Berumur Ratusan Tahun, Begini Sejarah Panjang Mobil Mercedes-Benz

Siapa tak kenal Mercedes-Benz? Mobil Pabrikan Eropa yang mewah ini menjadi idaman banyak orang. Yuk, cari tahu informasi menarik tentang Merci di Tikum.id!

SobatTikum pasti tak asing dengan Mercedes-Benz, bukan? Mobil pabrikan Eropa yang menawarkan kemewahan ini menjadi salah satu produk terlaris di pasaran. Namun, tak banyak yang tahu bahwa merek mobil tertua di dunia ini memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diketahui.

tikum news begini sejarah mercedes benz 2

Sejarah Singkat Mercedes-Benz

Kisah perjalanan perusahaan otomotif berlogo bintang ‘Three Pointed Stars’ ini dimulai pada awal tahun 1886. Kala itu, Karl Benz mencatat sejarah sebagai orang pertama yang mematenkan kendaraan roda empat berbahan bakar bensin, Benz Patent Motorwagen. Sebelum perusahaan Mercedes-Benz berdiri, Gottlieb Daimler yang dibantu Wilhelm Maybach sudah lebih dulu mendirikan perusahaan dengan nama Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Uniknya, baik Karl Benz maupun Gottlieb Daimler tidak saling mengenal, tetapi ditakdirkan bekerja sama di masa depan.

Terinspirasi Dari Nama Anak

Kendati masih tergolong perusahaan baru, DMG sudah mendapatkan pesanan mobil khusus dari seorang pengusaha Jerman yang tinggal di Perancis, Emil Jellinek. Emil meminta Wilhelm Maybach membuat mobil yang ringan, cepat, dan aman dikendarai. Di bulan April 1990, Maybach memulai proses pembuatan pesanan Emil.

Mobil itulah yang menjadi sejarah besar bagi DMG. Pasalnya, selain memiliki sejumlah kriteria khusus, Emil meminta Maycbach menamai mobil tersebut dengan nama putri tercintanya, Mercedes. Permintaan Emil bukan tanpa alasan. Emil menganggap bahwa sangat penting membangun image dengan menggunakan merk dagang yang mudah diingat oleh khalayak.

Evolusi Mercedes-Benz

Pada tahun 1926, perusahaan milik Daimler melakukan merger dengan Karl Benz. Keduanya sepakat menggunakan Mercedes-Benz sebagai nama produk yang akan dijual ke pasaran. Mercedes-Benz sendiri merupakan divisi di bawah DMG yang bertanggung jawab atas produk otomotif dengan merek dagang Mercedes-Benz, Sprinter, Smart, dan Maybach. Mercedes-Benz bersama mobil pabrikan Eropa lainnya, BMW dan Audi dijuluki “German Big Three” yang dikenal sebagai produsen kendaraan roda empat berkualitas dan mewah.

Sepanjang tahun 1930-an, Mercedes-Benz tercatat telah memproduksi lebih dari 770 tipe dan model mobil. Bahkan, tokoh Nazi Jerman, Adolf Hitler pernah menggunakan salah satu seri Merci yang dilengkapi kaca antipeluru selama masa kekuasaannya. Berbekal teknologi tinggi, Mercedes-Benz terus melakukan inovasi. Tepat di tahun 1998, Mercedes-Benz bekerja sama dengan divisi yang terintegrasi DaimlerChrysler, Mercedes-AMG.

Menggunakan nama dagang Mercedes-Benz AMG, perusahaan ini menghasilkan mobil berbahan carbon fibre tinggi dengan performa tinggi, tampilan agresif, handling lebih baik, dan stabil. Rata-rata mobil Mercedes-Benz AMG dibanderol dengan harga tinggi. Tak heran jika produsen supercar, McLarens Cars menjalin kerja sama dengan Mercedes-Benz AMG untuk menghasilkan mobil sport edisi terbatas, Mercedes-Benz SLR McLaren. Mobil kolaborasi ini digunakan Tim F1 McLaren-Mercedes hingga 2009.

Kode Merci, Mobil Pabrikan Eropa

Mercedes-Benz memiliki banyak line up yang kerap membuat sebagian orang bingung. Untuk mengidentifikasi model seri A, S, C, atau lainnya, Merci menggunakan penamaan alfanumerik hingga 1994. Angka menunjukkan kapasitas mesin, sedangkan huruf menunjukkan tipe mesin dan bodi.

  • D untuk mobil bermesin diesel
  • C untuk Coupe atau Cabriolet
  • E untuk mobil bermesin injeksi
  • G untuk Gelandewagen (mobil offroad)
  • K untuk mobil berkompressor (supercharger)
  • L untuk mobil golongan Leicht (ringan) pada sedan sport dan Lang untuk sedan long wheel base
  • S untuk mobil performa tinggi
  • R untuk Rennen (mobil balap)
  • T untuk mobil station wagon

Sistem penamaan tersebut diganti menggunakan pengelompokkan kelas dengan tipe A sebagai tipe termurah dan S tipe termahal. Contohnya, A-Class untuk hatchback, C-Class untuk sedan atau kompak, CLA-Class untuk coupe empat pintu mewah, E-Class untuk mobil menengah, R-Class untuk MPV mewah, S-Class untuk mobil mewah, dan SL-Class untuk sport car.

Demikianlah informasi singkat mengenai sejarah mobil pabrikan Eropa, Mercedes-Benz yang telah berumur lebih dari seratus tahun. Jangan lupa bagikan ya SobatTikum!


For Android 10 360° panoramic all-in-one machine. Aerial view 8 core Car radio Multimedia player GPS 4G 6+128G

Anda mungkin suka