Bersepeda Saat Bulan Puasa? Intip Tips Ini agar Anda Tidak Kelelahan

Punya hobi bersepeda? Jangan biarkan puasa menghalangi hobi Anda yang satu ini. Intip tips bersepeda waktu puasa di artikel berikut.

Tikum.id Bicycle – Punya hobi bersepeda? Jangan biarkan puasa menghalangi hobi Anda yang satu ini. Intip tips bersepeda waktu puasa di artikel berikut.

<img fetchpriority=
(Airmen Cyclist Community)

Bagi kebanyakan orang, bersepeda saat puasa bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, energi tubuh berkurang karena Anda tidak makan dan minum selama berjam-jam. Belum lagi kalau cuacanya sedang terik. Karena alasan-alasan itulah, terkadang orang jadi malas bersepeda.

Ingin tetap bersepeda saat puasa? Boleh banget! Akan tetapi, Anda perlu menyiapkan diri agar tidak terlalu lelah setelahnya. Nah, kali ini, Tikum.id akan memberikan tips bersepeda saat puasa yang bisa Anda terapkan agar tidak kelelahan. Catat tipsnya, ya!

1. Pilih waktu yang tepat

Kapan waktu yang tepat untuk bersepeda saat puasa? Apakah pada pagi hari setelah sahur, atau beberapa jam sebelum berbuka puasa?

Bersepeda beberapa jam sebelum berbuka puasa sangat bagus untuk membakar lemak tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Salah satu alasannya adalah karena tubuh bisa membakar cadangan makanan dalam bentuk lemak saat tubuh sudah berpuasa 8-12 jam. Sebelum itu, sumber energi Anda berasal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, Anda bisa langsung mengganti kebutuhan energi langsung pada saat berbuka puasa jika berolahraga pada jam-jam menjelang buka. Jadi, tubuh Anda tidak akan merasa terlalu lelah.
Meski demikian, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berolahraga menjelang berbuka. Jika Anda hanya punya waktu luang di pagi hari, tidak ada salahnya bersepeda pada jam-jamm tersebut.

2. Hindari memforsir diri

Sebelum puasa, mungkin Anda sering ngebut agar kalori yang terbakar lebih banyak. Nah, pada saat berpuasa, akan lebih baik untuk tidak melakukan hal tersebut. Hindari terlalu memforsir gowesan Anda karena energi yang tersedia tidak sebanyak biasanya.

Jika Anda ingin bersepeda secara rutin, memforsir diri untuk bersepeda bisa menyebabkan kelelahan berlebih. Ini bisa menurunkan motivasi bersepeda Anda. Kalau sudah begini, Anda jadi malas bersepeda di hari-hari selanjutnya.

Oleh karena itu, jadikan kegiatan bersepeda ini sebagai kegiatan rekreatif saja. Artinya, bersepedalah dengan santai. Anda tidak perlu gowes begitu bertenaga karena justru itu bisa membuat kelelahan.

3. Jangan bersepeda terlalu jauh

Selain menghindari ngebut saat bersepeda, hindari juga bersepeda terlalu jauh. Sebagai saran, hindari untuk bersepeda lebih dari 20 km. Untuk menghindari bersepeda terlalu jauh, tentukan dari awal rute yang ingin ditempuh. Dengan cara ini, Anda tahu berapa jarak yang akan ditempuh. Anda juga tidak bingung mau gowes ke mana lagi.

Pilihan rute juga penting untuk dipertimbangkan. Hindari memilih rute yang rawan padat/macet khususnya pada jam-jam menjelang berbuka puasa. Bersepeda jauh-jauh memang seru. Akan tetapi, hal ini bisa memicu kelelahan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kelelahan bisa menyebabkan Anda malas berolahraga di hari-hari selanjutnya. Alhasil, bersepeda pun jadi gagal rutin, deh!

4. Ajak kawan atau keluarga

Supaya kegiatan bersepeda menyenangkan, Anda bisa mengajak serta teman maupun anggota keluarga untuk ikutan bersepeda. Bersepeda dengan teman atau anggota keluarga juga bisa memberikan motivasi tambahan, lho.

Jika Anda bersepeda sendiri, rasa malas saat mau berangkat bersepeda kadang-kadang bisa muncul. Kalau diteruskan, ini bisa membuat Anda gagal berangkat. Pasalnya, Anda jadi kurang termotivasi sehingga kegiatab bersepeda jadi membebani. Nah, hal tersebut bisa Anda hindari dengan mengajak serta kawan atau anggota keluarga. Tak hanya mampu memberikan motivasi berolahraga, Anda bisa sesekali bercakap-cakap sehingga kegiatan bersepeda pun jadi tidak membosankan.

5. Siapkan diri dengan sahur

Sama seperti kegiatan olahraga lainnya, bersepeda pada saat puasa tetap membutuhkan energi. Maka dari itu, pastikan untuk tidak melewatkan sahur–apalagi jika Anda berencana untuk bersepeda di pagi hari dan setelahnya perlu bekerja/melakukan kegiatan lain.

Jika Anda berencana untuk bersepeda beberapa jam sebelum berbuka, sahur juga tetap penting untuk dilakukan. Sebab, sahur memungkinkan tubuh Anda untuk memiliki sumber energi yang bisa digunakan pada saat bersepeda.

Jika Anda tidak sahur, memang tubuh tetap bisa memiliki sumber energi untuk digunakan. Tetapi, Anda rentan mengalami kelelahan yang lebih parah.

Itulah 5 tips bersepeda saat puasa yang bisa Anda terapkan. Bersepeda saat puasa sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Tetapi, pastikan untuk tidak memforsir tubuh terlalu berat, ya! Pastikan juga untuk tetap sahur agar Anda tetap fit dan tidak kelelahan.

Tinggalkan pesan