Biar Tak Salah Pilih, Kenali Dulu Perbedaan 4 Jenis Masker Wajah

Setiap jenis masker punya manfaat berbeda. Biar tidak salah pilih, coba cari tahu perbedaan 4 jenis masker wajah berikut ini

Setiap perempuan pasti ingin memiliki wajah yang cantik juga sehat. Untuk mewujudkannya, tak jarang mereka rela merogoh kocek demi melakukan serangkaian perawatan mulai dari mengaplikasikan sejumlah produk skin care atau datang ke klinik kecantikan.

Bicara mengenai skin care, salah satu jenis perawatan kulit yang simpel dan mudah digunakan adalah masker. Di pasaran Anda akan menemukan beragam jenis masker dengan bahan dan manfaat yang berbeda. Supaya tidak salah pilih, hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membeli masker adalah mencari tahu jenis masker yang pas untuk kulit Anda.

Setidaknya ada 4 jenis masker yang bisa dipakai untuk merawat kulit. Di antaranya adalah:

1. Clay Mask

Bila kulit wajah Anda cenderung berminyak dan berjerawat, clay mask bisa jadi pilihan yang pas. Masker berbahan tanah liat ini memiliki kandungan mineral yang mampu menyerap minyak dari kulit. Manfaat lainnya adalah mencegah timbulnya jerawat, mengatasi komedo, dan membersihkan wajah dari sel kulit mati.

Untuk wajah berkulit kering tidak disarankan memakai clay mask karena bisa membuat kulit semakin kering. Sebelum mengaplikasikan clay mask, pastikan kulit wajah sudah bersih.

Setelah itu oleskan secara merata dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air atau gunakan handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat untuk membersihkan wajah dari clay mask.

2. Sheet Mask

Karena penggunaannya yang praktis, sheet mask menjadi salah satu jenis masker yang populer di pasaran. Sheet mask biasanya terbuat dari tisu atau kapas yang dikemas jadi satu dengan cairan essence. Jenis masker satu ini cocok untuk tipe kulit yang kering.

Sama seperti clay mask, wajah harus dalam kondisi bersih sebelum sheet mask diaplikasikan. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa menggunakan toner, setelah itu sheet mask.

Tunggu hingga 15-20 menit supaya essence meresap ke dalam kulit. Oh iya, sheet mask ini sifatnya sekali pakai. Jadi, begitu selesai Anda bisa langsung membuangnya. Satu lagi, setelah memakai sheet mask pengguna tidak perlu membasuh wajah dengan air.

3. Cream Mask

Jenis masker yang ketiga adalah cream mask. Dengan tekstur krim yang lembut, kandungan pada cream mask biasanya mampu membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati, menghilangkan kulit kusam, mencerahkan wajah, sampai melindungi wajah dari paparan radikal bebas.

Untuk mengaplikasikan cream mask, silakan bersihkan wajah dan gunakan toner. Oleskan cream mask secara merata kecuali area bibir dan mata. Diamkan selama beberapa menit setelah itu bilas dengan air hingga bersih.
Bagi kulit kering, selesai memakai masker Anda bisa mengaplikasikan pelembap. Gunakan masker sebanyak 1-2 kali seminggu bila ingin mendapatkan hasil terbaik.

4. Peel-off Mask

Jenis masker yang terakhir adalah peel-off mask yang memiliki tekstur krim atau gel. Saat sudah mengering tekstur peel-off mask akan berubah menyerupai karet elastis ketika dikelupas.

Peel-off mask sendiri cocok untuk semua jenis kulit. Akan tetapi bagi pemilik kulit sensitif tidak disarankan menggunakan peel-off mask karena bisa menyebabkan kulit perih saat pengelupasan masker.
Beberapa manfaat dari peel-off mask adalah mengangkat komedo membandel, kotoran, minyak, dan kulit mati.

Demikian perbedaan 4 jenis masker yang biasa beredar di pasaran. Kira-kira masker mana nih yang cocok untuk kulit wajah Anda? Selain pemilihan jenis masker yang tepat, Anda juga perlu tahu cara menggunakan masker yang tepat.

Sebaiknya hindari memakai masker lebih dari waktu yang disarankan agar kulit tidak menjadi kering dan iritasi. Bila ragu saat memilih jenis masker mana yang cocok, silakan berkonsultasi dengan dokter kulit.

Anda mungkin suka