Fakta Mengenai Gudeg

Hai sobat tikum, di penghujung akhir tahun yang sudah mulai musim liburan jangan lupa ya sobat tikum untuk refreshing supaya tidak penat dengan aktifitas sehari-hari yang biasa di lakukan.

Yaps benar kali ini kita akan membahas tentang makanan terpopuler yang asalnya dari kota Yogyakarta, yaaa apalagi kalau bukan gudeg jogja yang terkenal akan kenikmatannya.

Gudeg menjadi salah satu makanan tradisional yang terpopuler di Indonesia mengapa begitu karena gudeg pada saat itu menurut beberapa pandangan orang merupakan makanan dari Keraton Yogyakarta namun nyatanya gudeg adalah makanan yang muncul dari masyarakat.

Pada dahulu gudeg biasanya di sajikan dengan gudeg berkuah yang artinya banyak santannya, tetapi pada saat ini gudeg biasa di sajikan dengan gudeg kering atau gudeg manggar. Hingga saat ini gudeg pun akhirnya berkembang dikalangan masyarakat. 

Gudeg yang berbahan dasar nangka sangat mudah untuk ditemui namun juga bisa di temui dimana saja tetapi gudeg yang sangat melekat dengan kota Yogyakarta. Selain itu kitapun bisa membuatnya sendiri dirumah, karena bahan-bahan yang di butuhkan merupakan bahan-bahan rumahan yang mudah untuk di temui.

Cita rasa gudeg sendiri yang identik dengan rasa manis dan gurih sehingga bisa membuat orang ketagihan untuk memakan gudeg dan makan lagi….

Gudeg yang dimasak dengan menggunakan santan dan gula biasanya disajikan dengan nasi putih, lengkap dengan berbagai jenis lauk pauk seperti telur rebus, ayam kampung, tahu, tempe dan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi.

Harga gudeg juga bervariasi harga gudeg basah berkisar antara Rp. 7.000-Rp. 35.000 harga gudeg kering Rp. 50.000-Rp. 100.000.

Tidak hanya di kota Yogyakarta namun gudeg sekarang juga sudah bisa di temukan di Jakarta. Ini dia rekomendasi tempat makan gudeg yang ada di daerah Jakarta :

  • Gudeg Sagan

Ingin makan gudeg dengan suasana yang tenang dan homey? Tempat makan bernama Gudeg Sagan yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan inilah pilihannya.

Gudeg Sagan cabang Jakarta ini juga terkenal dengan sajiannya yang legit, gurih, dan berlumur areh yang melimpah. Ayamnya pun menggunakan ayam kampung sehingga rasa dagingnya lebih lembut.

Selain gudeg nangka dan opor ayam, seporsi Gudeg Sagan juga bisa disantap bersama krecek, telur pindang, tempe bacem, dan nasi yang pulen. Jadi, sangat cocok disantap sebagai menu makan siang yang mengenyangkan.

  • Gudeg Pejompongan

Gudeg Pejompongan masuk ke dalam salah satu tempat makan legendaris di kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat. Telah berdiri sejak 1964, Gudeg Pejompongan terkenal dengan cita rasa yang autentik seperti di Yogyakarta.

Bahkan semua lauk-pauk gudeg masih dimasak secara tradisional menggunakan arang, lho. Proses memasak secara tradisional inilah yang jadi daya tarik Gudeg Pejompongan sehingga semakin diminati pecinta gudeg.

  • Pawon Solo

Kalau bekerja disekitaran sini, Anda bisa menikmati aneka menu lengkap khas Solo di Pawon Solo. Mulai dari nasi pecel, nasi liwet, nasi bagana, nasi timlo Solo hingga bakso Solo. Eits, pastinya kedai ini punya gudeg komplit yang berisi nasi yang pulen dipadu dengan telur pindah, serta gudeg nangka yang manis gurih lezat. Jl. Kemang Raya No. 75B. Kemang, Jakarta Selatan

  • Gudeg Pak Atmo

Nama Pak Atmo yang terpampang pada spanduk di depan warung adalah nama asli pemiliknya. Konon Ia memulai karirnya sebagai kepala koki di Istana Mangkunegara, pada tahun 1927. Hingga akhirnya Ia mengundurkan diri dan membuka restoran gudeg pertama kali ditahun 1963.

Datang ke sini, tentu yang paling dicari adalah gudeg. Gudegnya agak basah dengan rasa yang agak manis. Potongan nangka kecil dengan tekstur empuk dilengkapi dengan kuah areh yang gurih kental, telur pindang, sambal goreng krecek dan juga sayur daun singkong rebus. Paling enak dinikmati bersama dengan nasi hangat. Jika ingin berkunjung ke gudeg Pak Atmo ada di daerah Jl. Gandaria 1 No. 2. Kebayoran Baru. Jakarta Selatan.

  • Gudeg Kandjeng

Kedai asal Jogja ini milik Bu Yani. Gudeg di kedai ini punya rasa yang tidak terlalu manis. Warnanya agak kemerahan dengan tekstur nangka muda yang agak kenyal makin pas dinikmati dengan daun singkong rebus dan siraman kuah areh. Sentuhan rasa gurihnya semakin enak karena dilengkapi dengan sambal krecek dan potongan tahu, telur pindang dan tahu putih.

Gudeg Kandjeng (Ibu Yani Jogja) Jl. Hang Tuah X (samping Lapangan Tenis Bulungan) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Itu dia sobat tikum rekomendasi tempat makan gudeg yang popular di Jakarta. Jangan lupa untuk terus pantengin tikum.id ya….

Author: Mimin

Mimin is the Tikum Administrator that has role to manage the traffic and she is also passionate to write and share all about internet of things, hobbies, world of female and Indonesian Woman affairs.

1 thought on “Fakta Mengenai Gudeg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *