Kamu Harus Tahu Alasan di Balik Bodi Motor yang Didominasi Plastik

Motor era sekarang ternyata berbodi dengan pelapis bahan plastik. Apa alasan di balik bodi motor yang didominasi plastik

Tikum Motor – Motor era sekarang ternyata berbodi dengan pelapis bahan plastik. Apa alasan di balik bodi motor yang didominasi plastik? Yuk, cari tahu di sini

Motor era sekarang ternyata lebih banyak dilapisi oleh plastik. Hal ini juga menjadi pendukung bodi motor dari segi tampilan. Makanya, orang yang suka motor langsung bisa mengenali merk motor tertentu hanya dari tampilan bodinya.

Bila motor buatan lama masih lebih banyak menggunakan pelat besi sebagai materi utama pada bodinya, maka sekarang beda lagi. Karena pelat besi mulai dianggap kurang praktis, maka banyak yang mulai beralih ke bahan plastik untuk pembungkus bodi kendaraan roda dua tersebut.

Sebenarnya, apa yang menginspirasi perubahan ini di dunia otomotif? Endro Sutarno dari Technical Service Division untuk PT.AHM (Astra Honda Motor) menjelaskan ketiga (3) alasan di balik bodi motor yang didominasi plastik:

1. Plastik sangat mudah didapat dan digunakan.

Pelat besi tidak begitu fleksibel, sementara produksi massal motor harus terus berjalan. Selain itu, bahan plastik sangat mudah didapat dan digunakan. Plastik lebih mudah dibentuk sesuai desain yang diinginkan, berbeda dengan pelat besi yang harus berkali-kali dilas dulu. Apalagi bila plastiknya berbahan elastis.

2. Plastik dapat menghemat ongkos pembuatan.

Sama seperti barang-barang lain yang terbuat dari plastik, bahan ini dapat menghemat ongkos pembuatan motor. Pengerjaannya lebih cepat, mudah, dan fleksibel. Motor berbodi plastik yang sudah jadi dapat langsung dijual kepada konsumen.

3. Plastik elastis dan dapat meredam benturan.

Bahan plastik dinilai lentur dan lebih kuat, sehingga dapat meredam benturan. Bila motor mendadak ditabrak oleh motor lain, bodi yang terkena tidak akan langsung pecah berantakan. Bahan ini lebih banyak dipasang di bagian belakang motor maupun mobil, karena kita sering tidak bisa mengantisipasi bila tiba-tiba diseruduk dari belakang.

Tapi, Tidak Seluruh Bodi Motor Terbuat Dari Plastik

Meskipun motor era sekarang bodinya lebih didominasi oleh bahan plastik, tidak berarti semuanya total dari bahan tersebut. Bagian depan bodi motor tidak perlu dibuat dari bahan yang sama. Alasannya, bila tabrakan akan terjadi dari depan, ada beberapa kemungkinan:

  • Pengendara motor biasanya lebih sigap mengantisipasi benturan. Mereka bisa mengerem mendadak atau berbelok menghindar.
  • Bila sudah terlanjur terjadi tabrakan, yang langsung terbentur duluan adalah roda depan, bukan dashboard dan stang motor.

2 Jenis Plastik Bahan Dasar untuk Bodi Motor

Nah, setelah mengetahui alasan di balik bodi motor yang didominasi plastik, sekarang mari kita lihat dua (2) jenis plastik yang lazim dipakai untuk bodi motor:

  • Plastik ABS (Akrilonitil Butadiena Stiren)
    Bila ingin memberi warna pada bodi motor, gunakan bahan plastik ini. Plastik ABS berpermukaan halus sehingga dapat diwarnai. Sayangnya, bahan ini cenderung kaku, jadi terasa kurang nyaman bagi beberapa pengendara motor.
    Karena bahannya cenderung kaku, cat motor mudah tergores bila terjadi pergesekan atau tabrakan. Makanya, cat motor juga harus berkualitas tinggi.
  • Plastik PP (Polipropilena)
    Bila tidak suka motor berwarna-warni dan lebih memilih desain monokromatik, gunakan saja bahan plastik ini. Plastik PP lebih banyak berwarna hitam pudar (doff). Permukaannya lebih kasar dan mirip seperti kulit jeruk. Kelebihannya, bahan plastik ini lebih lentur. Makanya, Plastik PP juga lazim dipakai untuk spatbor, dek, dan cover CVT pada motor.
    Bahan ini juga tidak mudah terkelupas atau robek. Plastik PP juga cenderung lebih awet, terutama juga karena desainnya lebih sederhana dan mementingkan fungsi.

Nah, inilah alasan di balik bodi motor yang didominasi plastik. Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu lebih suka motor dengan bodi dari pelat besi atau yang berbodi plastik seperti motor masa kini?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka