Patuh Aturan, Momen Bersepeda bersama Keluarga Makin Seru!

Menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga dengan berolahraga sepeda atau bicycle memang sangat menyenangkan, tetapi Anda harus tahu aturannya.

Tikum Bicycle – Olahraga sepeda atau bicycle bersifat universal. Itulah mengapa bersepeda cocok dilakukan oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sebab itu, tidak mengherankan kalau bersepeda amat diminati sebagai kegiatan fisik banyak anggota keluarga. Alhasil, jalan raya atau track sepeda selalu dipadati oleh orang tua dan anak-anak yang menghabiskan waktu akhir pekan dengan cycling santai bersama.

Sayangnya, kegiatan menyenangkan ini masih terkesan serampangan dan cukup membahayakan karena masih banyak oknum yang lalai akan peraturan-peraturan bersepeda di tempat umum. Nah, apakah Anda dan keluarga juga berakhir pekan bersama dengan mengayuh sepeda? Simak aturan bersepeda di tempat publik berikut agar tetap seru!

5 Aturan Bersepeda di Ranah Publik

Aturan Bersepeda di Jalan Raya

Setiap pengendara di jalan, baik pengguna sepeda, motor, ataupun mobil, wajib mengetahui dan mengikuti aturan yang ada. Hal ini tentu saja untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri juga orang lain di sekitar. Khusus pesepeda, Anda harus mematuhi aturan berikut.

Hindari Mengobrol atau Bercanda Selama Bersepeda

Walaupun tujuan Anda mengajak anggota keluarga lain bersepeda adalah untuk membangun kedekatan emosional, jangan pernah mengobrol dan bercanda saat mengayuh sepeda. Pasalnya, ini akan menyebabkan Anda bersepeda secara bergerombol. Hasilnya, Anda pasti mengganggu kenyamanan orang lain. Jika ingin berbincang, sebaiknya lakukan saat duduk istirahat setelah bersepeda.

Jangan Menggunakan Headphone atau Barang Lain Sejenisnya

Fokus akan terbagi ketika bersepeda sambil mendengarkan musik sehingga bisa saja membahayakan diri Anda dan keluarga. Selain itu, Anda juga harus memberikan contoh pada anak bagaimana melatih fokus berkendara di tempat umum.

Pilih Rute Aman dan Lancar

Sebagai orang tua, Anda harus memprioritaskan keselamatan anak saat bersepeda. Oleh sebab itu, sebisa mungkin pilihlah rute paling aman dan bebas kendaraan bermotor. Dengan demikian, kekhawatiran akan tertabrak bisa sedikit berkurang. Namun, jika terpaksa bersepeda di jalan raya padat lalu lintas, pastikan Anda menggunakan jalur khusus sepeda atau trotoar.

Gunakan Perlengkapan Olahraga Sepeda

Sama seperti mobil yang membutuhkan sabuk pengaman atau motor yang mewajibkan helm, mengayuh sepeda pun butuh perlengkapan khusus sebagai pengaman. Untuk itu, Anda harus memastikan tiap anggota keluarga memakai perlengkapan pesepeda secara lengkap dan tepat. Beberapa item yang dibutuhkan adalah helm, sarung tangan, pengaman siku/lutut, kacamata, celana sepeda, dan sebagainya.

Mengapa Bersepeda bersama Keluarga? Ada banyak hal baik yang bisa seluruh anggota keluarga Anda dapatkan bila membiasakan bersepeda bersama.

Selain Seru, Hal Baik Yang Didapat Bersepeda bersama Keluarga

Membangun Komunikasi

Menghabiskan waktu olahraga bersama tiap akhir pekan menciptakan kedekatan emosional antar anggota sehingga membangun jalinan komunikasi yang kuat. Dengan begitu, hubungan antar anggota keluarga pun menjadi lebih baik, sehat, dan menyenangkan.

Membiasakan Pola Hidup Sehat

Anak-anak cenderung meniru pola hidup yang didapatkan dari orang tuanya. Oleh karena itu, melibatkan anak dalam tiap kegiatan olahraga sepeda secara tidak langsung dapat menciptakan kesadaran anak terhadap pentingnya hidup aktif dan sehat.

Menghilangkan Stres

Belajar dan bekerja dapat memicu stres berlebih bagi anak dan orang tua. Dengan mengayuh sepeda di kawasan rimbun nan indah, Anda serta anggota keluarga lainnya dapat menyegarkan pikiran sejenak untuk menghadapi hari-hari sibuk ke depannya.

Tips Bersepeda dengan Anggota Keluarga

Berikut beberapa tips agar bersepeda bersama keluarga berjalan menyenangkan dan aman.

  • Bawa bekal makanan dan minuman
  • Pilih rute aman/bebas kendaraan bermotor
  • Pastikan kondisi sepeda baik dan optimal
  • Gunakan pakaian nyaman dengan warna mencolok
  • Bersepedalah secara beriringan.

Sudah paham aturan-aturan di atas? sudah siap buat olahraga sepeda (bicycle) bersama keluarga di akhir pekan ini? Segera ajak keluarga Anda bersepeda bersama.


Mau bergabung dengan Komunitas Sepeda Tikum?

Cek komunitas di bawah inni yang paling cocok untuk join:

Anda mungkin suka