Fenomenal! Inilah 5 pemain sepak bola bernomor punggung 10 terbaik

Nomor 10 merupakan angka paling simbolis di dunia persepakbolaan. Pasalnya, ada banyak pemain melegenda yang mengenakan angka ini di punggung jersei mereka.

Tikum Bola – Nomor 10 menjadi angka fenomenal di dunia football. Pasalnya, ada banyak pemain sepak bola bernomor punggung 10 yang berbakat. Inilah 6 di antaranya!

Nomor 10 merupakan angka paling simbolis di dunia persepakbolaan. Pasalnya, ada banyak pemain melegenda yang mengenakan angka ini di punggung jersei mereka.

Sebelum tahun 1993, nomor 10 biasa dipakai oleh pemain terdepan, terutama pemain tengah yang andal. Pemain-pemain yang berada di posisi ini kebanyakan merupakan all-rounder terbaik dan penyerang paling kreatif dalam tim. Jadi, setelah tradisi sistem penomoran berakhir, aura jersei berangka 10 semakin cemerlang. Nomor ini menjadi tren dalam tim-tim di seluruh dunia yang diberikan kepada pemaik terbaik mereka.

Nah, penasaran siapa saja pemain sepak bola bernomor punggung 10 terbaik di dunia? Cek 5 atlet berikut, yuk!

1. Johan Cruyff

Berbicara soal pemain yang andal dalam membuat taktik, Johann Cruyff menjadi yang terbaik di antaranya. Dia seorang master dalam mencari celah dan bisa “melihat” hal-hal yang terjadi di lapangan. Tidak hanya memiliki teknik yang bagus, Cruyff bahkan membuat gerakan dan menamainya dengan nama sendiri. Belum ada pemain bernomor punggung 10 yang bisa sekreatif Cruyff!

2. Michel Platini

Michel Platini memenangkan Ballon d’Or 3 kali berturut-turut dari 1983 hingga 1985. Pemain melegenda ini dinobatkan sebagai “the French Player of the Century” pada 1999. Platini merupaka pencetak skor produktif dengan total lebih dari 350 gol sepanjang kariernya.

3. Lionel Messi

Pemain sepak bola bernomor punggung 10 terbaik selanjutnya, yang pastinya tak boleh ketinggalan, adalah Lionel Messi. Statistik dari Messi berbicara sendiri tentang prestasinya:

  • 4 Liga Champions UEFA
  • 6 Copas del Rey
  • 34 trofi klub
  • 6 Sepatu Emas Eropa
  • 8 trigol Liga Champions UEFA
  • 50 gol dalam satu musim
  • 420 gol La Liga
  • 163 umpan gol di La Liga
  • 10 gelar La Liga
  • 6 FIFA Ballon d’Or
  • 670 total gol sepanjang karier
  • Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Argentina

Lionel Messi tidak hanya salah satu pemain nomor 10 terbaik, tetapi juga satu dari sekian banyak pemain sepak bola top di dunia.

4. Diego Maradona

Pemain Argentina yang bermain di Napoli, Diego Maradona, merupakan seorang genius. Dia sangat cepat dan bisa menggiring bola melewati pemain mana pun. Maradona punya penglihatan yang menakjubkan dan kreatif dengan bola. Selain itu, jarak oper bolanya sangat baik dan andal dalam mencetak gol.

Maradona dinobatkan sebagai “Goal of the Century” untuk Argentina melawan Inggris di 1986. Dia debut di klub pada usia 15 tahun dan debut internasional pada umur 16 tahun. Hebatnya lagi, Maradona bermain dalam 4 kemenangan Piala Dunia FIFA di 1986.

5. Pelé

Edson Arantes do Nascimento, atau yang lebih populer dengan sebutan Pelé, dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang sejarah. Pelé mengenakan jersei bernomor punggung 10 untuk Brasil antara 1958 hingga 1970. Dalam rentang tahun tersebut, dia memenangkan 3 Piala Dunia.

Pelé mencetak 650 gol dalam 694 pertandingan, membuatnya menjadi peraih skor liga yang lebih unggul dibandingkan pemain lain. Ditambah lagi, dia tercatat dalam Guinness World Records dengan total skor sebanyak 1.281 gol di 1.363 pertandingan sepanjang kariernya. Wah!

Itulah 5 pemain sepak bola bernomor punggung 10 terbaik yang perlu kamu ketahui. Tak hanya gagah dengan angka yang terpampang di jersei, mereka pun memang mempunyai talenta yang luar biasa.

Jadi, manakah pesepak bola nomor 10 favorit Anda? Apakah termasuk dalam artikel ini? Tuliskan nama dan alasan menyukainya di kolom komentar, ya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka