Bertualang dan Berwisata Alam Bersama BRI Pencinta Alam

bripala 1

Sebagai warga negara Indonesia kita sangat beruntung memiliki negara yang terletak di garis Khatulistiwa dan memiliki banyak gunung, kekayaan laut, keindahan pantai, hutan tropis hingga fauna yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Alangkah baiknya Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menjauh sejenak dari hiruk pikuk Ibukota dan melangkah untuk lebih dekat ke alam lagi dengan camping.

Kegiatan camping ini biasanya dilakukan dalam rangka outing perusahaan atau rencana teman sekelompok. Hal lain yang perlu kita ketahui dari manfaat camping berwisata alam bersama grup adalah :

  1. Menikmati keindahan alam
  2. Melatih mengendalikan ego dan emosi
  3. Melatih manajemen dan keberanian
  4. Mempererat persahabatan
  5. Memiliki pengalaman hidup yang lebih berwarna

Saat ini kami ingin memperkenalkan kepada Anda tentang kekompakan dari persatuan karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang hobi melakukan kegiatan alam diberbagai daerah. Mereka adalah BRI Pencinta Alam.

bripala logo

BRI pencinta alam (BRIpala) berdiri tanggal 29 januari 2017 dan sekaligus melakukan Jambore pertama yang dihadiri beberapa chapter kota yaitu, Cirebon, Bandung, Purworejo, Jember dan Jakarta. Saat itu memang masih sedikit chapter yang bisa hadir dikarenakan komunitas BRIpala belum terlalu diketahui oleh media dan para karyawan BRI di seluruh Indonesia.

Visi BRIpala adalah menjadi organisasi yang “Work Life Balance.” sekaligus mempunyai kepedulian terhadap alam dan lingkungan, menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan, persaudaraan, dan kekompakan.

Sedangkan Misi BRIpala adalah menjadi wadah silaturahmi dan organisasi pencinta alam seluruh karyawan, staff dan direksi Bank BRI, sekaligus ikut serta melestarikan, menjaga alam dan bermanfaat bagi masyarakat.

Semenjak berdiri BRIpala pernah dipimpin oleh beberapa orang, mereka adalah :

  1. Muhammad Eko (mantan Ketua)
  2. Prasetyo Pambudi (ketua saat ini).
bripala 2a

Para anggota yang tergabung dalam BRIpala berasal dari berbagai usia, gender, divisi, mulai dari tingkat unit, cabang, kantor wilayah, auditor, sampai tingkat kantor pusat. Total chapter sampai saat ini sudah sebanyak 36 chapter diseluruh indonesia, dengan total anggota lebih dari 350 orang.

bripala 3
bripala 4

Kegiatan rutin mingguan dan bulanan BRIpala sebelum pandemi Covid-19 tidak selalu terfokus pada pengurus pusat, sebab setiap chapter diperbolehkan menjalani kegiatan dan rute masing-masing. Mulai dari mendaki gunung atau camping ceria bersama. Tikum.id setuju dengan hal ini sebab keindahan alam Indonesia tidak hanya berada di satu tempat bukan.

BRIpala juga sering menyempatkan untuk melakukan kegiatan bakti sosial baik ditempat tujuan camping atau daerah dimana terdapat chapter BRIpala. Ini juga mencerminkan perilaku BRI sebagai sebuah Perusahaan BUMN yang selalu hadir untuk rakyat.

bripala 5

Agenda kegiatan tahunan BRIpala lainnya adalah jambore nasional (Jamnas), Jamnas yang sudah dilakukan selama ini adalah :

1. Jambore 1 di lereng gunung Ciremai, Jawa Barat.

bripala 6

2. Jambore 2 di air terjun Coban Rondo, Malang, Jawa Timur.

bripala 7

Akan tetapi di tahun 2020 yang seharusnya mengadakan Jamnas ke-3 di Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah. terpaksa harus ditunda terkati pandemi covid-19.

Tikum.id mengajak seluruh karyawan dan staff BRI diseluruh Indonesia untuk bergabung kedalam BRIpala, temukan persaudaraan baru yang penuh dengan petualangan dan tantangan menaklukan alam. Silahkan Anda menguhubungi akun sosial media mereka dibawah ini.

E-mail : bripala85@yahoo.com
Instagram : @bripala_official

Kami berharap budaya kerja dan kekeluargaan seperi BRIpala bisa menjadi contoh bagi berbagai institusi negara dan swasta. Sukses selalu untuk BRIpala di masa depan dan semoga terus memberikan manfaat bagi sektor pariwisata Indonesia.

“Earth and sky, woods and fields, lakes and rivers, the mountain and the sea, are excellent schoolmasters, and teach of us more than we can ever learn from books.”
John Lubbock

Author: David Mercyano

Senior Jurnalist Tikum | Lahir dan tinggal di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *