Guitar! 25 Tahun Clapton, Gilmour dan Knopfler Menginspirasi

So, personnaly, Selama 25 tahun terakhir selalu mengikuti trend musik dan memang radio, tv dan sekarang youtube selalu mengedepankan penjualan produk yang teranyar seperti coldplay, Imagine Dragon, Katy Perry, Lady Gaga, dan lain sebagainya, Its good. Darah baru dengan style baru etc etc.

Tapi coba tanya papi mami kamu pendapat mereka mengenai music. Apakah music menginspirasi mereka? Apakah music merubah cara pandangnya karena lyric, rithym, teknik menggocek alat hingga gaya melantunkannya? Siapa saja?

Kita tahu memang perobahan tidak dapat dibendung seperti tools kerja dari Abacus, ke Kalkulator, dilanjut ke Komputer x86 dan sekarang Quantum Computing demi hadirnya AI untuk mengurus kebutuhan kita manusia yang jumlahnya sekarang 9 milyar jiwa. Music juga demikian, dari clasic, ke pop dan rock and roll dan style lainnya yang tak mungkin disebut satu persatu. So divers so many choices.
Untu generasi X & Y, kolega, teman, kenalan, masih tetap muter-muter di music era 70 – 90. Seriously? 

Ya!

Contohnya saya pribadi yang terus menerus memantau perkemmbangan musik dan melihat secara dekat siapa-siapa saja yang memberi warna dan mempengaruhi music dari masa kemasa. 

Yang paling dominan sebut saja Dylan, Art Garfunkel, Beatles, Rolling Stones, Hendrix, David Byrne, Bowie, Clapton, Dire Straits, Pink Floyd dan banyak lagi belum termasuk aliran blues, jazz, reggae dan sebagainya. https://www.thetoptens.com/influential-music-artists/

Clapton, Gilmour dan Knopfler memang rada unik hingga menjadi daily music dalam 25 tahun belakangan ini. Personally hampir setiap hari mendengarkannya mulai dari pagi hingga malam, dari berangkat kerja, saat bekerja , makan, hingga sebelum tidur, setidaknya pasti keputer karena ada dalam playlist berbeda, dan selalu memberi inspirasi setiap hari.
Karena memang lebih tertarik dengan lead guitar dan menjadi pilihan setiapkali ingin mendalami musik, aliran, dan musisi, ketiganya Clapton, Gilmour dan dan Knopler seringkali memainkan solo dengan kualitas tinggi, mungkin tertinggi.

Setiap solo, seolah gitarnya sendiri yang melantunkan dan sering kita tak membutuhkan mereka menyanykan lagu. Pada mulannya juga, seputar tahun 80an, Clapton, gilmour dan Knopler tidaklah semerdu Prestly, Lennon, Art Garfunkel saat live. Namun semuanya tertutup dengan gitar yang dimainkan hingga setiap kali menjadi begitu bermakna. Their bloody guitar that sing and they are god on it.  

Discography & Video

Eric Clapton

Discography:

 https://www.allmusic.com/artist/eric-clapton-mn0000187478/discography

Mark Knopfler

Discograpgy:

https://www.allmusic.com/artist/mark-knopfler-mn0000831236/discography

David Gilmour

Discography:

https://www.allmusic.com/artist/pink-floyd-mn0000346336/biography

Untuk sobattikum, siapa musisi yang menginspirasi Anda? Silahkan komen.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka