Fakta atau Mitos, Masker Mampu Memicu Jerawat di Wajah?

Benarkah penggunaan masker mampu memicu jerawat di wajah? Simak penjelasan secara lengkap berikut ini

Benarkah penggunaan masker mampu memicu jerawat di wajah? Simak penjelasan secara lengkap berikut ini

Sejak dunia darurat Covid-19, gaya hidup masyarakat perlahan-lahan mulai berubah. Dari yang dulu bebas keluar rumah tanpa masker, kini Anda disarankan menggunakan penutup hidung dan mulut untuk mencegah penularan virus.

Bagi mereka yang tidak biasa, penggunaan masker akan terasa menyesakkan. Sementara bagi masyarakat dengan kulit sensitif, penggunaan masker dalam waktu lama ternyata bisa memicu timbulnya jerawat di wajah, lho. Nah, mau tahu tips mencegah timbulnya jerawat akibat penggunaan masker? Cek informasi selengkapnya berikut ini.

Mampu Memicu Maskne

Iritasi dan peradangan bisa terjadi akibat gesekan masker dengan kulit wajah secara terus menerus. Parahnya lagi, kondisi kulit yang tak sehat mampu memicu maskne atau mask acne di area dagu, pipi bawah, atau hidung.

Selain gesekan masker dengan kulit, kemunculan maskne juga bisa disebabkan oleh hawa panas yang terjebak di dalam masker saat berbicara atau menghela napas. Akibatnya, kulit wajah yang tertutup masker menjadi lebih lembap dan berkeringat. Di sisi lain, Anda perlu tahu kalau kondisi wajah seperti itu merupakan tempat terbaik bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Bukan hanya jerawat, penggunaan masker yang tidak tepat juga menjadi awal permasalahan timbulnya penyakit kulit seperti eksim, rosacea, dan dermatitis seboroik. Lalu, bagaimana sih cara tepat menggunakan masker tanpa memicu jerawat di wajah?

Cara Ampuh Mencegah Jerawat Akibat Pakai Masker

Berikut 3 cara yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah jerawat akibat penggunaan masker.

1. Jangan Menggunakan Masker Berulang Kali

Tips pertama adalah hindari menggunakan masker yang sama selama berulang kali. Untuk jenis masker bedah, Anda tidak disarankan menggunakannya seharian penuh, apalagi berulang kali di hari yang berbeda. Sebaiknya sediakan 2-3 masker cadangan.

Sementara untuk masker kain, setelah dipakai Anda bisa mencucinya terlebih dahulu dengan air panas sebelum digunakan

2. Hindari Penggunaan Make-up Jenis Dewy

Biasanya ada dua jenis make-up yang disukai perempuan, matte dan dewy. Bagi mereka yang menggunakan tipe riasan dewy wajah akan terlihat lebih glowing. Sayangnya, jenis make-up dewy tidak disarankan jika Anda menggunakan masker selama beraktivitas.

Hal tersebut dikarenakan tipe riasan dewy mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembap dan memungkinkan terjadi penyumbatan pori-pori apabila ditutupi oleh masker dalam waktu lama. Bila sudah begini, bukan tidak mungkin timbul jerawat di wajah.

3. Bersihkan Wajah Setelah Beraktivitas

Setelah seharian beraktivitas, jangan lupa membersihkan wajah demi mencegah timbulnya jerawat. Bagi Anda yang menggunakan make-up lakukan double cleansing, yaitu proses membersihkan wajah dalam dua tahap.

Proses pertama double cleansing adalah mengaplikasikan make-up remover berbasis minyak, susu, atau air. Proses selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih seperti facial foam atau facial wash.

Bagi Anda yang menggunakan riasan waterproof, pembersih wajah berbahan minyak biasanya mampu memberikan hasil efektif. Bila perlu, Anda dapat melakukan eksfoliasi menggunakan scrub minimal dua kali dalam seminggu.

Dari penjelasan di atas, benar bahwa penggunaan masker yang tidak tepat mampu memicu jerawat di wajah. Jika jerawat terlanjur muncul, segera lakukan penangan agar tidak semakin parah. Salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah mengoleskan obat jerawat yang banyak dijual di pasaran. Apabila jerawat tak kunjung sembuh, mendatangi dokter kulit bisa menjadi langkah terbaik.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka