Demi Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland. MU Relakan Ini

Tikum Bola  – Demi Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland, menjadi incaran klub top Eropa. Manchester United bahkan sampai rela melakukan hal ini demi sang striker.

Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland, kini menjadi incaran banyak klub top Eropa. Sebut saja Manchester United, Manchester City, Chelsea, Bayern Munchen, dan Real Madrid, yang tampak serius untuk memboyongnya. Bahkan, menurut pengakuan Mino Raila, agen Haaland, ada 15 klub di Eropa yang sudah mengontaknya.

Kontrak pemain asal Norwegia tersebut bermasa Dortmund berakhir pada 2023. Akan tetapi, Haaland bisa meninggalkan skuad The Black Yellows pada transfer musim panas mendatang jika ada klub yang mau menembusnya senilai 75 juta euro (Rp1,2 triliun). Dalam hal ini, CEO Borussia Dortmund Hans Joachim Watzke menyebut bila MU adalah salah satu yang paling gencar mendekati Haaland.

Nah, kira-kira seberapa besar peluang Setan Merah mendapatkan striker 21 tahun itu? Lantas, demi hal apa bakal dimainkan MU untuk memboyong bintang Borussia Dortmund, Haaland ke Old Trafford?

Profil Erling Haaland

Sebelumnya, mari mengulik lebih jauh tentang sosok Erling Haaland. Pemain ini mulai dikenal setelah tampil trengginas di Kejuaraan U-19 Eropa EUFA 2018. Melawan Skotlandia, mantan pemain Red Bull Salzburg itu mampu mencetak hattrick dan memastikan Landslaget lolos kualifikasi Piala Eropa U-19. Di laga lanjutan Kejuaraan U-19 Eropa EUFA, 22 Juli 2018, Haaland kembali tampil memukau dengan membantu Norwegia menahan imbang Italia 1-1.

Jadi mesin gol timnas Norwegia, kemenangan terbesar Haaland terjadi saat ia menghadapi Honduras di Piala Dunia FIFA U-20 2019. Striker yang sering disebut sebagai the next Zlatan Ibrahimovic itu menjebol gawang Honduras sebanyak 9 kali. Walaupun akhirnya Norwegia harus tersingkir di fase penyisihan grup, Haaland tetap diganjar sepatu emas karena performa hebatnya. Setelah merapat ke Dortmund pada pertengahan musim 2019-2020, eks striker Molde itu juga sangat produktif dalam mencetak gol. Terbukti, dari 75 pertandingan bersama Dortmund di berbagai kompetisi, Haaland mampu menghasilkan 76 gol dan 20 assist.

Skenario Manchester United untuk Merekrut Haaland

Melihat performa Haaland yang begitu memukau, tidak heran kalau banyak klub top Eropa yang membidiknya di bursa transfer musim panas mendatang. Manchester United bahkan sampai rela melakukan beberapa strategi agar bisa memboyong sang striker ke Old Trafford.

Berencana untuk “Main Belakang”

Kepada Bild, Manajer MU Ralf Rangnick mengaku bakal melakukan segala upaya untuk bisa merekrut Haaland. Bahkan, dia tidak segan untuk “main belakang” bila cara itu bisa mewujudkan keinginannya. Rupanya, yang dimaksud dengan “main belakang”oleh Rangnick adalah memanfaatkan kedekatannya dengan ayah sang striker, Alf-Inge Haland.

Alf-Inge Haland, yang juga mantan pemain Manchester City, memang memiliki hubungan yang sangat baik dengan Rangnick. Terlebih lagi, Rangnick adalah orang yang membantu putranya untuk hijrah dari Molde ke RB Salzburg pada 2018 lalu. Karenanya, pelatih berkebangsaan Jerman itu terlihat cukup percaya diri kalau Alf-Inge Haland bakal mau membantunya.

Rela Berhemat dan Tumbalkan Pemain

Selain menghubungi ayah Haaland, keseriusan MU juga ditunjukkan lewat upaya tim untuk berhemat. Semua itu rela dilakukan The Red Devils agar dapat membayar mahar Haaland yang bernilai fantastis. Tidak hanya itu, MU bahkan tidak ragu untuk menumbalkan pemainnya, Anthony Martial, sebagai opsi tukar guling dengan Dortmund. Apabila Die Borussen mau menerima tawaran tersebut, itu tentunya bisa meringankan beban MU. Namun, hingga berita ini diturunkan, Dortmund tampak belum merespons tawaran MU terkait opsi tersebut.

Selain itu, faktor agen juga dapat menjadi penghalang Manchester United mendapatkan Haaland. Pasalnya, Raiola sempat menolak pinangan Setan Merah pada Januari 2020 lalu. Keduanya juga diisukan memiliki hubungan yang kurang baik sehingga peluang Haaland untuk merapat ke MU terbilang kecil.

Anda mungkin suka