Bursa Transfer Liga Inggris, Thiago Alcantara Siap Bela Liverpool

Thiago Alcantara resmi diboyong Liverpool untuk memperkuat tim pada musim ini. Kehadirannya menunjukkan keseriusan The Reds mempertahankan gelar juara di EPL.

Liverpool rupanya tak salah memboyong Thiago Alcantara pada musim ini. Pada pertandingan dengan Chelsea, Minggu (20/9/2020) lalu, gelandang asal Spanyol ini ikut berperan membawa The Reds meraih kemenangan dengan skor 2-0. Meski hanya sempat menjalani satu sesi latihan sebelum laga berlangsung, Thiago tampil percaya diri mengambil posisi di tengah lapangan.

Masuk menggantikan Kapten Jordan Henderson pada babak kedua, pemain 29 tahun ini tercatat melakukan 75 operan akurat. Jumlah ini lebih banyak daripada semua pemain Chelsea lain, bahkan yang telah bermain 2 kali 45 menit. Pencapaian Thiago juga merupakan rekor yang dapat diraih oleh seorang pemain di EPL sejak 2003/2004.

Teknik Bermain Luar Biasa

Pindahnya Thiago ke Liverpool mengundang komentar dari Luis Milla, mantan pelatih Timnas Indonesia. Pada 2011 lalu, keduanya pernah bekerja sama di Piala Eropa U-21 hingga berhasil meraih juara. Saat itu, Thiago memperkuat lini tengah Timnas Spanyol. Meskipun termasuk pemain yang paling muda di tim, teknik bermainnya luar biasa.

Sejak penampilannya di Piala Eropa U-21, karier Thiago terus menanjak. Ia memulai langkahnya dari Barcelona dan mendapatkan kesempatan untuk bermain lebih sering. Begitu pula ketika ia pindah ke Bayern Muenchen, ia berhasil mengantarkan timnya menjadi treble winners. Menurut Milla, Thiago cocok dengan filosofi di The Reds seperti yang ditekankan pelatih Juergen Klopp.

Bukan hanya Milla, Pep Guardiola juga turut berkomentar usai pemain dari Brasil ini resmi diumumkan sebagai pemain baru di Liverpool. Manajer Manchester City ini mengaku senang akan kehadiran Thiago di Inggris karena EPL makin diperkaya dengan sosok yang hebat. 

Guardiola sendiri tidak mendatangkan Thiago ke Manchester City karena telah memiliki komposisi pemain yang kuat di lini tengah, di antaranya Kevin De Bruyne, Ilkay Guendogan, Phil Foden, dan Bernardo Silva.

Kontrak Empat Tahun

Thiago resmi berseragam Liverpool pada 18 September 2020. Ia dikontrak selama 4 tahun. Kepindahannya cukup mengharukan karena gelandang timnas Spanyol tersebut telah menghabiskan tujuh musim dengan Muenchen. Bersama klub raksasa Jerman ini, Thiago pernah merasakan berbagai gelar bergengsi, di antaranya trofi Liga Champions 2019-2020.

Meski CEO Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge, tidak menginginkan kepergian Thiago, keputusan telah diambil. Karl mengatakan saat ini Thiago sedang berada pada titik kematangan. Dengan kualitasnya yang luar biasa, tak heran jika Muenchen merasa rugi.

Merogoh kocek sebesar 25 juta poundsterling, Liverpool kini memiliki pemain andalan. Thiago mengenakan nomor punggung enam di klub yang bermarkas di Anfield ini. Terkait kedatangannya  di Liverpool, Thiago mengatakan niatnya untuk memenangkan trofi kejuaraan sebanyak mungkin. Menurutnya, The Reds bisa menggambarkan dirinya dan ia memiliki perasaan dekat sebagai keluarga dengan klub itu.

Hal pertama yang dilakukan Thiago adalah beradaptasi dengan tim secepat mungkin. Ia mencoba untuk memahami gaya permainan tim. Tugasnya adalah membantu tim dengan bertahan dan ofensif. 

Selain Thiago, Liverpool rencananya akan mendatangkan satu lagi pemain baru, yaitu Diogo Jota dengan harga transfer 45 juta poundsterling. Nilai transfer Jota diperkirakan terpotong karena transfer Ki-Jana Hoevers ke Wolves sebesar 4,5 juta poundsterling.

Kehadiran dua pemain hebat ini menunjukkan keseriusan Liverpool pada musim ini untuk mempertahankan gelar juara di EPL. Bagi para fansnya, langkah klub yang masif merupakan jawaban atas pendapat beberapa kalangan yang dianggap kurang serius selama ini.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka