Anda Sudah Kebagian BTS Meal? Mari Kita Lihat Fenomenanya

Tikum Entertainment – Apakah Sobat Tikum termasuk salah satu orang yang ikut berburu BTS Meals? Menagapa menu itu bisa begitu fenomenal? Mari kita lihat sisi lain dari kejadian ini.

BTS yang merupakan salah satu grup Boysband asal Korea Selatan yang dengan byaran termahal di dunia saat ini. Menurut Forbes, BTS berada di peringkat ke-47 pada Forbes 2020 Celebrity 100.

Project kolaborasi McDonalds dan BTS Meal memang menargetkan pemasaran pada 50 negara seluruh dunia termasuk Indonesia. BTS diperkirakan akan menerima penghasilan sekitar 10 miliar won (sekitar Rp128 miliar) dari menu spesial tersebut.

Fenomena paket Meals dari McDonalds ini memang menjadi sensasi karena mengundang minat besar dari konsumen. Berbagai gerai McDonald’s dipenuhi para driver ojek online yang antri untuk membelikan pesanan dari para pelanggan. Bahkan sejumlah gerai harus ditutup karena dianggap menimbulkan kerumunan.

BTS-Meal 1
BTS-Meal 2

Namun di balik kesuksesan paket Meals, ada banyak pelajaran penting yang bisa dipetik dari fenomena ini.

1. Inovation

Menurut penelusuran tikum.id Menu dari paket Meal hanya berisikan kentang, minuman soda, dan potongan chicken nugget. Namun hasil dari sebuah inovasi marketing yang kreatif ini ternyata sangat Dahsyat hasilnya di Indonesia.

2. Co-Branding

Strategi Co-branding ini dirasa tepat karena momentumnya bersamaan dengan perayaan ulang tahun ke-8 grup K-Pop Boysband BTS yang memang punya penggemar fanatic di Indonesia. Alhasil kolaborasi tersebut terbukti sukses menaikan penjualan McDonald.

3. Riding The Wave

Strategi Co-Branding juga tidak akan berjalan lancer jika kita tidak tepat memilih ‘Arus’ atau ‘gelombang BTS meal hadir karena membidik target market serta energi para penggemar dalam mendongkarak penjualan saat itu.

4. Limited Quantity

Membatasi akses untuk mendapatkan produk juga merupakan salah satu strategi yang cukup baik. Mengapa, karena ini akan menumbuhkan rasa penasaran. Semakin sulit untuk mendapatkan paket Meal maka bagi konsumen produk ini akan sangat berharga.

5. Social Media

Suka atau tidak suka faktor terakhir ini adalah kunci dalam memviralkan suatu produk atau pelayanan suatu Brand. Semudah menggunakan Tagar (#) maka seluruh penggemar dan komunitas fans BTS di Indonesia yang punya julukan BTS Army akan segera bergerak atau mencari tahu.

Komunitas BTS Army Indonesia diketahui juga mencapai jutaan orang baik pria dan wanita. Tentunya ini sangat menguntungkan berbagai pihak yang kedepannya ingin menjalin kerja sama dengan Boysband negeri ginseng ini.

Pesan moral yang bisa kita ambil dari fenomena ini adalah, sebaik apapun ide dan rancangan jika kita tidak pernah memulainya maka hanya akan menghasilkan ketiadaan. Dan tak peduli sekecil apapun ide dan hal baik yang kita pikirkan, asalkan berani memulainya entah bagaimana hasilnya, kita akan mendapatkan pengalaman.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen