Dijadikannya Trending Di TikTok, Ini Manfaat Kopi Untuk Rambut

Dijadikannya trending keramas menggunakan kopi, sedang viral di TikTok. Sebenarnya, apa manfaat kopi untuk rambut? Baca jawabannya di sini

Tikum Kopi – Dijadikannya trending keramas menggunakan kopi, sedang viral di TikTok. Sebenarnya, apa manfaat kopi untuk rambut? Baca jawabannya di sini.

Memiliki rambut yang indah tentu menjadi dambaan setiap orang, khususnya wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menutrisi rambut agar tampak sehat berkilau. Mulai dari melakukan perawatan di salon, hingga mencoba tren keramas menggunakan kopi. Lantas, apa manfaat kopi untuk rambut yang sedang viral di TikTok tersebut?

Dijadikannya Trending Di Tiktok, Viralnya Keramas Pakai Kopi

Dunia maya tengah dihebohkan dengan hair hacks keramas menggunakan shampo yang dicampur dengan bubuk kopi. Menurut video yang tengah viral di Tiktok ini, keramas menggunakan kopi dapat membuat rambut jadi halus dan lembut. Bahkan hair hacks ini juga diklaim dapat mengatasi rambut rontok.

Fakta Manfaat Kopi untuk Rambut

Menjawab hair hacks yang sedang viral di TikTok, berikut fakta manfaat kopi untuk rambut:
Mengatasi Kerontokan

Klaim keramas menggunakan kopi dapat mengatasi kerontokan itu memang benar. Menurut studi laboratorium yang dilakukan pada tahun 2007, kafeina dapat mencegah kerusakan folikel rambut akibat banyaknya hormon dihidrotestosteron (DHT). Zat aktif kopi ini bekerja dengan cara memblokir efek dihidrotestosteron.

Selain memblokir efek DHT pada folikel, kafeina juga dapat merangsang pertumbuhan batang rambut dan memperpanjang durasi anagen. Yaitu, tahap pertumbuhan rambut. Sehingga akar rambut Anda jadi lebih panjang, kuat, dan lebar.

Pertumbuhan Rambut Meningkat

Agar tumbuh dengan baik, struktur folikel rambut membutuhkan protein berupa keratin. Protein utama dalam pertumbuhan rambut ini dihasilkan oleh sel matriks yang membelah setiap 39 jam sekali. Pembelahan sel matriks ini dapat ditingkatkan dengan rangsangan kafeina dalam kopi. Sehingga semakin cepat sel matriks mengalami pembelahan, pertumbuhan rambut pun ikut meningkat.

Rambut Lebih Halus dan Berkilau

Rambut kusam, rapuh, dan kering memang membuat siapa pun merasa khawatir. Oleh karena itu, dibutuhkan conditioner untuk memperbaiki sel rambut dan membuatnya jadi lebih halus berkilau. Selain conditioner, Anda juga bisa menggunakan kopi untuk memperbaiki kerusakan rambut kusam ini.

Kopi mengandung antioksidan flavonoid yang mempercepat proses regenerasi rambut. Selain itu, mencampur sampo dengan kopi juga dapat memperhalus batang rambut dan memperbaiki rambut kusut. Jadi, Anda tidak perlu minder lagi saat mengurai rambut di tempat umum.

Selain jadi lebih halus, kopi juga membuat rambut Anda lebih berkilau. Hal ini karena kopi tidak menghilangkan minyak pada rambut dan justru menjaga kelembapannya. Antioksidan kopi bekerja dengan cara mencegah air epidermis menghilang. Sebagai gantinya, sel-sel rambut yang diproduksi jadi lebih sehat.

Selain itu, sifat stimulan pada kopi dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Sehingga nutrisi rambut dapat tersebar merata hingga ke akar. Rambut Anda jadi tumbuh lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Menyembunyikan Uban

Anda tidak perlu repot-repot membeli semir rambut karena cairan kopi yang hitam pekat dapat memberikan efek serupa. Keramas menggunakan sampo dan kopi dapat membantu Anda menyembunyikan uban di rambut cokelat atau hitam. Gunakan kopi kental espresso untuk mendapatkan efek cat rambut terbaik.

Tips Pakai Kopi untuk Rambut

Efek menggunakan kopi untuk keramas memang menakjubkan. Namun, penggunaannya juga perlu aturan. Ikuti tips berikut untuk mendapatkan manfaat kopi untuk rambut dengan maksimal:

Gunakan Secukupnya

Kopi memang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Namun, gunakan seperlunya saja. Karena justru dapat berdampak buruk bagi rambut. Sebaiknya tidak terlalu sering keramas menggunakan kopi. Selain itu, gunakan secukupnya tiap kali keramas.

Jika Anda memiliki warna rambut yang terang, pertimbangkan kembali keinginan keramas menggunakan kopi. Karena warna rambut Anda bisa berubah jadi lebih gelap.

Gunakan Vitamin Rambut

Meski sudah keramas menggunakan kopi, Anda tetap perlu mengaplikasikan vitamin rambut. Agar rambut semakin ternutrisi dan terhindar dari kerontokan.

Demikian manfaat kopi untuk rambut yang sedang viral di TikTok. Apakah Anda tertarik mengikuti tren keramas menggunakan kopi ?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka