Dachshund Lovers, Komunitas Pencinta Teckel Si Butterbeer

Tikum Animal Lover  – Apa kabar sobat tikum Animal Lovers, jika anda menunggu trah /breed anjing apa lagi yang akan kami bahas saat ini, maka Edisi ini tikum.id akan membahas mengenai jenis anjing yang berasal dari negara Jerman, yaitu Dachshund.

Dachshund di Indonesia sering juga disebut sebagai anjing Sosis, karena bentuknya yang sangat lucu memanjang dengan kaki yang kecil. Sedangkan di Perancis dikenal dengan nama Teckel.

Walaupun berukuran kecil jenis ini masuk dalam kategori anjing pemburu yang pintar dan di negara asalnya digunakan untuk memburu Luak. Terdapat berbagai variasi warna dari Dachsund seperti krem, hitam, coklat, campuran coklat dan krem.

Trah anjing ini sudah terdaftar resmi pada berbagai lembaga internasional seperti Federation Cynologique Internationale (FCI), American Kennel Club (AKC), dll

Lalu bagimanakah di Indonesia ? ternyata di kota Surabaya, Jawa Timur. terdapat komunitas dari penggemar breed ini, mari kita berkenalan lebih dekat dengan komunitas DACHSHUND LOVERS.

achsund profile logo

Dachshund Lovers (DL) Indonesia berdiri pada tanggal 26 Juli 2017 di kota Surabaya, dan komunitas ini sudah tergabung resmi di Federasi Gerakan Anti Kekerasan Hewan Domestik Indonesia (GAKHDI)

Komunitas ini berdiri atas ide dari seorang Donnie Gumilang, dan saat itu ia mengajak beberapa teman untuk bergabung di aplikasi komunikasi WhatsApp Dachshund lovers.

Visi dari berdirinya DL adalah untuk menjadi komunitas pecinta anjing khususnya ras/mix Dachshund yang mengedepankan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan.

Dan Misi mereka adalah :

  1. Mendukung gerakan anti kekerasan hewan domestik Indonesia
  2. Memberikan edukasi kepada masyarakat terkait prinsip kebebasan hewan
  3. Mendukung setiap gerakan yang menyuarakan bahwa anjing bukan ternak dan bukan produk hewan.
achsund profile 2
achsund profile 3

Selama DL Indonesia berdiri, komunitas ini perdah dipimpin oleh seorang ketua yaitu Bapak Daniel H. Tambunan. Dan untuk saat ini ketua yang baru memang belum terpilih kembali, dan dipegang oleh pelaksana tugas (PLT) Donnie Gumilang, hingga nanti ada pemilihan ketua baru.

Komunitas ini memiliki anggota dengan latar belakang profesi yang beragam, mulai dari Advokat, Dokter kandungan, Dokter gigi, Artis, Pegawai Swasta, Pedagang, Wirausaha, dll. Hingga saat ini jumlah anggota dari DL sudah sebanyak 99 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

achsund profile 4

Disaat kondisi pandemic Covid-19 seperti sekarang, banyak kegiatan komunitas yang terpaksa harus berhenti. Tidak terkecuali komunitas ini. Hingga pada akhirnya seluruh kegiatan dan diskusi grup saat ini lebih sering dilakukan melalui video streaming online dan applikasi WhatsApp untuk tetap saling berbagi informasi, saling membantu dan pengumpulan donasi kegiatan sosial.

Fungsi grup tidak boleh untuk melakukan jual beli anjing, dan menjelang ulang tahun komunitas biasanya ada kegiatan yang telah di dokumentasi kan dan di upload melalui akun sosial media.

achsund profile 5

Jika anda saat ini sudah memiliki anjing jenis Dachshund dan ingin bergabung bersama mereka, silahkan melihat dan menghubungi admin officer dari akun sosial media Dachshund Lovers.

Instagram : @dachshundlovers260717

tikum.id berharap komunitas Dachshund lovers semakin bertambah di berbagai kota di Indonesia. Tetap semangat dalam merencanakan berbagai aktifitas di masa pandemi Covid-19 dan semoga situasi ini segera selesai agar para “hotdog” bisa kembali bermain bersama.

“Dachshund is a creature that has Heart of a Lion, Brain of a Fox, Body of a Sausage, and Bark of a Doberman! ”
Karen Flores

Anda mungkin suka