Bicycle Photographer: Peluang Rezeki di Tengah Pandemi

Semua orang pasti merasakan dampak negatif pandemi. Tapi tahukah kamu? Dibalik musibah ini ternyata tersimpan peluang menjanjikan.

Semua orang pasti merasakan dampak negatif pandemi. Tapi tahukah kamu? Dibalik musibah ini ternyata tersimpan peluang menjanjikan.

Tidak terasa sudah setahun lebih negara kita merasakan dampak negatif pandemi Covid 19. Banyak hal yang berubah akibat pandemi. Dari yang awalnya tidak terlalu peduli, kita jadi begitu terobsesi untuk selalu menjaga kesehatan. Hal ini tentu saja membuat banyak orang mengubah gaya hidup mereka.

Salah satu kebiasaan baru yang dilakukan masyarakat beberapa waktu belakangan adalah bersepeda. Tren ini awalnya dilakukan untuk mengisi waktu luang akibat pandemi. Tapi belakangan, olahraga bersepeda justru menjadi kegiatan baru yang populer terutama di kawasan perkotaan. Berawal dari hal tersebut beberapa komunitas baru pun mulai terbentuk untuk. Salah satu yang cukup menarik dan memiliki peluang menjanjikan adalah bicycle photography (fotografi bersepeda atau gowes).

Mengenal Bicycle Photography

Seperti halnya olahraga bersepeda, fotografi gowes mulai dikenal sejak pandemi. Istilah ini dipakai untuk menyebut fotografer profesional yang memotret para pesepeda dan aktivitas mereka di jalanan. Secara teknis, konsep fotografi ini mengadaptasi gaya street photography.

Tanpa dukungan lighting dan backdrop ala studio, para fotografer berusaha menangkap berbagai momen menarik dari pesepeda yang dipotret. Tidak hanya merujuk pada objek foto, bicycle photography juga bisa dipakai untuk menyebut fotografer yang mengambil gambar sambil bersepeda.

Meskipun alat yang digunakan tidak selengkap saat berada di studio, hasil pemotretannya sangat berkualitas. Inilah mengapa, banyak yang tertarik menggunakan jasa mereka untuk mendokumentasikan kegiatan suatu komunitas. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang rezeki baru di masa pandemi.

Rezeki di Masa Pandemi

Setiap orang pasti merasakan dampak negatif pandemi Covid 19. Termasuk fotografer yang kebanyakan kehilangan mata pencaharian akibat acara pernikahan, event, dan pesta menurun drastis setahun belakangan. Jadi jangan heran ketika peluang mendapatkan rezeki baru tampak, mereka tidak ragu untuk melakukannya.

Hasil yang diperoleh dari pekerjaan ini pun cukup menjanjikan. Beberapa fotografer mengaku bahwa hasil jepretan bisa laku sekitar Rp50.000 sampai Rp100.000 untuk selembar foto individu. Dalam satu hari, para fotografer ini bisa memotret hingga 10 orang. Jadi bisa dibayangkan berapa pendapatan mereka dalam sehari.

Jika diminta untuk memotret sebuah komunitas, hasil yang didapatkan biasanya jauh lebih besar. Cara kerja fotografer gowes tidak jauh beda dengan tukang foto di acara wisuda. Mereka akan mendatangi suatu daerah yang biasanya dijadikan tempat berkumpul para pesepeda.

Apabila tidak ada yang menyewa, para fotografer akan menjual hasil foto melalui media sosial Instagram. Karena biasanya ada yang tertarik menggunakan foto tersebut untuk keperluan komersial. Salah satu akun Instagram yang kerap menjual hasil fotografi bersepeda adalah @thecyclistportrait.

Proyek The Cyclist Portrait

Otak kreatif dibalik akun The Cyclist Portrait adalah Panji Indra, seorang fotografer asal Tangerang. Panji termasuk salah satu bicycle photographer yang cukup totalitas. Pria berusia 41 tahun ini tetap menggunakan lighting dan backdrop untuk memotret, sehingga hasil jepretannya memiliki ciri khas.

Baca Juga: Tips Antilelah untuk Pesepeda Pemula

Objek foto Panji tidak selalu pesepeda dengan sepeda mahal mereka. Panji juga mengabadikan momen para pedagang yang sehari-hari masih mengandalkan kendaraan roda dua ini untuk meraih rezeki. Seperti foto komersial lainnya, hasil foto dari para pedagang tersebut juga dia unggah ke akun The Cyclist Portrait.

Melalui kegiatannya ini Panji ingin sepeda tidak hanya identik dengan olahraga mahal. Karena bagi sebagian orang, sepeda adalah alat untuk menyambung hidup dan berjuang melawan kondisi sulit di masa pandemi. Panji juga berharap banyak yang tergerak untuk membeli dagangan dan membantu setelah melihat foto para pedagang bersepeda di akunnya.

Siapa sangka ya, ternyata di tengah masa sulit ini masih ada orang baik yang memikirkan nasib orang lain. Semoga ulasan di atas bermanfaat.


AliExpressSHOOT Adjustable Harness Chest Strap Head Strap Belt for GoPro Hero 9 8 7 5 Black Xiaomi Yi 4K Sjcam Sj4000 Go Pro 7 8 Accessory

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka