Cristiano Ronaldo akan Tinggalkan Juventus?

cr7

Setelah dibeli mahal-mahal, benarkah Juventus akan menjual Cristiano Ronaldo setelah 2 tahun?

Pandemi Covid-19 diketahui telah membuat keuangan si Nyonya Tua, Juventus, babak belur. Tim asal Italia itu diketahui telah menggelontorkan dana sebesar 275 juta pounds yang setara dengan Rp5,15 triliun hanya untuk membayar pemain asal Portugal itu. Ronaldo sendiri kini menduduki posisi kedua sebagai pemain dengan bayaran termahal tahun 2020. Penghasilannya hanya selisih tipis dibanding peringkat pertama, Lionel Messi.

Juventus meminang Cristiano Ronaldo pada musim panas tahun 2018 dengan biaya transfer sebesar 100 juta pounds. Apa yang dilakukan oleh Juventus berhasil membawa mereka memenangkan Liga Champion untuk pertama kalinya sejak kemenangan terakhir mereka tahun 1996 silam.

Ronaldo Antara Pro dan Kontra

Keberadaan Ronaldo di Juventus memang memicu pro dan kontra. Sang legenda telah mencetak 71 gol dalam 94 pertandingan untuk Bianconeri. Dia juga memboyong kemenangan dengan 2 gelar Serie A. Bahkan di usianya yang ke-36, Ronaldo tetap secara rutin memberikan momen kemenangan bagi timnya itu. Posisinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia memang tidak terbantahkan.

Namun di sisi lain, bayarannya yang tinggi konon membawa tim tersebut dalam kesulitan. Terlebih di tengah pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Gaji Ronaldo yang mencapai Rp520,3 miliar per tahun memang jauh di atas pemain termahal kedua Juventus, Matthijs de Ligt, yang hanya dibayar Rp134,2 miliar per tahun.

Selain kemenangan, Ronaldo juga berhasil mendatangkan pundi-pundi yang lumayan bagi Juventus. Hal ini terbukti dengan naiknya pemegang tiket terusan Juventius sebanyak 17%. Tak hanya itu, Adidas yang menjadi sponsor apparel Juventus pun menawarkan perjanjian baru. Perusahaan pakaian olahraga asal Jerman tersebut rela mengeluarkan dana sekitar Rp1,72 triliun karena Ronaldo.

Kontrak Berakhir Tahun 2022, Benarkah Ronaldo akan Dijual?

Di tengah berbagai prestasi yang ditorehkannya, Daily Mail melaporkan bahwa pemilik Ballon d’Or itu sepertinya tidak akan memperbarui kontraknya bersama Old Lady pasca kontraknya sekarang berakhir.

Laporan tersebut juga menyebut bahwa kemungkinan Ronaldo akan memilih untuk bermain dengan klub elit Eropa lainnya sebelum dia berhenti dari dunia sepakbola. Juara Prancis, Paris Saint-Germain disebut-sebut akan menjadi pelabuhan Ronaldo berikutnya mengingat sang superstar sepertinya masih tetap ingin bermain di Eropa hingga saat ini. Kabarnya, mereka akan menukar Neymar untuk mendapatkan Ronaldo musim panas mendatang.

Corriere dello Sport sebagai sumber berita olahraga terpercaya di Italia percaya bahwa Juventus pada akhirnya akan menjual Ronaldo di musim panas tahun depan. Ini disebabkan oleh kondisi keuangan mereka yang belum juga stabil. Pandemi juga menjadi penghalang bagi para suporter untuk datang langsung ke stadion. Akibatnya, pemasukan dari sini juga ikut berkurang. Banyak pihak beranggapan bahwa dengan menjual Ronaldo, setidaknya Juventus akan mampu menambal kondisi keuangan mereka yang berantakan belakangan ini.

Terlepas dari segala pemberitaan termasuk kabar tentang ketertarikan Manchester United untuk merekrut kembali CR7, pemain berusia 36 tahun tersebut sepertinya tidak berniat meninggalkan Juventus sampai masa kontraknya habis.

Di luar karier sepakbolanya, nama Cristiano Ronaldo juga sangat populer di kancah internasional. Dengan 300 juta pengikut di media sosialnya, brand miliknya dan bahkan namanya sendiri, Ronaldo adalah sebuah investasi yang menjanjikan bagi klubnya. Akankah sang bintang benar-benar meninggalkan timnya sekarang?

Author: Aisoise Dongando

Music & Bola adalah nafkah jiwa yang paling murni dan paling mudah dalam menangkap vibrasi. Pop, rock, tekno dan klasik merupakan warna-warni musik dalam format 440 Hz. Kalau bola, cuup gocek kiri kanan lalu pass.

1 thought on “Cristiano Ronaldo akan Tinggalkan Juventus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *