Mau Bersepeda Jarak Jauh? Simak 7 Tips Gowes Ini Biar Tak Gampang Capek

Tikum Bicycle – Kalau kamu ingin bersepeda jarak jauh, ada banyak persiapan Gowes yang harus dilakukan agar tubuh tidak gampang capek. Yuk, simak Tips berikut ini.

<img data-lazyloaded=
bersepeda jarak jauh

Bersepeda alias gowes kini menjadi salah satu gaya hidup sehat yang banyak digemari oleh masyarakat. Tidak hanya tubuh yang jadi lebih sehat, gowes juga bisa membawa kamu ke tempat-tempat yang kamu belum pernah kunjungi sebelumnya. Bahkan, banyak yang bertemu dengan teman-teman baru melalui komunitas bersepeda yang diikuti.

Komunitas tersebut tidak jarang mengadakan touring bersepeda jarak jauh bersama rombongan. Buat kamu yang tertarik ikut serta dalam touring, simak beberapa tips berikut agar badan kamu tidak gampang capek.

Pastikan kondisi tubuh fit

Jika kamu sudah ada rencana untuk bersepeda jarak jauh, maka lakukan persiapan fisik sejak jauh-jauh hari. Bersepeda jarak jauh membutuhkan stamina yang baik dan kondisi tubuh prima. Selain persiapan fisik yang meliputi olahraga, kamu juga bisa mencari tahu rute seperti apa yang akan kamu lalui nanti sehingga tubuhmu tidak akan kaget saat waktu touring tiba.

Bersepeda tiap hari secara rutin

Selain latihan fisik yang harus dilakukan secara rutin, kamu juga harus membiasakan diri untuk bersepeda. Oleh karena itu, rutinlah berlatih bersepeda jarak pendek setiap harinya. Dengan demikian, otot tubuhmu akan terbiasa dan tidak kaget saat nanti kamu menempuh jarak yang jauh saat touring. Jarak latihan yang ideal adalah sekitar 50 hingga 70 persen dari total jarak yang akan kamu tempuh nantinya.

Cukup istirahat

Menjaga stamina tetap prima tidak cukup hanya dengan latihan fisik dan makan makanan bergizi. Kamu juga butuh istirahat cukup dengan tidur selama 8 jam dalam sehari. Tidurlah secara teratur pada jam yang sama setiap harinya agar kondisi tubuh selalu fit.

Bawa bekal minum yang cukup

Saat mendekati hari keberangkatan, kamu sudah harus memperhitungkan bekal yang akan kamu bawa selama di perjalanan nanti. Jangan terlalu banyak membawa makanan; bawa makan dan minum secukupnya saja. Sesuaikan ukuran botol minuman dengan bottle cage yang menempel pada sepeda. Bekal air ini sangat penting untuk mencegah kamu dari dehidrasi.

Pastikan kamu juga membawa camilan berenergi seperti biskuit gandum atau roti untuk disantap saat kamu merasa lapar di perjalanan.

Lengkapi atribut safety riding

Keselamatan tetap menjadi aspek utama yang harus diperhatikan saat kamu akan bersepeda. Atribut berkendara yang aman seperti helm, pelindung lutut dan siku, sarung tangan, dan sepatu wajib kamu kenakan. Tidak hanya aman, kamu juga akan makin nyaman bersepeda.

Cek kondisi sepeda

Masih berkaitan dengan keselamatan, lakukan pengecekan pada kondisi sepeda sebelum berangkat. Pastikan rem dapat bekerja dengan baik, demikian pula dengan rantai, lampu, hingga ban sepeda.

Ajak teman atau pasangan gowes bareng

Kamu tentu akan lebih bersemangat untuk mengayuh sepeda jika ada pasangan atau teman yang menyemangati bukan? Nah, jika ada orang terdekatmu yang juga hobi bersepeda, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka touring bersama lho! Jadi, kalian bisa melakukan segala persiapan bersama-sama sehingga gowes lebih menyenangkan.

Saat kamu akan bersepeda jarak jauh, pastikan kamu sdah melakukan persiapan yang matang. Apabila menjelang hari H kamu merasa kondisi tubuh kurang fit, maka jangan paksakan diri kamu untuk berangkat. Sebaiknya batalkan dulu rencana untuk bersepeda.

Anda mungkin suka