CANIVESPA, Komunitas Pencinta Vespa Dari Alumni Kolose Kanisius

Tikum Motor  – Sekolah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang merupakan tempat untuk membentuk dan mendidik manusia hingga siap untuk menjadi manusia yang berkarya di masyarakat. Salah satu sekolah yang ingin kami tampilkan kisahnya adalah Kolose Kanius atau yang lebih dikenal sebagai Canisius College. Yayasan pendidikan ini berdiri pada tanggal 24 Oktober 1926, dan kelas pertama dimulai pada tanggal 1 Juli 1927 sebagai AMS (Algemene Middlebare School).

Seiring waktu Kolese Kanisius terus bertransformasi sebagai sekolah modern yang memiliki beberapa fasilitas seperti lapangan sepak bola, dinding panjat untuk latihan panjat gunung, serta dilengkapi dengan gedung utama yang memilki fasilitas laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium computer dan laboratorium bahasa.

Tidak hanya itu terdapat 2 lapangan bola voli luar gedung, 1 lapangan bola basket luar gedung, 4 lapangan kecil untuk latihan basket, 1 sport hall yang dapat dijadikan 1 lapangan bola basket dalam ruangan dan 3 lapangan bulu tangkis dalam ruangan. Sport hall ini biasa digunakan untuk misa akbar. Sebagai sekolah Katolik Kolese Kanisius memiliki 1 kapel dan 1 gua Bunda Maria. Dalam lingkungan pendidikan sekolah para pelajar juga dilatih dalam membentuk kepemimpinan melalui organisasi sekolah seperti OSIS dan unit kegiatan lainnya.

cani vespa 2

Namun sekolah formal tidak hanya soal pendidikan saja, karena selalu ada kisah menarik dari para alumni mengenai pertemanan, kegiatan, dan kisah kehidupan. Seperti cerita dari para alumni Canisius College yang berkumpul dalam satu wadah otomotif yaitu Vespa. Untuk itu mari kita berkenalan dengan sobattikum CANIVESPA.

CaniVespa, komunitas ini berdiri pada tanggal 7 Feb 2016, berawal dari kesamaan minat akan kendaraan bermotor dengan merk Vespa baik klasik atau modern, para alumni Kanisius pemilik dan pencinta Vespa / Piagio akhirnya sepakat untuk mendirikan wadah resmi bagi para alumni penggemar Vespa. Klub vespa ini berdiri atas prakarsa beberapa orang alumni Canisus College

Saat ini Canivespa diketuai oleh Bapak Frannata Surya yang juga alumni.

cani vespa 3

Dan dalam menjalankan roda organisasi beliau dibantu oleh beberapa pengurus yang juga merupakan alumni lintas Angkatan. Mereka adalah:

Sekretaris: Ramses
Humas: Krishna Juwono
Bendahara: Partogi Samosir

Dewan Pengawas:
Ketua: Branang Soedhartoputro
Anggota: Rimbo Bawono
Anggota: Dimas Widosasongko

Visi dari CaniVespa adalah ingin menyatukan seluruh alumni Canisius yang hobi berkendara Vespa dan kegiatan berburu dan mengkoleksi Vespa classic, Vespa modern/matic, dalam sebuah klub otomotif. Lalu Misi dari berdirinya CaniVespa adalah:

  1. Menyalurkan hobi dan berbagai ilmu antar para alumni yang memiliki kegemaran akan Vespa.
  2. Menjalin Kerjasama positif secara personal maupun bisnis antar sesama alumi Kanisius sekaligus berbagi informasi yang berguna dan bermanfaat seputar perkembangan dunia Vespa.
  3. Menjalin silaturahmi dan mempererat persaudaraan sesama alumni melalui berbagai kegiatan, menjalin hubungan baik sesama klub vespa lain yang ada di Indonesia.

Para anggota komunitas CaniVespa berasal dari berbagai angkatan alumni dan memiliki latar belakang profesi pencinta vespa Seperti Pegawai Negeri Sipil, Profesional Swasta, Wiraswasta, Chef, Creative Designer, hingga Atlet Binaraga seperti Ade Rai (CC89), sedangkan anggota paling Senior adalah alumni Canisius tahun 1979.

cani vespa 4
cani vespa 5

Sampai saat ini total anggota Canivespa sudah mencapai 96 orang, dan yang membedakan klub ini dengan klub Vespa lain adalah para anggota wajib lulusan atau pernah sekolah di Canisius dengan minimal lama bersekolah yaitu 1 tahun.

Selayaknya klub otomotif maka kegiatan menjelajah alias touring sudah pasti merupakan kewajiban, ini mereka buktikan melalui rute berkendara vespa yang pernah dilakukan di berbagai kota. Kegiatan rutin Canivespa dalam periode mingguan adalah kumpul bersama Saturday Morning Ride (Satmori) Sunday Morning Ride (Sunmori). Namun, tidak menutup kemungkinan jika di hari kerja mereka suka berkumpul secara mendadak untuk sekedar nongkrong di tempat-tempat kuliner pilihan.

cani vespa 6
cani vespa 7

Untuk kegiatan periode tahunan CaniVespa merayakan ulang tahun sekaligus melakukan kegiatan touring keluar kota. Rute kota-kota yang pernah mereka kunjungi adalah:

  • 18-20 November 2016: Jogjakarta dan sekitarnya
  • 9-10 September 2017: Jakarta-Bandung
  • 18-19 Agustus 2018: Jakarta-Ciletuh
  • 3-6 April 2019: Jakarta-Jogja-Semarang
  • 5-6 Desember 2020: Jogja dan sekitarnya

Tikum.id mengajak seluruh alumni Kanisius penggemar Vespa di seluruh Indonesia untuk bergabung dan kembali mengabdi sambil mengenang almamater tercinta dalam wadah otomotif. Silahkan menghubungi beberapa akun sosial media CaniVespa di bawah ini.

E-mail: canivespa.64@gmail.com
Instagram: @canivespa

Bagaimana seru bukan kegiatan dari CaniVespa. Semoga dengan eksitensi dari klub ini bisa menginspirasi banyak ikatan alumni pendidikan untuk kembali berkumpul dan melakukan kegiatan yang berguna bagi masyarakat melalui hobi dan kegemaran mereka. dan nantikan cerita lainnya dari para Alumni Kolose Kanisius hanya di tikum.id

“The highest result of education is tolerance.”
Helen Keller

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka