Boxer Dog Si Anjing ‘Petinju’ Yang Setia Dan Cerdas

boxerindonesia

Halo Sobat tikum Animal lovers, senang sekali hari ini kami bisa membahas tentang salah satu anjing asal Jerman yang terkenal dengan ukuran lidahnya yang panjang dan memiliki julukan Boxer.

Nama Boxer ini didapat karena memiliki kebiasaan “meninju” lawannya saat bertarung menggunakan kaki depannya yang kuat.

boxerindonesia 2

Menurut beberapa sumber sekitar tahun 1895 jenis ras boxer dibuat, meskipun tidak pasti dari mana asal nama Boxer (petinju) itu digunakan. tetapi mungkin nama itu berasal dari sebutan “German boxl”, panggilan yang biasa digunakan untuk anjing-anjing ini ketika berada di tempat penyembelihan hewan. Selain Anjing yang aktif dan butuh olahraga teratur, trah ini juga memiliki sifat setia dan temperamen yang baik di lingkungan anak-anak.

Dilansir dari Animal.Discovery.com Boxer berasal dari dua jenis ras anjing Eropa tengah yang sudah punah, yaitu anjing lebih besar Danziger bullenbaiser dan anjing lebih kecil Brabenter bullenbaiser.

Bullenbaiser memiliki arti “penggigit banteng” dan anjing-anjing ini digunakan dalam permainan untuk meraih binatang-binatang besar (babi hutan, rusa dan beruang kecil) dan mencengkeram mangsa dengan rahangnya sampai pemburu tiba.

Boxer adalah salah satu ras pertama yang digunakan sebagai anjing polisi dan militer di Jerman. Dan pada tahun 1900, jenis ras ini telah ditetapkan sebagai anjing utility, hewan peliharaan dan bahkan sebagai anjing show. Pada tahun 1940 anjing Boxer masuk dalam anjing terpopuler ke-4 di Amerika dan diakui oleh American Kennel Club (AKC).

Kepopuleran anjing ini juga sampai di Indonesia, dan pada edisi ini kami perkenalkan perkumpulan resmi dari pencinta anjing boxer yang bernama Klub Boxer Indonesia.

kbi logo

Klub Boxer Indonesia (KBI) adalah organisasi resmi anjing Boxer di Indonesia yang bernaung dibawah Perkin / IKK (Perkumpulan Kinologi Indonesia) dan juga anggota dari ATIBOX (Association Technica Internationale Du Boxer).

KBI didirikan pada tanggal 10 September 1983, di Perkin Jaya, Jalan. Tanah Abang III, No. 19 Jakarta. Para pendiri KBI adalah :

  1. Mrs. Esther Widjaya
  2. Mr. Nicodemus †
  3. Mr. Bambang Santoso †
  4. Mr. Liem Eng Gie †
  5. Mr. Hein Latuputty †
  6. Mr. Arnold Lukardi †
  7. Mr. Jerry Hasan Yusuf
  8. Mr. Jerry Hermawan Lo
  9. Mr. Luty Nusaputra
  10. Mr. Siauw Chia Ling †
  11. Mr. Monty P.S. Siswoyo (vet) †
  12. Mr. Francis Lay †

KBI berdiri sejak meningkatnya antusias dari para penggemar anjing Boxer di Indonesia. Pada saat itu Boxer menjadi trend setter dimana pada pameran banyak meningkat entry anjing boxer dan juga import dari Eropa kebanyakan dari Belanda, Belgia, Jerman dan Italia oleh para pemain anjing show di Indonesia.

boxerindonesia 3

Seiring dengan waktu kepopuleran trah Boxer makin meningkat bahkan di pertengahan tahun 90 an anggota KBI mendatangkan juara dunia ATIBOX 1995 Multi Champion Tenor de Loermo dari Spanyol dan banyak juara juara di Eropa yang dibeli oleh para anggota KBI, Namun seiring dengan krisis ekonomi 1998 kepopuleran trah boxer mulai berkurang. Tetapi generasi baru anggota KBI tidak tanggal diam, kami terus mensosialisasikan trah boxer di Indonesia dan perjuangan KBI yang tidak pernah lelah lambat laun membuahkan hasil.

Trah boxer mulai kembali popular di Indonesia, bahkan pada tahun 2014 William Runtung salah satu anggota KBI berhasil memenangkan kejuarann dunia trah boxer yaitu ATIBO di Polandia dengan anjing yang bernama Iba. Dan pameran trah boxer makin bergairah juga di Indonesia dengan kemunculan para angota baru dan anjing import dari Eropa yang di negara nya sudah menjadi Champion seperti :

Ch. Napmary’s Belong To You, Multi Ch. Percy Optima Grata, Multi Ch. Una Felix Canis, Ch. Echo vd Burg Singidunum, Ch. Chopper Optima Grata, Ch. Zinedine vd SonnenAufgang & Ch. Macro top Weinstadt yang juga juara dunia junior tahun 2013, Dan di tahun 2019 Boxer milik rekan Andy Setiawan berhasil meraih posisi 4 pada kejuaraan dunia Atibox di Hungaria.

boxerindonesia 4
boxerindonesia 5
boxerindonesia 6

Anggota KBI saat ini jumlahnya sekitar 100 orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia dan terdiri dari berbagai latar belakang genre, usia dan profesi. Semua bersatu dalam KBI atas kesamaan misi untuk melestarikan dan mengembangkan trah boxer di Indonesia.

KBI memiliki berbagai kegiatan rutin, mulai dari pameran, latihan bersama, undangan event, liputan media, dan kegiatan lainnya. Namun, saat ini semua kegiatan itu harus berhenti sementara ditengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

boxerindonesia 7

Jika anda selama ini memiliki anjing ras Boxer dan belum mengetahui kemana harus bergabung, tikum.id mengajak anda di seluruh Indonesia bergabung dalam KBI dan silahkan melihat melalui website mereka di www.klubboxerindonesia.wordpress.com untuk keterangan lebih lengkap.

Kami tunggu aksi kalian selanjutnya dan sukses terus untuk KBI di masa depan, semakin kompak dan bertambah besar di Indonesia.

“You can usually tell that a man is good if he has a dog who loves him.”
W. Bruce Cameron

Author: Andini

Andini, lengkapnya Restu Ayu Andini adalah Producer di Tikum (PT. Dehaen Media Berkat Indonesia) sejak Juli 2019 dengan expertise dibidang Video scrypt dan Copywriting. Menyukai perjalanan dan kuliner serta fashion. Ardini meluangkan banyak waktu untuk menulis/

2 thoughts on “Boxer Dog Si Anjing ‘Petinju’ Yang Setia Dan Cerdas

  1. Anjing ini lebih keren kalau kuping di buat tegal dari kecil bro plus ekor di potong.. sangarnya dapat banget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *