Brompton Teknik Industri Universitas Trisakti (BROMTI)

Tikum Bicycle – Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi dan olahraga, selain menjadi pilihan moda transportasi darat favorit masyarakat Indonesia saat ini. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar dipedesaan dan perkotaan saja.

Tidak heran jika komunitas sepeda bertumbuh subur dan para distributor resmi sepeda cukup kewalahan melayani permintaan yang meningkat tajam di tahun ini. Apakah anda termasuk yang sedang mencari sepeda saat ini sobat tikum ?

brompti2

Perkumpulan bisa bertumbuh mulai dari rekan sekantor, lingkungan tempat tinggal dan perhimpunan Alumni sekolah / Universitas. Kami membuktikan hal ini dengan menampilkan komunitas sepeda dari almamater Universitas Trisakti pada edisi hari ini. Mari kita berkenalan dengan BROMTI (BROMPTON TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS TRISAKTI).

Bromti berdiri pada tanggal 24 Desember 2019 diawali dengan bersepeda perdana pecinta sepeda Brompton alumni Teknik Industri (TI), USAKTI menuju kampus almamater tercinta Trisakti – Grogol.

Pada saat itu sebanyak 20 orang alumni TI bersepeda dari Sudirman Central Business District (SCBD) menuju kampus dan disambut para Junior mahasiswa/i dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI).

brompti3

Bromti berdiri secara kolektif (bersama-sama), jadi tidak ada nama-nama spesifik. Pendirinya adalah 20 orang alumni TI Trisakti pencinta sepeda brompton yang riding pertama ke kampus tercinta Trisakti, Grogol. Para pendiri ini banyak juga yang sudah tergabung di komunitas brompton lainnya di Indonesia.

Visi dan Misi dari komunitas ini juga menarik untuk kita ketahui, karena selain ingin menjadi wadah bagi alumni TI Trisakti yang gemar sepeda bromton, ternyata seiring berjalannya waktu Bromti bukan sekedar wadah berkumpul bersepeda bersama tetapi juga terbuka untuk ‘Sahabat Bromti’, sebuah sebutan untuk teman/sahabat Bromti yang ikut gowes bersama.

Visi Bromti

  • Menjadi komunitas pecinta sepeda brompton yang mempererat tali persaudaraan antar sesama alumni TI Trisakti
  • Menjadi sahabat seluruh komunitas pencinta sepeda di seluruh Indonesia
  • Sebagai komunitas yang mengedepankan gaya hidup sehat dan keselamatan dalam bersepeda

Sedangkan Misi dari Bromti : Bersepeda ria sehat bersama dan eksis di sosial media dengan brompton para anggota.

Saat ini Ketua Bromti adalah Ari Aditya Kurniadi (alumni TI Trisakti tahun 2001)

brompti4

Mari kita lihat apa saja profesi para anggota Bromti. Profesi para anggota cukup beragam mulai dari Wirausahawan, Aparatur Sipil Negara dan Karyawan Swasta. Dan untuk rentang usia dimulai dari usia 30 tahun hingga hampir 60 tahun. Hal ini berdasarkan data alumni yang tercatat pada pengurus komunitas alumni TI Trisakti dari angkatan tahun 1988 – 2007.

Menjelang usia Bromti yang akan menuju satu tahun, saat ini jumlah anggota mereka sudah mencapai 60 orang, dan jika digabung bersama para ‘Sahabat Bromti’ yang ikut serta dalam kegiatan gowes bersama maka bisa bertambah hingga 30 orang.

brompti5

Hal unik yang membedakan Bromti dengan komunitas sepeda sejenis lainnya adalah bromti memang memiliki kekeluargaan yang erat karena mereka berasal dari satu almamater universitas yang sama yakni Teknik Industri Universitas Trisakti. Suka duka lintas alumni mereka lalui bersama. Jadi terkadang mereka memang bernostalgia dengan pengalaman semasa kuliah. Namun bukan hanya itu, mereka juga merangkul teman-teman di luar alumni TI Trisakti yang memiliki hobi bersepeda.

Apa saja yang agenda kegiatan rutin Bromti ? mari kita simak satu-persatu :

  • Night Ride Hari Rabu, Malam (18:30 wib)
  • Morning Ride Hari Minggu, Pagi (06:30 wib)

titik kumpul (tikum) para anggota biasanya bertempat di parkiran luar, Plaza Senayan, Jakarta. Dan untuk special event biasanya Bromti mengikuti kegiatan atau berkolaborasi bersama dengan komunitas brompton lainya.

6brompti6

Satu lagi yang menjadi pembeda dan andalan mereka adalah Bromti ingin menunjukan eksistensi komunitas sepeda brompton yang dinamis, simple dan kekinian. Mereka membangun brand identity dengan standard yang mengikuti selera anak muda saat ini.

Mulai dari Desain dan editing foto / video yang menjadi kekuatan dan pembeda dari komunitas lain adalah konten foto dan video post ridding mereka selalu ditunggu-tunggu oleh follower Instagram Bromti. Sambil menjelajahi spot-spot unik di Jakarta seperti Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, Pelabuhan Sunda Kelapa dan tempat-tempat menarik lainnya, lalu ditutup sambil menikmati wisata kuliner.

brompti7
brompti8

Kami mengajak anda para alumni Universitas Trisakti atau yang masih menjalani pendidikan khususnya Fakultas Teknik Industri untuk bergabung bersama Bromti (BROMPTON TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITASTRISAKTI), anda bisa menghubungi beberapa akun sosial media mereka dibawah ini :

E-mail : bromptonteknikindustri@gmail.com
Instagram : @brom.ti

Semoga Bromti bisa menjadi inspirasi bagi seluruh alumni sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia untuk membentuk wadah perkumpulan yang sehat dan menyenangkan dalam olahraga sepeda. Sukses selalu untuk rekan–rekan Bromti dan salam Civitas Akademika.

“School’s out, Memories past, Don’t ever doubt, Our friendship will last”.

Anda mungkin suka