Cara Pelihara Guinea Pig Bersama Komunitas Guinea Pig Indonesia

Tikum Animal Lovers – Guinea Pig memiliki tampilan yang kecil, lembut dan ramah. Seperti semua hewan peliharaan keluarga, mereka juga membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Yuk simak informasi selengkapnya tentang cara pelihara Guinea Pig si hewan lucu ini di Tikum.id

Guinea Pig Indonesia 11

Guinea pig adalah hewan sosial yang membutuhkan interaksi sehari-hari. Mereka berkomunikasi dengan membuat berbagai suara yang memiliki arti berbeda. Hewan ini lebih mudah dibawa daripada anjing atau kucing. Umumnya guinea pig hidup rata-rata lima sampai tujuh tahun. Umur ini lebih lama daripada banyak hewan peliharaan kecil lainnya seperti hamster dan gerbil yang semuanya hanya hidup sampai beberapa tahun.

Jika Anda membeli guinea pig untuk anak Anda, maka wajib mempertimbangkan bagaimana perawatan hewan ini. Apakah akan sesuai dengan jadwal keluarga Anda dalam jangka panjang,

Lalu bisakah putra atau putri Anda tetap memperhatikan hewan ini ke dalam jadwal rutin sepulang sekolah dan komitmen di setiap akhir pekan. Last but not least, jika Anda memiliki hewan peliharaan lainnya bagaimana memastikan guinea pig Anda akan tetap mendapatkan perhatian yang cukup?

Semua pertanyaan diatas akan lebih mudah kita latih dan pelajari jika kita bisa bertemu dengan orang-orang yang mempunya kesamaan dalam mencintai guinea pig. Oleh karena itu mari mengenal sobat tikum Guinea Pig Indonesia.

Guinea Pig Indonesia 1

Guinea Pig Indonesia (GPI) berdiri pada tahun 2012 atas prakarsa dari Bapak Trisno Syafiq.

Visi dari GPI adalah ingin menghadirkan dan mensosialisasikan guinea pig sebagai hewan kesayangan untuk keluarga selayakanya hewan-hewan lain

Misi GPI bertujuan untuk mempernalkan dan mengedukasi masyarakat agar lebih mengetahui lebih banyak tentang hewan guinea pig, baik dalam kegiatan, perawatan, kesehatan,dll.

Komunitas ini awalnya terbentuk dari banyaknya pecinta guinea pig yang menginginkan adanya wadah untuk saling tukar informasi mengenai perawatan hewan lucu ini.

Saat ini struktur pengurus komunitas ini adalah sebagai berikut:

Penasihat utama: Trisno Syafiq
Ketua: Rudi Permadi Teddy
Wakil ketua: Rizqiah Darmawiasih
Pengurus: Hany Wibowo, Diamanta, Yudo Swasono.

Guinea Pig Indonesia 2
(Ki-Kanan, Ketua & Wakil Ketua GPI Rudi Permadi Teddy & Rizqiah Darmawiasih)

Pada dasarnya semua jenis guinea pig adalah istimewa dan mempunyai keunikan. Terlepas dari bentuk dan harga yang bervariatif, dan hewan ini sudah mengisi hati para pemiliknya, bahkan sudah dianggap seperti keluarga yang akan dirawat bila sakit dan akan dibawa ke Vet Clinic untuk diberikan perawatan medis.

Latar belakang usia, gender dan profesi para anggota pada komunitas ini sangat beragam, mulai dari pelajar (kami utamakan 17 tahun keatas), pegawai swasta, pengusaha, penulis, ibu rumah tangga, mahasiswa dan lain-lain. Hingga saat ini jumlah anggota GPI yang resmi tercatat kurang lebih sebanyak 300 anggota dari seluruh Indonesia.

Kami bertanya kepada perwakian pengurus tentang apa yang istimewa dari guinea pig dan mengapa hewan ini menjadi pilihan mereka sebagai binatang peliharaan?

Rizqiah menjawab “Guinea pig atau marmot selama ini dikenal sebagai pakan hewan reptil atau hewan lainnya, dan dengan adanya komunitas ini kami berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat luas bahwa Guinea pig juga bisa jadi hewan peliharaan kesayangan di rumah.”

Ia menambahkan, ”Hewan ini punya karakter yang lucu, pintar dan cantik menggemaskan tentunya menjadi sebuah nilai plus, bahkan perawatan Guinea Pig juga tidak terlalu sulit, jadi dengan segala kelebihan tersebut GPI berharap Guinea pig bisa bergeser dari fungsinya sebagai pakan hewan lain menjadi hewan kesayangan dan bahkan menjadi bagian dari keluarga Indonesia.”

Hal lain yang turut membedakan GPI dengan komunitas satwa lainnya adalah karena GPI mencakup seluruh Indonesia dan masih jarang komunitas yang mengambil fokus di hewan seperti guinea pig. Walau GPI terpusat di kota Jakarta tapi admin-admin mereka bersedia membantu teman-teman yang membutuhkan informasi seputar perawatan guinea pig dari seluruh Indonesia.

Dalam era normal baru, GPI mengalihkan semua kegiatan rutin off air menjadi online seperti diskusi Zoom dan Live instagram. Namun, kegiatan GPI saat sebelum pandemic covid-19 sangat banyak dan bervariasi. GPI punya kegiatan berkumpul mingguan bersama seluruh anggota komunitas, berpartisipasi dalam gathering bersama berbagai komunitas satwa, menjadi peserta pameran hewan skala nasional seperti Indonesia International Pet Expo, Jakarta Indonesia Pet Show, dan mengadakan kompetisi kualitas guinea pig yang sering disebut dengan Show Cavy. Bentuk perlombaan ini selalu mengacu pada show Guinea Pig yang berskala internasional seperti ACBA.

Guinea Pig Indonesia 3
(Indonesia International Pet Expo 2019)
Guinea Pig Indonesia 4
Guinea Pig Indonesia 5
Guinea Pig Indonesia 6
(Indonesia Rabbit Show 2019)
Guinea Pig Indonesia 7
(Gathering berbagai komunitas hewan 2019)

Jika Anda selama ini ingin mengetahui cara pelihara guinea pig dan belum tahu kemana harus bergabung dalam komunitas yang tepat, maka kami mengajak Anda untuk bergabung bersama GPI. Silakan menghubungi sosial media resmi GPI di Instagram: @guineapigindonesia

Syaratnya lain yang harus Anda ketahui adalah GPI terbuka bagi semua kalangan masyarakat baik yang sudah memiliki atau mulai tertarik untuk memelihara guinea pig. Kalian juga harus terbuka untuk berbagi informasi tentang peliharaan dan yang terutama mereka harus mau merawat hewan ini dengan lebih baik setelah bergabung dengan GPI. Karena para guinea pig akan selalu dipantau kelangsungan hidupnya oleh para pengurus komunitas agar Anda juga semakin bertambah pengetahuan dan pengalaman. Jadi memelihara guinea pig juga cocok sekali untuk mengedukasi anak-anak dari Ayah dan Bunda tentang tanggung jawab.

Yuk sobat tikum mari kita belajar mencintai dan menghargai mahkluk hidup ciptaan Tuhan dengan mengetahui cara pelihara hewan lucu ini seperti komunitas guinea pig Indonesia. Semoga eksistensi mereka dapat menginspirasi banyak pencinta satwa lainnya di Indonesia. Salam Anabul.

“Guinea pigs are quite difficult to draw, I think, because they’re so furry.”
Quentin Blake

Anda mungkin suka