Destinasi Danau Terbaik di Timur Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi!

Inilah Lima Rekomendasi Wisata Danau Terbaik di Wilayah Timur Indonesia. Simpan Dalam Wishlist-Mu, Ya!
Jika dapat dibandingkan, tinggal di Indonesia mungkin jadi salah satu keberuntungan yang kita miliki.

Pasalnya, Indonesia dianugerahi dengan panorama bentang alam yang begitu indah dan beragam. Mulai dari gunung, pantai, gua, hutan, hingga danau. Tak heran jika sepertinya—seluruh wilayah Indonesia dapat menjadi destinasi wisata yang menarik banyak pengunjung.

Kamu yang pengin berpelesir ke wilayah timur Indonesia mungkin telah menyisipkan telusur pantai dan pulau sebagai agenda utama. Namun, jangan lupa, ada danau-danau cantik yang tersebar di Indonesia bagian timur ini, lho. Nah, sembari menuntaskan agenda utamamu, nggak ada salahnya kamu mengunjungi lima danau berikut!

1. Danau Sentani

 wisata danau 1

Siapa yang belum familier dengan Danau Sentani? Danau ini terletak sekitar 50 kilometer dari kota Jayapura, ada di ketinggian 75 mdpl, serta memiliki luas lebih dari 9 ribu hektare. Wajar, jika kemudian Danau Sentani didapuk sebagai danau terluas di Papua.

Saking luasnya, kamu bisa menjumpai 22 pulau kecil di tengahnya! Danau ini juga merupakan rumah bagi berbagai spesies ikan tawar, termasuk yang langka: Sentani.

Meski sudah dikelola sebagai tempat wisata, kawasan ini masih alami dan asri, lho. Bayangkan menjelajahi danau dengan perahu, menyaksikan gugusan pulau, berpadu langit cerah dan air yang kebiruan. Ditambah, udaranya sejuk banget. Oh ya, selain menikmati alamnya, kamu juga dapat mempelajari budaya dan kesenian yang ada di danau ini.

2. Danau Kelimutu

wisata danau 2

Dari Papua, kita bergeser ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Sesuai namanya, danau ini berada di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru, Flores—dan masih satu kawasan dengan Gunung Kelimutu. Ada di ketinggian 1.639 mdpl, wajar sekali jika udara di sekitar danau terjamin sejuk dan bersih.

Hampir mirip dengan Telaga Warna, Danau Kalimutu terdiri atas tiga bagian. Masing-masing bagian memiliki warna air yang berbeda, yaitu biru, merah, dan putih. Uniknya, warna air ini selalu berubah, lho. Oh ya, waktu paling ideal untuk menikmati danau ini adalah saat matahari terbit. Jangan lupa, karena indah sekali, siap-siap kamera untuk mengabadikan momentum, ya.

3. Danau Segara Anak

wisata danau

Harus diketahui, beberapa danau di Indonesia memang berada di atas gunung. Berdasarkan proses terbentuknya, banyak orang menyebutnya danau vulkanik—untuk menjelaskan kawasan perairan yang ada dalam kawah vulkanik.

Hal yang sama berlaku pada Danau Segara Anak, yang kerap menjadi pos bermalam para pendaki Gunung Rinjani. Rasanya, capek karena mendaki berjam-jam terbayar begitu kamu melihat Kombinasi panorama sekeliling, pantulan langit dari beningnya air danau, hingga latar belakang tebing.

4. Danau Labuan Cermin

wisata danau 4

Bukan hal yang mengherankan jika danau ini dinamai ‘Labuan Cermin’. Pasalnya, airnya memang sangat jernih seperti kaca, sampai-sampai kapal yang mengapung di permukaan tampak melayang!

Namun, tidak hanya dapat berkeliling dengan kapal atau menikmati pemandangan. Di danau ini, kamu juga bisa berenang dan snorkeling, lho. Penasaran? Letaknya ada di Desa Labuan Kelambu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

5. Danau Waibelen

wisata danau 5

Danau Waibelen terletak di Desa Waibao, Tanjung Bunga, Larantuka, Flores Timur, NTT. Memiliki diameter 500meter dan kedalaman mencapai 35 meter, kamu bisa sekaligus wisata budaya, lho. Pasalnya, danau ini kerap menjadi tempat ritual adat Pao Gotak Ile Wolo, Ema Pulo Bapa Lema (peringatan terhadap leluhur suku Maran) yang kerap diadakan setahun sekali.

Itulah lima destinasi danau terbaik di Timur Indonesia. Bingung ingin mengunjungi yang mana dulu? Bebas, kok. Hal yang paling penting, tetap jaga kelestarian alamnya, ya.

Anda mungkin suka