Butuh Hiburan Sekaligus Menambah Teman? Gabung Community Entertainment Saja!

Jenuh dengan rutinitas harian? Ingin menyalurkan hobi dengan cara positif? Mau menambah teman, pengalaman, dan wawasan? Ayo, gabung community entertainment!

Community entertainment merupakan wadah untuk mengembangkan hobi, minat, dan bakat. Selain mendapatkan hiburan, bergabung dengan komunitas memiliki banyak manfaat, seperti mendapatkan teman baru, memperluas wawasan, dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Dari Musik Hingga Cover Dance, Ini Deretan Community Entertainment di Indonesia

Bagi SobatTikum yang memiliki ketertarikan di bidang seni, sejumlah komunitas hiburan berikut dapat dijadikan sebagai pilihan.

Rumah Musik Jakarta

Didirikan pada 2017, Rumah Musik Jakarta menjadi wadah bagi orang-orang yang mencintai musik. Rumah Musik Jakarta menawarkan program pembelajaran musik, tari, dan drama. Didukung oleh orang-orang berbakat, Rumah Musik Jakarta pernah mewakili Indonesia sebagai tim musik kreatif dalam gelaran internasional Teater Du Mondial ke-14 Tahun 2009 di Monako.

Kendati fokus di bidang pendidikan dan hiburan musik, Rumah Musik Jakarta masih aktif berkarya. Aliran musiknya sendiri berakar pada nilai budaya dan tradisi Indonesia yang dikolaborasikan dengan musik modern.

Komunitas Musik Potlot

Potlot tercatat sebagai salah satu komunitas terbesar yang melahirkan banyak musisi berbakat, seperti Slank, Oppie Andaresta, Imanez, Kidnap Katrina, Anang Hermansyah, Andy Liany, The Flowers, dan Plastik.

Awal terbentuknya komunitas Potlot bermula dari berdirinya kios kecil milik Karyana atau Bob. Kios kecil di pinggir Gang Potlot menjadi saksi bisu perjalanan grup rock legendaris Indonesia, Slank. Kesuksesan Slank memberikan dampak besar bagi orang-orang lain yang ingin mengikuti jejaknya.

Ngayogjazz

Sebenarnya, Ngayogjazz merupakan wadah yang menjembatani komunitas jazz agar dapat dinikmati secara umum. Setiap tahun, Ngayogjazz menyelenggarakan festival jazz yang biasanya diikuti oleh komunitas jazz, musisi muda, dan masyarakat sekitar. Tidak hanya memberikan ruang terbuka untuk berekspresi, Ngayogjazz juga menjadi tempat untuk bertukar pikiran, mencari teman, dan berbagi pengalaman.

Komunitas Ruang Film Bandung

Ruang Film Bandung merupakan community entertainment yang memberikan kesempatan pada siapa pun untuk mempelajari dunia perfilman. Di komunitas ini, SobatTikum bisa berbagi dan bertukar informasi dengan praktisi film.

Selain kegiatan tersebut, Ruang Film Bandung juga memiliki agenda pemutaran film indie, baik nasional maupun internasional. Film ini diputar setiap Rabu sampai Minggu di bioskop milik Ruang Film Bandung, Indie Cinema Bandung.

Komunitas Cinta Film Indonesia

Komunitas ini berisikan sekumpulan disabilitas dari berbagai latar belakang yang menyukai dan mendukung kemajuan perfilman Indonesia. Kegiatan Komunitas Cinta Film Indonesia tidak hanya diisi dengan nobar (nonton bareng), tetapi juga diskusi dan workshop bersama masyarakat sekitar.

Esports Ability Indonesia

Disabilitas bukan halangan untuk berkarya dan berkompetisi. Hal ini mendorong terbentuknya Esports Ability Indonesia untuk penyandang disabilitas yang menyukai gim kompetitif.

Kegiatan yang digelar Esports Ability Indonesia terdiri dari turnamen ringan PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, FIFA 20, dan Tekken 7. Berbekal sejumlah peraturan spesial untuk menyetarakan playing field, kompetisi ini dapat diikuti oleh nondisabilitas.

Melalui turnamen gim, komunitas ini turut memperkenalkan budaya disabilitas kepada khalayak umum.

Oneway Entertainment

Berdiri sejak 2016, Oneway Entertainment merupakan wadah untuk menggali bakat dan kreativitas penyuka dance cover. Setiap tahun, Oneway Entertainment rutin melaksanakan audisi terbuka untuk menjaring anak muda berbakat.

Komunitas ini juga memberikan kesempatan bagi SobatTikum yang belum memiliki kemampuan menari, tetapi ingin menjadi penari profesional. Asalkan ada niat dan tak pantang menyerah, kemampuan menari dapat diasah.

Demikianlah informasi mengenai community entertainment yang perlu untuk SobatTikum ketahui. Yuk, cari teman dan dapatkan pengalaman seru dengan bergabung di komunitas!

Anda mungkin suka