Fakta Jose Mourinho Menjadi “Crazy Rich” Karena Sering Dipecat

Tikum Bola – Jose Mourinho mendapat kekayaan hingga triliunan karena beberapa kali dipecat. Pasalnya, dia selalu mendapat uang pesangon dengan jumlah fantastis.

Mendengar kata “dipecat”, sebagian besar orang akan membayangkannya sebagai mimpi buruk. Namun, fakta yang terjadi pada Jose Mourinho benar-benar berbeda, dia menjadi crazy rich lantaran diperkirakan meraup kekayaan fantastis saat dipecat dari berbagai klub sepak bola.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Jose Mourinho mendapat kekayaan hingga triliunan karena beberapa kali dipecat. Pasalnya dia selalu mendapat uang pesangon dengan jumlah fantastis. Bahkan jika ditotal, jumlahnya bisa mencapai triliunan rupiah ! Berikut fakta tentang Jose Mourinho menjadi “Crazy Rich” :

Profil Jose Mourinho

Pria bernama lengkap José Mário dos Santos Mourinho Félix ini lahir pada 26 Januari 1963. Memulai karier sebagai pelatih sepak bola pada tahun 2002, dia dikenal memiliki karakter kuat, tetapi sangat tajam dalam mengkritik.

Strategi dan kebijakannya seringkali kontroversial, tetapi nyatanya berhasil membawa sejumlah kemenangan untuk tim yang dilatih. Tidak heran jika dia masuk dalam daftar pelatih terbaik dunia.

Jose Mourinho diketahui memulai karier sebagai pelatih pertama kali di klub Porto (Os Fragoes). Dia berada di sana selama 2,5 tahun sebelum akhirnya pindah ke Chelsea. Kariernya pun makin fantastis karena berhasil membawa klub sebagai juara Liga Utama Inggris musim 2004-2005.

Prestasinya makin gemilang pada tahun-tahun setelahnya sehingga Jose menyebut dirinya sebagai “The Special One”. Namun, kemudian dia memutuskan hengkang dari Chelsea, dan 9 bulan setelahnya mulai diperkenalkan sebagai pelatih Inter Milan.

Jose Mourinho pun hampir selalu mendapatkan reputasi baik sebagai pelatih karena timnya selalu bersinar di lapangan hijau. Selain kedua klub di atas, dia juga pernah menjabat sebagai pelatih Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham Spurs.

Beberapa Kali Dipecat dari Klub Sepak Bola Prestisius

Namun, walaupun memiliki karier yang gemilang, tak bisa dimungkiri bahwa Jose Mourinho juga beberapa kali mengalami gesekan dengan klub yang menaunginya. Dia tercatat beberapa kali dipecat karena berbagai alasan.

Dia dipecat pada Desember 2015 oleh Chelsea. Walaupun sempat membawa klub ini pada kejayaan, performanya kemudian bermasalah di awal musim 2015-2015 sehingga manajemen Chelsea memilih memberhentikannya secara baik-baik.

Mourinho juga sempat dipecat dari Manchester United pada pertengahan musim 2018. Terakhir, The Special One didepak dari Tottenham Spurs pada April 2021 lalu setelah klub tersingkir dengan skor memalukan pada babak 16 Liga Eropa. Jika didaftar, dia sudah lima kali mendapat pemecatan dari klub besar dunia.

Total Kekayaan dari Pesangon

Setelah dipecat dari Spurs, sebuah rumor menarik kemudian beredar. Jika diakumulasi, seluruh uang pesangon yang diperoleh dari pemecatan-pemecatannya ternyata lumayan fantastis, yaitu mencapai 79 juta pound, atau lebih dari Rp1,5 miliar.

Dia dipecat dari Chelsea pada tahun 2007 dengan pesangon 18 juta poundsterling, kemudian diberhentikan dari Real Madrid pada tahun 2013 dengan pesangon 17,5 juta poundsterling. Dia lalu mendapatkan 12,5 juta poundsterling dari Chelsea pada tahun 2015.

Manchester United memecatnya pada 2018 dengan pesangon 15 juta poundsterling, sedangkan Tottenham Spurs memberikan uang saku senilai 16 juta poundsterling. Jumlah itu pastinya belum termasuk gaji dan aset yang dimilikinya saat ini.

Masuk Daftar Pelatih Terkaya

Dengan jumlah kekayaan yang fantastis, Jose Mourinho berhasil masuk daftar pelatih terkaya di seluruh dunia. Salah satu sumbangan terbesar adalah pesangon senilai 18 juta poundsterling yang diperolehnya saat dipecat dari Chelsea pada tahun 2015.

Karir saat Ini

Setelah dipecat dari Spurs, kehidupan Jose Mourinho tidak berakhir begitu saja. Musim selanjutnya, dia telah mendapatkan kontrak dengan AS Roma dan kembali berkarier di Eropa. Rumor yang beredar, dia dikabarkan akan mengasuh tim di klub tersebut hingga 2023. Yah, bagaimanapun dia masih tetap The Special One di dunia sepak bola.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen