Cara Pilih Jersey Untuk Sepeda Roadbike

(Kredit: Mimo Cycling Malang)

Tikum Fashion – Bingung memilih jersey sepeda mana yang cocok untuk roadbike ? Berikut adalah empat panduan cara pilih jersey roadbike yang tepat sesuai kenyamanan dan kebutuhan.

Komunitas bersepeda roadbike semakin banyak bermunculan. Sebagai salah satu identitas, jersey sepeda pun dibuat dan biasanya dikenakan ketika gowes beramai-ramai.

Namun, kegunaan jersey sepeda sendiri sebenarnya lebih dari sekadar untuk status atau identitas—baik personal maupun komunitas.

Pakaian yang sengaja dibuat untuk bersepeda mempunyai beberapa karakter khusus yang dapat membantu meningkatkan kecepatan dan aerodinamis, memperbaiki sirkulasi udara dan keringat, mengurangi risiko kecelakaan, hingga tempat penyimpanan. Oleh karena itu, jika Anda bermaksud untuk membuat atau membeli jersey, jangan hanya melihat dari segi harga. Lebih dari itu, pertimbangkan beberapa hal berikut untuk memperoleh manfaat jersey dengan lebih optimal.

Perhatikan Bahan

Terutama karena iklim di Indonesia yang relatif tidak menentu, jersey sepeda dengan bahan dasar yang berpori alias dryfit bisa jadi pilihan yang tepat. Dryfit sendiri merupakan bahan yang dapat menarik keringat tubuh dan menyalurkannya langsung ke lapisan terluar. Dengan demikian, tubuh pun tetap dapat kering dan nyaman selama gowes. Bahan dryfit sendiri memiliki banyak jenisnya. Berikut adalah beberapa di antaranya yang banyak tersedia.

Dryfit Mtiis

  • Permukaan pori-porinya membentuk motif zigzag.
  • Permukan kain halus serta lembut.
  • Bobot kain relatif ringan.
  • Menyerap dan mengatur sirkulasi keringat dengan baik.

Dryfit nike

  • Banyak digunakan pada produk buatan Nike.
  • Pori-pori membentuk menyerupai lubang jarum.

Dryfit ferrari

  • Jarak pori-pori lebih rapat.
  • Permukaan kain lembut.
  • Bobot kain ringan.
  • Daya serap dan daya regang (stretch) tinggi.
  • Cocok untuk bahan jersey sepeda balap atau potongan ketat.

Dryfit smash

  • Bentuk pori-pori membentuk motif unik menyerupai biji timun.
  • Lubang pori-pori berbentuk pola diamond yang rapi.
  • Banyak dilengkapi fitur antibakteri dan anti-UV.

Sesuaikan Ukuran

Jersey yang ketat cocok untuk roadbike. Hal ini menyesuaikan kebutuhan gowes yang melaju dengan kencang. Namun, pastikan bahwa body fit juga tidak kekecilan karena akan menimbulkan ketidaknyamanan. Sebisa mungkin, ketika membeli jersey, coba secara langsung untuk benar-benar menentukan apakah jersey tersebut nyaman dan sesuai. Hal ini karena jersey memiliki tingkat kelenturan tersendiri sehingga ketika dikenakan pasti akan merenggang.

Namun, jika harus membeli secara online, perhatikan baik-baik chart size yang tersedia (kalau memungkinkan, cara pilih jersey juga yang dapat memberi layanan pengembalian untuk penukaran size).

Pertimbangkan Fitur Tambahan (Penyimpanan)

Membawa tas — apalagi sampai memasang tas di sepeda — untuk beberapa keperluan adalah hal yang merepotkan. Selain kerap membuat konsentrasi jadi terpecah dan mengganggu gerakan, barang ini lebih berpotensi menarik perhatian tindakan kejahatan.

Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan fitur lain pada jersey seperti kantong penyimpanan. Adanya tambahan bagian ini tentu akan membuat bersepeda lebih praktis dan nyaman tanpa meninggalkan barang-barang yang diperlukan. Anda pun bisa menyesuaikan ukuran kantong pada jersey sesuai kebutuhan.

Jangan Abaikan Kenyamanan

Pada akhirnya, Anda tetap harus memerhatikan kenyamanan. Tidak selamanya merek-merek yang dianggap ‘tinggi’ menawarkan kenyamanan sama bagi setiap orang. Sekalipun banyak orang yang memberi ulasan positif tentang sebuah produk, ada baiknya Anda tak menelannya mentah-mentah.

Pilihlah jersey sepeda yang memberi kenyamanan dan memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan Anda. Atas dasar itu pula, ada baiknya untuk tidak terburu-buru memilih jersey sepeda agar tak salah beli.

Itulah beberapa cara memilih jersey sepeda terutama untuk keperluan roadbike.

Ingat bahwa jersey sepeda sebaiknya tidak hanya sebatas untuk status atau identitas, tetapi juga mampu memberi manfaat teknis untuk keperluan gowes itu sendiri.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen