Dominik Szoboszlai, Jagoan Baru di Bundesliga

Bundesliga termasuk salah satu ajang sepak bola yang tidak pernah kehabisan pemain berkualitas, salah satunya Dominik Szoboszlai.

Bundesliga termasuk salah satu ajang sepak bola yang tidak pernah kehabisan pemain berkualitas, salah satunya Dominik Szoboszlai.

Musim lalu merupakan musim terbaik bagi Salzburg di Bundesliga. Bagaimana tidak, berkat Dominik Szoboszlai klub bola ini mampu membawa pulang Piala Austria dan menjadi juara utama Bundesliga. Dari 13 laga yang dilakukan, Dominik berhasil membawa Salzburg ke puncak dengan mencetak 5 gol.
Bagi sebagian telinga, nama pemain bola muda ini mungkin terdengar asing. Tapi di antara penggemar berat Bundesliga, Dominik seolah menjadi harapan baru dan rising star di liga sepak bola ternama Austria tersebut.

Mengenal Dominik

Bakat bermain bola Dominik tidak hadir begitu saja. Pemain berusia 20 tahun ini mendapatkan keahliannya dari Sang Ayah, Zsolt Szoboszlai, mantan pesepak bola yang sekarang bekerja sebagai pelatih klub lokal di Videoton, Hungaria. Karir profesional Dominik sebagai pemain bola dimulai ketika dia bermain untukFehervar FC Youth.

Sejak saat itu, kemampuan dan teknik bermain bola Dominik semakin lihai. Pemain bola tampan ini memang dikenal karena seni bermainnya yang cantik. Dominik selalu terlihat tenang saat menguasai bola di lapangan. Pemuda tersebut tidak pernah buru-buru melepas umpan sebelum strateginya dianggap tepat.

Kelebihan Dominik terletak pada kemampuan fisiknya. Pemain bola muda ini selalu memanfaatkan tendangan bebas. Dengan kaki kanan sebagai “senjata,” Dominik sering menyerang untuk memperoleh posisi menang di lini tengah. Selan itu postur tubuhnya yang tinggi, yaitu sekitar 185cm, membuat Dominik tampak mendominasi di lapangan.

Banyak yang menjuluki pemain ini sebagai The Next Paul Bogba dari Hungaria. Sementara itu beberapa media Austria menyebutkan bahwa gaya bermain Dominik Szoboszlai mirip dengan Kevin De Bruyne. Meskipun mungkin pencapaian Dominik selama ini belum sampai pada level De Bruyne.

Prestasi Dominik

Selain berkontribusi pada kemenangan Salzburg di musim lalu Bundesliga, Dominik juga dikenal cukup berprestasi sepanjang karirnya di dunia sepak bola. Sepanjang bergabung dengan klub ternama Austria tersebut, Dominik tercatat telah mengemas 40 gol dan 18 assist dalam salah satu musim.

Prestasi semacam itu tentu saja sangat membanggakan, apalagi untuk ukuran pemain muda. Bahkan menurut beberapa pemerhati Bola, Dominik dinilai cukup produktif. Potensi pemuda ini untuk bermain di liga atau untuk klub yang lebih besar tentu saja terbuka lebar. Inilah mengapa ketika musim transfer tiba, banyak sekali klub besar Eropa yang tertarik untuk merekrut Dominik dan menjadi juara.

Isu Transfer

Isu transfer Dominik Szoboszlai ke klub yang lebih besar mulai berhembus sejak Ralf Rangnick didapuk sebagai pelatih AC Milan. Rangnick disebut-sebut telah mengajukan sejumlah nama pada para petinggi AC Milan, dan salah satu di antaranya adalah Dominik.

Mendengar hal ini, Dominik tidak serta merta menampik ketertarikannya pada AC Milan. Karena selain klub besar tersebut, Dominik juga menarik perhatian para petinggi Arsenal, Inter Milan, Lazio, bahkan Napoli. Selain itu beredar pula isu yang menyebut bahwa Dominik bisa ditransfer dengan uang sebesar EUR30 juta.

Beberapa hari lalu, isu transfer ini sepertinya sampai pada keputusan final. Dominik akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Leipzig dan secara resmi mulai bermain pada Januari 2021 nanti. Keputusan ini tentu saja mengubur harapan Arsenal dan beberapa klub besar lainnya untuk bisa merekrut Dominik.

Dengan biaya transfer sekitar EUR25 juta, Direktur Salzburg sepakat untuk melepas Dominik Szoboszlai dan memberi kesempatan pada pemuda ini untuk berkembang lebih besar lagi di berbagai pertandingan sepak bola. Sejauh ini Dominik memang belum pernah mengecewakan para penggemarnya.

Semoga setelah bergabung dengan Leipzig, kesempatan pemain muda ini untuk semakin bersinar menjadi kenyataan.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka