Bersama Melawan Virus Corona

lockdown indonesia

Sobat tikum beberapa negara sudah melakukan Lockdown guna mencegah menyebarnya wabah virus Corona. Hal ini dirasa perlu dilakukan karena semakin meningkatnya laporan warga Indonesia yang terinfeksi virus ini.

Beberapa daerah di Indonesia pun mulai memberhentikan secara resmi kegiatan pendidikan, pariwisata dan pekerjaan untuk bisa dilakukan dari rumah saja.  Berikut beberapa daerah yang sudah resmi memberikan pengumumannya.

  1. DKI Jakarta
  2. Surakarta
  3. Tangerang
  4. Bekasi
  5. Depok

Berbagai kegiatan pentas seni di stop, tempat wisata, bahkan Car Free Day pun ikut dihentikan sementara. Ini juga berpengaruh kepada kegiatan kerja seperti kunjungan kerja yang ditunda, dan berbagai event-event yang sifatnya tidak urgent untuk ikut dibatalkan.

Bali di kabarkan sedang mempertimbangkan untuk melakukan kebijakan Lockdown, akan tetapi propini Bali masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk menjalankannya. Hal ini dirasa wajar karena Bali merupakan destinasi Internsional bagi Indonesia dan sampai saat ini masih banyak turis mancanegara yang berada di sana. tikum.id sudah pernah membahas tentang bagaimana suasana kota Wuhan di Tiongkok yang melakukan Lockdown

Tidak bosan kami juga mengajurkan kepada sobat tikum untuk memperhatikan hal- hal pencegahan seperti di bawah ini ,

  1. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, atau setelah meniup hidung, batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60%.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.
    Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  3. Beri jarak antara diri Anda dan orang lain jika COVID-19 menyebar di komunitas Anda.
    Tetap di rumah jika Anda sakit, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.
  4. Tutupi hidung dan mulut Anda dengan tisu saat batuk atau bersin, dan buang tisu bekas ke tempat sampah. Jika tisu tidak tersedia, batuk atau bersin ke siku atau lengan Anda, bukan tangan Anda.
  5. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari, seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, gagang, meja komputer, telepon, keyboard, wastafel di toilet,
  6. Kenakan masker wajah jika Anda sakit. Anda harus mengenakan sungkup muka ketika berada di sekitar orang lain (mis., Berbagi kamar atau kendaraan) dan sebelum Anda memasuki kantor penyedia layanan kesehatan.

Anda mungkin suka