Evolusi Mustang, Mobil Legendaris Favorit Para Elite

Nyaris enam dekade berlalu, Mustang masih menjadi mobil yang paling banyak diminati. Berikut adalah rangkuman singkat tentang perjalanan Mustang sejak generasi pertama.

Tikum Otomotif – Ford Mustang adalah salah satu merek mobil yang paling sukses sepanjang sejarah. Tak cuma itu, mobil yang satu ini juga menjadi favorit para elite dari seluruh dunia, mulai dari pebisnis, selebriti, hingga presiden sekalipun.

Awalnya pada awal 1960-an, Lido Anthony “Lee” Iacocca, vice president sekaligus general manager Ford kala itu, membayangkan sebuah mobil sporty untuk menyasar anak muda. Mustang pun kemudian diluncurkan kali pertama pada 1964. Ford yang semula menargetkan penjualan pony car ini sebanyak 100.000 pada tahun pertama, justru mendapati bahwa penjualan Mustang telah mencapai 22.000 di hari pertamanya.

Hingga kini, Mustang masih terus diproduksi dengan berbagai penyesuaian inovasi. Selama nyaris enam decade berada di industri otomotif, berikut adalah evolusi Ford Mustang.

Generasi Pertama (1964-1973)

Tahun pertama penjualan Mustang akhirnya mencapai 400.000. Mobil ini begitu populer dan bahkan digunakan dalam beberapa film besar. Versi orisinal misalnya, menjadi bagian dalam film seru James Bond Goldfinger. Sementara itu, versi 1968 yang telah mengalami perubahan di bagian fastback muncul di film Bullitt.

Ford kemudian mengubah bentuk bodi Mustang pada 1969 menjadi lebih besar. Mustang ’69 dan ’70 pun menjadi salah satu mobil yang paling banyak diincar kolektor hingga saat ini. Pada 1971, Mustang kembali didesain ulang menjadi lebih bulky dan sangat berbeda dibandingkan edisi sebelumnya.

Generasi Kedua (1974-1978)

Satu dekade pasca kemunculannya, generasi kedua Mustang diluncurkan. Mobil yang satu ini dikenal pula sebagai ‘Pintostang’ karena desain dasarnya yang menggunakan desain Pinto. Mustang generasi kedua diperkenalkan sebagai “upscale economy car”, berkebalikan jauh dari generasi sebelumnya yang dikenal sebagai “working man’s Thunderbird.
Mobil ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan produksi sebelumnya, tetapi efisiensi bahan bakarnya jauh lebih baik. Dengan penjualan yang mencapai nyaris sama dengan penjualan generasi pertama di tahun pertama, mobil ini pun memenangkan penghargaan Motor Trend’s Car of the Year.

Generasi kedua ini juga melahirkan variasi Cobra II dan King Cobra Mustang. Keduanya tetap mendapat sambutan hangat, tetapi pencinta Ford lebih merindukan ciri khas Mustang orisinal yang kemudian segera dipenuhi oleh Ford.

Generasi Ketiga (1979-1993)

Inilah generasi Mustang yang terpanjang. Fox Body Mustang dirilis pada 1979 dengan desain baru yang dipadukan dengan bentuk awal. Ford menggunakan platform yang sama digunakan di Mercury Zephyr dan For Fairmont dengan berbagai pilihan mesin berbeda: mulai dari inline-four hingga V8. Bodinya berupa kap panjan dan dek belakang pendek seperti model sebelumnya, tetapi dengan sentuhan lampu depan persegi panjang dan desain Eropa.

Ford menghadirkan mesin turbo dan desain konvertibel baru untuk menambah performa Mustang secara keseluruhan. Pada akhir 1980-an, For memproduksi Ford Mustang SSP dan Ford SVT Mustang Cobra pada 1993.

Generasi Keempat (1994-2004)

Merayakan telah berlalunya generasi Mustang lama, Ford menghadirkan Mustang SN-95 pada 1994. Sisi dalam model ini dibuat menyerupai generasi pertama, sedangkan eksteriornya lebih modern.

Mustang GT 1994 akhirnya kembali memenangkan Motor Trend’s Car of the Year. Tak main-main, mobil ini bisa melaju dari 0 hingga 60 km/jam dalam enam detik saja. Selain itu, generasi ini juga menghadirkan model SVT Cobra dan Bullitt yang disesuaikan dengan gaya lebih modern.

Generasi Kelima (2005-2014)

Mustang kembali berhasil menerapkan standar di industrinya pada periode ini. Bersamaan dengan diluncurkannya model baru Mustang, Ford juga menghadirkan kembali Shelby Mustang dan Bullitt pada generasi kelima.

Generasi Keenam (2015-Sekarang)

Ford merayakan ulang tahun ke-50-nya dengan menghadirkan Mustang 2015. Generasi keenam ini menggunakan mesin 2,3 liter Ecoboost 4 silinder dan memperoleh bintang 5 dari national Highway Traffic Safety Administration. Shelby GT500 baru pun menjadi model Shelby terlaris yang pernah ada. Rencananya, generasi ketujuh Ford akan diperkenalkan pada 2022. Meski belum ada pemberitaan lanjutan resmi, pencinta mobil legendaris satu ini sudah tak sabar menanti kejutan lainnya yang akan dihadirkan Ford Mustang.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.