Misteri Pembunuhan Seru di Drakor Law School

Drama Korea Law School ajak penonton belajar seluk-beluk hukum lewat misteri pembunuhan di kampus hukum elit. Simak sinopsis dan ulasannya di sini.

Tikum Entertainment – Pernah dengar candaan “belajar hukum lewat drama Korea?” Kemungkinan candaan itu merujuk ke Law School, serial drama 16 episode yang tayang perdana tanggal 14 April di Netflix. Drama seru dengan lika-liku intrik menarik ini memang sangat menonjolkan aspek teknis hukum pidana dan bahkan terinspirasi hal nyata. Buat yang belum pernah nonton, simak dulu sinopsis dan informasinya di sini!

Sinopsis Law School

Law School berkisah tentang kelompok mahasiswa dan profesor di kampush hukum elit Hankuk. Kisahnya diawali dengan kematian misterius Seo Byung Ju saat sedang mengajar simulasi persidangan. Koleganya, profesor yang dihormati bernama Yang Jong Hoon, ditahan sebagai tersangka utamanya.

Melihat kejanggalan pada kasusnya, sekelompok mahasiswa elit yang sering berkumpul untuk belajar bersama mencoba memecahkan misteri di baliknya dan mencari bukti bahwa Profeosr Yang tidak bersalah. Mereka dibantu oleh Profesor Kim Eun Sook, dosen ilmu hukum perdata yang akrab dengan kelompok mahasiswa tersebut.

Dari sekian banyak karakter mahasiswa, yang paling menonjol adalah Han Joon Hwi dan Kang Sol. Joon Hwi dikenal sebagai mahasiswa top dengan jiwa kepemimpinan tinggi dan disegani. Sebaliknya, Kang Sol adalah mahasiswa dari keluarga miskin yang masuk lewat jalur khusus, dan selalu dibayangi rasa rendah diri karena merasa terkucil di tengah para mahasiswa elit.

Tentang Produksi dan Para Pemeran

Law School tidak hanya menarik karena kisahnya, tetapi juga taburan bintang-bintangnya. Profesor Jong Hoon yang tegas diperankan oleh Kim Myung Min, terkenal lewat peran-peran dalam serial Detective K, Beethoven Virus, serta film drama Closer to Heaven. Joon Hwi diperankan Kim Sang Bum, sebelumnya bermain dalam Tale of the Nine Tailed dan Boys over Flowers.

Yang paling menonjol tentu saja Kang Sol. Mahasiswa paling relatable di tengah kelompok elit ini diperankan oleh Ryu Hye Young. Penggemar drama Korea pasti sudah pernah melihat penampilannya di Reply 1988, drama slice of life Korea yang juga ditayangkan di Netflix.

Naskah Law School menjadi salah satu kekuatan serial ini. Seo In, si penulis naskah, sebelumnya juga menjabat posisi yang sama di penggarapan serial Judge VS Judge. Serial yang sebelumnya ini juga berkutat di dunia hukum dan menampilkan karakter utama sekelompok hakim wanita yang mencoba membebaskan seorang terpidana pembunuhan yang tidak bersalah.

Kenapa Harus Nonton Law School?

Masih ingat komentar populer soal serial ini?

“Rasanya kayak lagi kuliah hukum.”

Seo In benar-benar melakukan riset mendalam agar dramanya semakin “berisi”, tidak hanya berisi intrik antar karakter, tetapi juga berbagai aspek hukum yang mereka pelajari dan diskusikan dalam rangka memecahkan misteri pembunuhan serta membuktikan bahwa Profesor Yang Jong Hoon tidak bersalah. Setiap debat, diskusi, dan perjalanan menguak fakta demi fakta hukum bakal membuat SobatTikum serasa ikut kuliah bersama mereka.

Seo In juga menggunakan beragam kasus kriminal di Korea Selatan serta fakta terkait kelemahan aspek hukum di negara tersebut. Misalnya, Seo In menyentil hukum yang “terlalu buta” lewat pengalaman buruk masa lalu Kang Sol ketika diperkarakan dengan tuduhan penganiayaan, padahal dirinya bermaksud menolong seseorang. Seo In juga mengkritik lemahnya hukum di Korea dalam memidanakan seseorang jika minuman beralkohol sudah terlibat, sesuatu yang terjadi pada salah satu karakter di sini.

Kesimpulannya, Law School adalah drama yang cocok untuk SobatTikum yang kangen tontonan berbobot tetapi tetap menghibur. Yuk, segera nonton semua episode Law School dan mulailah ikut kuliah hukum gratis sambil nonton drama seru penuh intrik!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka