Fakta Keren Si Kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Produk otomotif kembar tapi beda pabrik bukan hal baru di Indonesia. Setelah Avanza dan Xenia; Agya dan Ayla; kini Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hadir.

Produk otomotif kembar tapi beda pabrik bukan hal baru di Indonesia. Setelah Avanza dan Xenia; Agya dan Ayla; kini Daihatsu Rocky dan Toyota Raize hadir.

Salah satu mitos yang kerap mengelilingi produk otomotif kembar beda pabrik adalah, salah satu pasti lebih laris dari yang lain sehingga angka penjualan si kembaran menurun drastis. Meskipun begitu, baik Daihatsu ataupun Toyota tidak pernah berhenti berkolaborasi.

 Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 2

Masing-masing yakin, mereka punya target pasar berbeda dan komunitas penggemar fanatik. Jadi jika produk kembar kembali diluncurkan, tidak ada yang paling diuntungkan apalagi dirugikan. Hal inilah yang menjadi dasar diproduksinya si kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Berikut beberapa fakta si mobil kembar yang mungkin perlu diketahui.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 3

Hadir dengan Penggerak 2WD dan 4WD

Baik Rocky maupun Raize hadir dengan sistem penggerak 2WD dan 4WD. Menurut kabar, fitur di beberapa negara berbeda dengan yang dirilis di Jepang. Tapi kemungkinan besar, baik Toyota maupun Daihatsu akan merilis Raize dan Rocky dengan fitur identik sebagaimana yang beredar di negara asalnya.

Beberapa fitur tersebut adalah, mesin 3 silinder 996 cc atau 1.200 cc intercooler turbo dengan tenaga maksimal 98 ps atau 96,06 dk dengan torsi puncak mencapai 140 Nm mulai dari 2.400 hingga 4.000 rpm. Keduanya pun dibekali pilihan transmisi manual 6 percepatan dan matic.

Kembar Tapi Beda

Meskipun dibekali mesin serupa, baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky memiliki eksterior berbeda. Secara fisik, Rocky memberi tampilan crossover tangguh dengan griil horizontal mirip segi enam dengan ukuran besar. Ditambah fog lamp dan LED yang dipasang vertikal, tampilan mobil ini terlihat lebih gahar.

Sedangkan Raize hadir dengan grill berbentuk wajik dengan lubang-lubang yang berfungsi sebagai tempat keluar masuk udara untuk mendinginkan mesin. Tampilan tersebut dilengkapi dengan adanya pelek dengan desain mirip bilah pisau two tone. Meskipun sama-sama gahar, tapi Raize terlihat lebih kokoh daripada Rocky.

Untuk bagian belakang, Raize dan Rocky memiliki tampilan serupa. Jika ada yang berbeda, mungkin hanya emblem atau logo yang terpasang di pintu belakang. Selebihnya keduanya sama-sama elegan jika dilihat dari belakang.

Fitur Daihatsu Rocky Lebih Mahal

Selama ini bias penggemar otomotif selalu terpaku pada produk-produk Toyota. Bahkan ketika Daihatsu dan Toyota beberapa kali meluncurkan mobil kembar, Toyota kerap dianggap lebih unggul. Sayangnya, hal ini tidak berlaku pada Toyota Raize dan

Daihatsu Rocky.

Baik di Jepang maupun Indonesia, Rocky dibekali fitur yang lebih lengkap dibandingkan Raize. Selain itu Rocky juga disebut memiliki performa lebih lincah dan garang. Jadi jangan heran meskipun diluncurkan dalam waktu bersamaan, harga jual Rocky dan Raize memiliki perbedaan signifikan.

Ketika dirilis secara resmi nanti, masing-masing memiliki 4 pilihan variasi sesuai kebutuhan pengendara. Harga Toyota Raize dibanderol sekitar Rp224 juta sampai Rp305 juta. Sedangkan Rocky dibanderol dengan harga Rp227,9 juta sampai Rp316,5 jutaan. Dari sini bisa kita lihat bahwa Toyota Raize lebih murah dibanding Daihatsu Rocky.

Toyota Raize Dapat Diskon PKB di Indonesia

Selain lebih murah, kabarnya Toyota Raize akan mendapatkan diskon PKB (Pajak Kendaraan Baru). Jadi bisa dibayangkan berapa nominal pajak yang harus dibayar saat membawa pulang mobil baru ini bukan? Tidak hanya itu, baik Raize maupun Rocky sama-sama dikenakan PPnBM (Pajak Pertambahan atas Barang Mewah) sekitar 0% mulai Maret 2021. Menarik bukan?

Jadi, tertarik untuk membeli si kembar tapi beda ini? Semoga informasi produk otomotif di atas bermanfaat.


ATOTO S8 Android Car Stereo Entertainment System, S8G2A78U-N Wireless Phone Link, Gesture Operation, Built-in 4G Cellular Modem,

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka