saat itu bukan karena alasan dumping, melainkan untuk melindungi merk produksi dalam negeri Eropa, karena sepeda ini tidak pernah surut penggemar karena punya berbagai kelebihan termasuk rangkanya yang kuat. Kabarnya hingga kini masih banyak para pencinta sepeda yang memburu sepeda orisinil atau rangka Federal dan rela membeli dengan harga fantastis yang bisa mencapai puluhan juta per unit.

Untuk lebih mengenal dan melihat sisi lain dari sepeda legenda ini, mari kita berkenalan dengan komunitas pemilik sepeda Federal asal kota kembang yaitu Federalist Bandung Indonesia.

Komunitas Federalist Bandung Indonesia (FBI) resmi berdiri pada tanggal 30 Mei 2011, atas prakarsa beberapa ‘Federalist’ atau para penggemar sepeda gunung merek federal. Mereka adalah Endra Ginanjar, Cepi M. Tohidin, Mochamad Firdaus, Adi Saka, Yudi Megantara. Dan saat ini komunitas FBI diketuai oleh Ananda Bocay.

Federalist Bandung Indonesia 2
(Ketua Federalist Bandung Indonesia)

VISI terbentuknya komunitas ini adalah sebagai wadah berkumpulnya para pemilik sepeda merk Federal di kota Bandung.

MISI FBI adalah sebagai berikut:

  • Menjadikan Federalist Bandung Indonesia sebagai ikatan persaudaraan sesama pecinta sepeda merk Federal.
  • Melestarikan sepeda merk Federal dengan prinsip Recycle, Rebuild dan Conserve sebagai wujud nyata kecintaan para Federalist Bandung.
Federalist Bandung Indonesia 3

Sekedar informasi, klub sepeda Federal sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia dan mempunya induk pusat komunitas yang bernama MTB-Federal Indonesia (MTB-FI) dan FBI adalah salah satu chapter di kota Bandung Raya.

Kami bertanya kepada perwakilan klub FBI mengenai hal apa yang membedakan klub sepeda ini dengan Klub sepeda lainnya? Dan jawabannya adalah ”hal yang membedakanya adalah pada sisi Merk yaitu Federal, sepeda ini sudah dikenal sebagai sepeda vintage dan setelannya kebanyakan sebagai sepeda touring, pelopor kegiatan bike camping dan touring.”

Para federalist Bandung terdiri dari pria dan wanita dengan jumlahl anggota sebanyak 400 orang. Mulai dari usia 15-75 tahun dengan profesi seperti pelajar, mahasiswa, pegawai negeri sipil, pegawai swasta, polisi Indonesia, tentara nasional, pengusaha, seniman, hingga Ibu rumah tangga.
Seru yah jika hobi bisa menyatukan berbagai latar belakang.

Sekarang mari kita lhat apa saja kegiatan rutin FBI sebelum masa pandemi covid-19.

  • Mingguan: kumpul mingguan di Posko FBI yang terletak di halaman Bank Danamon Jl. Merdeka, Bandung. Kegiatan ini adalah berkumpul bersama, ngopi dan berbagi cerita seputar rencana kegiatan di masa depan.
  • Bulanan: Gowes bareng destinasi wisata Bandung, memasak nasi dan lanjut bersantap siang bersama di rumah para anggota-anggota FBI yang dikenal dengan istilah ‘Ngaliwet’.
  • Tahunan: Bike camping, touring, perayaan ulang tahun FBI.
    Lalu untuk kegiatan gowes rute terjauh yang sudah dilakukan para anggota FBI baik secara perorangan atau kelompok adalah touring Jawa- Bali – Lombok – Sumbawa – Tambora.
Federalist Bandung Indonesia 4
Federalist Bandung Indonesia 5
Federalist Bandung Indonesia 6
Federalist Bandung Indonesia 7
Federalist Bandung Indonesia 8

Bagaimana sobattikum, seru dan menyenangkan bukan kegiatan dari FBI. Oleh karena itu kami mengajak para pemilik sepeda merk Federal di kota Bandung dan di kota-kota lain untuk bergabung ke komunitas sepeda Federal yang sudah bernaung di bawah MTB-Federal Indonesia (MTB-FI).

Tetapi jika Anda berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya, syarat untuk bergabung secara resmi sangat mudah karena hanya cukup punya sepeda merk Federal. Lalu silahkan menghubungi pengurus komunitas di sosial media resmi FBI.

Facebook: FEDERALIST BANDUNG INDONESIA (FBI)
Instagram: @federalistbandungind

Semoga spirit untuk melestarikan dan memberdayakan sepeda merk Federal juga bisa menyebar dan bertambah lagi di berbagai daerah di Indonesia. sebab, jika bukan dimulai dari Kita siapa lagi yang akan meneruskan niat ini bukan.

Salam Sehat. Jauhi Narkoba! Dekati Sepeda.

“Whoever invented the bicycle deserves the thanks of humanity.”

Lord Charles Beresford

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka