Ini Dia Daftar Negara Balkan yang Wajib Dikunjungi

Berada di pertengahan benua Asia dan Eropa, Balkan merupakan pertemuan budaya Islam dan Eropa dengan bentang alam memukau serta sejarah dan budaya yang kaya.

Tikum Destinasi – Salah satu keistimewaan Balkan adalah bentang alamnya yang indah dan beragam. Alamnya begitu bervariasi, mulai dari pegunungan hingga kawasan pesisir. Pantainya yang eksotis bersanding dengan bangunan-bangunan kuno yang berdiri megah. Penduduknya pun multikultural dengan didominasi oleh populasi Turki dan Yunani.

Mengenal Negara Balkan Secara Umum

Ditinjau dari segi wilayahnya, Balkan memiliki luas 700 km persegi dan meliputi beberapa negara yang terbilang kecil. Negara-negara yang masuk kawasan Balkan yaitu Albania, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Montenegro, Republik Makedonia, Kroasia, Yunani, dan Serbia. Nama Balkan sendiri diambil dari pegunungan yang membentang dari Serbia hingga Semenanjung Balkan.

Berbicara tentang Balkan tentu tak terlepas dari sejarahnya yang kaya. Peninggalan bersejarah tampak pada bangunan klasik seperti Kuil Santa Sava di Belgrade, Serbia, salah satu dari gereja Orthodox terbesar di dunia. Di Slovenia ada Bled Castle, di Bulgaria ada Rila Monastery, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah yang bisa ditemukan di negara-negara Balkan.

Negara Balkan Terbaik untuk Dikunjungi

Tertarik mengunjungi Balkan dan menyaksikan keindahannya secara langsung? Berikut 5 negara Balkan terbaik untuk dikunjungi.

Albania

Negara kecil dengan luas 11 mil persegi ini menyimpan beragam hal menarik, mulai dari pemandangan yang memukau hingga sejarah dan budaya yang kental. Sebut saja Riviera Albania dengan pantai berkerikil dan bangunan-bangunan gereja kecil serta jalanan berbatu.

Albania

Albania juga memiliki taman arkeologi dan kehidupan malam yang semarak di Saranda, serta kastel Kanina dan Taman Arkeologi Butrint di Vlorë. Ada pula BunkArt di Tirana yang menyimpan sejarah Komunis Albania serta Kota Gjirokastër, situs warisan UNESCO dengan deretan arsitektur Utsmaniyah.

Bentang alamnya menawarkan panorama spektakuler, seperti Llogara Pass, mata air alami Syri I Kalter, Danau Ohrid, area ski di Dardha dan Taman Nasional Lembah Valbona dengan lanskap pegunungan alpin, gletser, hutan, dan air terjun.

Bosnia dan Herzegovina

Dengan Sarajevo sebagai ibu kota negaranya, Bosnia dan Herzegovina merupakan tempat bertemunya budaya Timur dan Barat. Di sini Anda dapat menjumpai Katedral Katolik, Katedral Ortodoks, Masjid, dan Sinagog.

Bentang alamnya yang memukau menawarkan putihnya salju di Jahorina dengan dataran tinggi Dinaric Alps yang berhiaskan pepohonan pinus. Bosnia and Herzegovina juga memiliki Tara Canyon yang termasuk salah satu ngarai terdalam dan terpanjang di dunia, air terjun Martin Brod, serta Taman Nasional Una.

Bosnia dan Herzegovina

Hotel-hotel megah dari abad ke-19 dan ke-20 dapat dijumpai di Ilidza, jembatan tua Ottoman di atas sungai Neretva ada di Mostarm, sedangkan bangunan-bangunan berarsitektur Ottoman abad 18 menjadi pemandangan khas di Trebinje.

Kulinernya tak kalah menarik. Yang tak boleh dilewatkan adalah Cevapi. Hidangan mirip kebab ini terbuat dari daging cincang yang dipanggang, disajikan bersama roti pita, dengan bawang bombai, krim asam, keju feta, kaymak, dan ajvar. Ada pula Burek, semacam pai dengan isian daging dan sayuran serta lokum atau turkish delight—kudapan manis berwarna-warni dengan aneka rasa.

Kroasia

Negara yang terdiri dari 1.244 pulau ini memiliki banyak tempat wisata menakjubkan dan keindahan alamnya yang diakui dunia. Pantai Dalmatian disebut-sebut sebagai tempat menyaksikan sunset terbaik di dunia, sedangkan Pantai Zlatni Rat dikenal dapat berubah warna. Gua terdalam kedelapan di dunia, Gua Lukina dengan kedalaman 1.392 meter, ada di negara Kroasia, tepatnya di Taman Nasional Sjeverni Velebit.

Kroasia

Yunani

Tidak hanya terkenal dengan sejarah kuno saja, Yunani juga memiliki pemandangan yang indah. Tempat lahir dan berkembangnya sistem demokrasi ini juga dikenal sebagai negeri para dewa. Yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yunani adalah Acropolis, kota tua yang megah dengan bangunan-bangunan kuno berusia ribuan tahun.

Yunani

Pecinta kopi wajib mencicipi Kopi Yunani yang direbus dalam panci briki, cezve, atau ibrik. Kopi Yunani memiliki aroma kuat dengan topping busa krim, dan kerap dinikmati bersama permen. Kuliner yang wajib dicoba termasuk Tzatziki, Moussaka, Keju Feta, Gyros, Spanakopita, Calamari, Kleftiko, Souvlaki, Salad Yunani, dan banyak lagi lainnya.

Kosovo

Sebelumnya Kosovo merupakan bagian dari negara Serbia dan baru memerdekakan diri pada 17 Februari 2008. Momen kemerdekaan ini diabadikan dalam Newborn Monument di Prishtina, ibu kota Kosovo.

Wisata yang wajib dikunjungi di Kosovo di antaranya termasuk Germia Park, Pegunungan Rugova, Air Terjun Mirusha, Gua Marmer dan Danau Gazivoda yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hijau.

Kosovo

Di negara dengan populasi Muslim terbesar di Eropa ini berdiri Masjid Kekaisaran yang dibangun pada tahun 1690 oleh Sultan Mehmet II Fatih atau lebih dikenal dengan nama Muhammad Al Fatih—tokoh Islam yang pernah menaklukkan Konstantinopel saat Perang Salib. Bangunan bersejarah lainnya juga dapat dilihat di Patriarchate of Pec, kompleks gereja dari abad ke-13 yang mengadopsi gaya arsitektur Serbia abad pertengahan.

Nah, di antara negara-negara Balkan di atas, mana yang menurut Anda paling menarik?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka