Tunggu 74 Tahun, Brentford Siap Mengguncang Premier League

Brentford menunggu hingga 74 tahun untuk kembali ke kompetisi sepakbola terpanas di Inggris. Bagaimana kesiapan mereka mengguncang Premier League?

(Photo by @brentfordfc)

Tikum Liga Inggris Salah satu tim promosi yang punya kisah heroik di Premier League 2021/2022 adalah Brentford. Tim asuhan Thomas Frank ini menjadi klub ke-50 yang bermain di kompetisi sepakbola terpanas di Inggris. Bisa dibilang, inilah debut perdana Brentford sepanjang 29 tahun penyelenggaraan Premier League.

Dalam satu dekade terakhir, Brentford menyusul tim debutan lain yang juga baru mencicipi panasnya kompetisi ini. Sebut saja Cardiff City (musim 2013/14), AFC Bournemouth (2015/16), Brighton & Hove Albion, dan Huddersfield Town (2017/18).

Untuk mencari tahu kesiapan tim asal London mengguncang Premier League, yuk, simak ulasan berikut!

Penantian 74 Tahun Brentford

Tahukah kamu bahwa Brentford harus menunggu sampai 74 tahun lamanya untuk kembali ke kompetisi paling bergengsi seantero Inggris? Mereka promosi pertama kali saat liga masih bernama First Division pada tahun 1935 dan berkompetisi hingga 1947.

Boleh dibilang era 1930-an adalah masa kejayaan klub berjulukan “The Bees” ini. Berdiri tahun 1889, Brentford bermarkas di Stadion Griffin Park sejak tahun 1904. Sebagai tim ke-10 dari kota London, Brentford mempunyai sejarah persaingan panjang dengan sesama tim London Barat, yaitu Fulham dan Queens Park Rangers.

Brentford sempat menduduki posisi enam besar saat sedang jaya-jayanya. Namun, usai Perang Dunia II, tim yang bernama lengkap Brentford Football Club ini hanya mampu bermain di divisi 3 dan divisi 4 Liga Inggris. Prestasi mereka pun naik turun selama puluhan tahun.

Brentford menjuarai League Two tahun 2008/09, lalu pada 2013/14 mereka berhasil promosi ke League One. Sayangnya, tim ini punya rekor buruk saat menghadapi babak final. Tiga titel runner-up Associate Members’ Cup dan kalah dalam empat final play-off menguatkan fakta tersebut.

Sampai akhirnya Brentford memenangkan Championship 2021 dan berhasil promosi ke level tertinggi Premier League, tepat 74 tahun sejak musim terakhir mereka di First Division. Asal tahu saja, lika-liku perjalanan Brentford tidak bisa dilepaskan dari tangan dingin sang pemilik, Matthew Benham yang mengambil alih klub ini tahun 2012.

Taklukkan Arsenal di Laga Pembuka Musim

Menjamu Arsenal di Brentford Community Stadium, markas resmi Brentford sejak 2020, tim asuhan Thomas Frank mampu menaklukkan The Gunners 2-0 pada Sabtu (14/8) lalu. Gol pertama itu membuat Brentford tampil ganas dan terus menekan Arsenal. Bahkan, Christian Norgaard menggandakan keunggulan The Bees yang akhirnya pulang dengan tiga angka.

Kemenangan tim asuhan Thomas Frank rupanya menorehkan deretan rekor menarik, antara lain:

  • Gol Canos menyudahi puasa gol Brentford di laga kompetisi utama setelah 27.110 hari.
  • Tim promosi pertama yang mengalahkan Arsenal setelah Bristol City musim 1976/77.
  • Menjadi tim pertama yang kembali memimpin klasemen setelah 74 tahun. Catatan ini lebih lama ketimbang Notts County yang berhasil meraih posisi serupa setelah 58 tahun 251 hari.

Fakta tersebut membuahkan keyakinan para pengamat dan fans bahwa sepak terjang Brentford harus diwaspadai klub mana pun musim ini.

Imbang Saat Melawan Crystal Palace

Sayangnya, aksi heroik tim London Barat tersebut belum berlanjut saat bertandang ke markas Crystal Palace minggu lalu. Mereka hanya mampu bermain imbang 0-0. Padahal, secara statistik peluang Brentford dua kali lipat lebih banyak ketimbang tuan rumah.

Hasil tersebut membawa tim yang kini bermarkas di Brentford Community Stadium itu duduk di posisi ke-8 klasemen sementara dengan raihan angka 4 poin. Setidaknya, saat ini posisi mereka masih aman karena masuk peringkat 10 besar Premier League.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen