Dapat Duit dari Jalan-jalan? Begini Caranya!

Jalan-jalan alias traveling tidak selalu harus menghabiskan uang. Anda bisa dapat uang dengan cara ini!

Tikum Travel – Ketika berencana jalan-jalan atau traveling, Anda mungkin akan memulainya dengan mempersiapkan dana yang cukup. Tidak sedikit orang yang menabung sampai bertahun-tahun demi bisa mewujudkan impiannya untuk jalan-jalan. Tapi, pernahkah Anda berpikir bahwa Anda juga bisa dapat uang dengan jalan-jalan?

Dengan semakin tingginya tren digital nomad, tidak sedikit orang yang mencari cara menghasilkan uang dari jalan-jalan. Jika Anda tertarik, beberapa opsi berikut ini bisa jadi pilihan yang menguntungkan untuk dicoba!

1. Menulis Blog

Menulis blog adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang sembari traveling. Ada banyak sekali travel blogger yang mendokumentasikan perjalanan mereka dalam bentuk tulisan di blog. Dilengkapi dengan berbagai foto-foto menarik, mereka bisa mendapatkan banyak pengunjung situs. Dari traffic kunjungan ke blog, Anda bisa mendapatkan uang melalui adsense, endorsement dan berbagai kerja sama lain.

2. Membuat Konten Vlog

Kalau Anda bukan tipe orang yang suka menulis, cobalah untuk mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk video. Ada banyak sekali travel vlogger dalam negeri yang berhasil meraih popularitas dengan mengunggah video ke berbagai situs media sosial seperti Youtube dan Instagram.

Beberapa inspirasi travel vlogger internasional yang bisa Anda tiru antara lain adalah Louis Cole, Mr. Ben Brown, Vagabrothers atau Hey Nadine. Sementara dari dalam negeri Anda bisa menonton konten-konten Barry Kusuma, Marischka Prudence atau Gemala Hanafiah.

3. Mengajar Bahasa Indonesia

Dengan jumlah penutur sebanyak 199 juta, bahasa Indonesia memiliki cukup banyak peminat. Di beberapa negara bahkan ada universitas yang menyediakan jurusan bahasa Indonesia. Dengan menjadi traveler, Anda memiliki kesempatan untuk membagikan ilmu bahasa Indonesia yang Anda miliki. Jika sulit mencari peluang sendiri, Anda bisa menghubungi beberapa organisasi sepertu The Western Indonesian Language Teachers’s Association atau Asia Literacy Teacher’s Association.

4. Menjadi Travel Photographer

Salah satu tujuan banyak orang berwisata adalah untuk mengabadikan beragam momen dan pemandangan yang unik. Ini sebenarnya bisa menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi Anda. Anda bisa menawarkan jasa menjadi fotografer di daerah yang Anda kunjungi. Bisa juga dengan menjual foto-foto yang Anda miliki ke situs-situs stock photo berbayar seperti Getty Images.

Perlu diingat bahwa untuk opsi pertama, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan karena regulasi yang ada di setiap negara itu berbeda-beda. Pastikan Anda tidak melakukan pelanggaran izin kerja saat menyediakan jasa sebagai fotografer.

5. Menulis Buku

Anda pernah dengar Trinity Traveler? Ya, dia adalah salah satu traveler yang kerap membagikan pengalaman perjalanannya lewat buku. Tidak tanggung-tanggung, buku traveling yang ditulisnya laris manis di pasaran bahkan sampai dibuat ke dalam format film. Ini adalah contoh bahwa dengan hobi jalan-jalan Anda bisa menekuni pekerjaan yang sangat menjanjikan.

6. Jadi Tour Guide

Jangan sia-siakan pengalaman berkunjung ke negara asing yang Anda miliki. Itu bisa jadi peluang untuk memperoleh penghasilan. Bagi Anda yang memiliki pemahaman yang tinggi terhadap suatu negara atau daerah, Anda bisa menawarkan jasa sebagai tour guide. Tidak sedikit traveler atau travel vlogger tanah air yang kemudian membuka tour travel bersama. Kalau tertarik, Anda bisa mencobanya juga.

Traveling alias jalan-jalan memang hobi yang menyenangkan dan diidentikkan dengan menghabiskan uang. Tapi dengan sedikit trik dan skill, Anda bisa mengubah perjalanan jalan-jalan Anda menjadi cuan lewat cara-cara di atas. Tertarik mencoba?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka