Fakta Wabah Global Dunia Dalam Tiap Abad

Fakta Wabah Global Dunia Dalam Tiap Abad

Ditengah dampak wabah virus covid-19 yang saat ini melanda di seluruh dunia mari kita untuk tetap menjaga kesehatan pribadi, mengikuti himbauan pemerintah dengan “TETAP DIRUMAH” dan pastinya untuk selalu mempersiapkan masker dan hand sanitizer jika memang harus beraktifitas ke luar rumah.

tikum.id ingin kembali mereview sejarah dunia mengenai pandemic yang pernah terjadi di dunia di selang waktu 100 tahun. Hal ini sangatlah penting guna mencegah keadaan yang terburuk di masa depan. Dan kami pastikan bahwa tidak akan ada foto / gambar mengerikan, tetapi bayangkanlah tempat – tempat indah ini jika wabah corona akhirnya sudah hilang dan keadaan pulih seperti sedia kala. Mari kita lihat yang pertama

Fakta Wabah Global Dunia Dalam Tiap Abad 1

1.The great plague of Marseille (1720)

Wabah Besar Marseille di Perancis adalah wabah pes Eropa yang signifikan. Tiba di kota Marseille pada tahun 1720, penyakit ini membunuh total 100.000 orang. 50.000 di kota itu, dan selama dua tahun berikutnya 50.000 lainnya di utara di provinsi dan kota-kota di sekitarnya. Meskipun jumlah kematian sangat besar, namun Marseille pulih dengan cepat dari wabah wabah. Aktivitas ekonomi hanya membutuhkan beberapa tahun untuk pulih, karena perdagangan meluas ke Hindia Barat dan Amerika Latin.

Fakta Wabah Global Dunia Dalam Tiap Abad 2

2. The Cholera in Asia (1820)

Pandemi kolera pertama Asia juga dikenal sebagai Pandemi kolera Asiatik pertama atau kolera Asiatik, mulai dekat kota Calcutta, India dan menyebar ke seluruh Asia Tenggara hingga timur tengah, Afrika timur, dan pantai Mediterania.

wabah ini mencapai Cina dan Laut Mediterania. Diketahui pada saat itu ratusan ribu orang tewas akibat pandemi ini, termasuk para tentara Inggris yang menarik perhatian Eropa.

Ini adalah yang pertama dari beberapa pandemi kolera yang menyapu Asia dan Eropa. Pandemi pertama ini tersebar di wilayah yang belum pernah terjadi sebelumnya, mempengaruhi hampir setiap negara di Asia.

spanish

3. The Spanish Flu (1920)

Berlangsung dari Januari 1918 hingga Desember 1920, dan virus itu menginfeksi 500 juta orang, atau sekitar seperempat dari populasi dunia saat itu. Jumlah korban diperkirakan sekitar 17 juta hingga 50 juta. bahkan ada yang memperhitungkan mencapai 100 juta. ini menjadikan Spanish Flu sebagai salah satu epidemi paling mematikan dalam sejarah manusia.

Walaupun bernama “Flu Spanyol” tetapi sesungguhnya wabah ini hanyalah julukan dari negara Amerika ketika masa perang dunia 1. juga dikenal sebagai pandemi flu 1918.

Banyak yang menduga ini karena penyakitnya berasal dari Semenanjung Iberia, tetapi nama panggilan itu sebenarnya adalah hasil dari kesalahpahaman yang meluas dikarenakan sikap negara Spanyol yang Netral pada pertikaian perang dunia 1.

Meskipun tidak mungkin bahwa “Flu Spanyol” berasal dari Spanyol, para ilmuwan masih tidak yakin sumbernya. Prancis, Cina dan Inggris semuanya telah diusulkan sebagai tempat kelahiran potensial virus, seperti halnya Amerika Serikat, di mana kasus pertama yang diketahui dilaporkan di sebuah pangkalan militer di Kansas pada 11 Maret 1918.

Fakta Wabah Global Dunia Dalam Tiap Abad 4

4. Chinese Covid-19 (2020)

Pandemi COVID-19 adalah pandemi penyakit coronavirus yang sedang berlangsung saat ini. Wabah ini pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019, dan diakui sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020.

Pada 25 Maret, lebih dari 436.000 kasus COVID-19 telah dilaporkan di lebih dari 190 negara dan wilayah, yang mengakibatkan lebih dari 19.600 kematian dan lebih dari 111.000 pemulihan.

Virus ini biasanya menyebar selama kontak dekat dan melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang batuk atau bersin. Dan upaya untuk mencegah penyebaran virus termasuk pembatasan perjalanan, karantina, jam malam, penundaan dan pembatalan acara, dan penutupan fasilitas. Pemerintah Indonesia turut mengeluarkan kebijakan untuk Social Distance. Di Indonesia sendiri pandemi ini telah menyebabkan gangguan sosial dan ekonomi.

Sekali lagi mari kita bantu untuk mejalankan program pemerintah guna mencegah penyebaran wabah corona ini sobat tikum, hanya dengan semudah #Social Distance #dirumahsaja Stay Healty and Happy.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka