Berkendara Jeep Legenda Bersama Willys Owner Indonesia

Apa yang terlintas dalam benak Anda jika mendengar kata JEEP ? Apakah kendaran tangguh, macho, klasik ? Nah, hari ini mari kita simak sedikit kilas balik sebuah kendaraan asli Amerika yang bisa dibawa kemana saja, melakukan apa saja di segala medan, yang kemudian dikenal dengan nama Jeep Willys.

Pada awalnya Willys mulai diciptakan pada tahun 1940 oleh Karl Probst dibawah kontrak American Bantam Company. Berdasarkan sejarah, mobil ini adalah kendaran tempur dan operasional pada masa perang dunia II yang dipergunakan oleh angkatan darat Amerika Serikat. Hingga akhirnya perusahaan Ford Motor Company juga ikut terlibat dalam produksi selanjutnya.

Pada saat itu sebanyak 144 Jeep disediakan untuk setiap resimen infanteri angkatan darat Amerika, dan sejumlah besar Jeep juga dikirim ke negara sekutu seperti Inggris dan Rusia. Seri pertama yang dipergunakan adalah Willys Quad 4×4, dan melalui berbagai pengembangan dan modifikasi, akhirnya Willys menambah seri mereka menjadi Willys MA, Willys MB dan versi sipil yaitu CJ (Civilian Jeep).

Seri MB sendiri berevolusi menjadi model militer M-38, yang menampilkan sistem pengapian tahan air dan dibuat dari tahun 1950 hingga 1951 khusus untuk digunakan selama Perang Korea. Willys memilki berbagai macam tipe seperti : Willys CJ2A, Willys CJ3A, Willys CJ3B, Willys CJ5, Willys Truck, Willys Stasion Wagon, Willys Jeepster.

Lalu bagaimana di Indonesia? apakah masih ada orang yang tertarik merawat mobil ini? jawabannya adalah tentu saja ADA. Mari kita mengenal lebih dekat dengan WILLYS OWNER INDONESIA.

Willys Owner Indonesia

Willys Owner Indonesia (WOI) berdiri pada tanggal 8 Oktober 2017, oleh beberapa orang dewan pendiri, Mereka adalah :

  • Nanan Soekarna
  • Albert Ibrahim
  • Aan Darmujianto
  • Pandu Pradana
  • Gerardius Ario sasongko
  • Hadi Aljoefry
Willys Owner Indonesia 3

Visi berdirinya WOI adalah untuk menjalin persaudaraan dengan sesama penggemar dan pemilik Jeep Willys di Indonesia dan juga dari negara lain.

Sedangkan Misi WOI adalah melestarikan kendaraan Jeep Willys di Indonesia dan menjalin hubungan yang baik dengan berbagai masyarakat dan klub otomotif lainnya di Indonesia.

Klub ini tidak membentuk struktur kepengurusan secara resmi, jadi cukup hanya dewan pendiri/Founder. Dan tipe Jeep yang digunakan para anggota terdiri dari 90 persen Jeep willys dan sisanya 10 persen Jeep Utility dan Jeep Mambo.

Dalam klub otomotif ini latar belakang para anggota juga sangat beragam, mulai dari Pedagang, Pengusaha hingga para Purnawirawan Polisi dan Tentara. Bahkan, Panglima TNI Bapak Marsekal Hadi Tjahjanto, juga merupakan anggota dari WOI.

Willys Owner Indonesia 4

Sampai saat ini total dari anggota WOI yang aktif sudah mencapai 400 orang, dan berdasarkan data dari sosial media terdiri dari Facebook : 5.2K anggota dan Instagram : 2030 follower

Tikum.id juga bertanya kepada perwakilan WOI mengapa kalian begitu tertarik dengan Jeep tipe ini ? dan apa yang membuatnya begitu special? Bapak Albert menjawab “Karena Jeep Willys mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi, sekaligus sebuah kepuasaan batin jika masih bisa melestarikan atau merestorasi barang ini mengingat tidak ada dealer resmi dari jeep Willys seperti merk mobil lainnya”

Setiap klub otomotif sudah pasti memiliki agenda kegiatan periode mingguan, bulanan hingga tahunan. Berikut beberapa kegiatan rutin dari WOI sebelum masa pandemic covid-19

  • Gathering bersama anggota
  • Touring luar kota
  • Bakti sosial untuk masyarakat
Willys Owner Indonesia 5
Willys Owner Indonesia 6
Willys Owner Indonesia 7

Bagi Anda penggemar Jeep Willys dan belum tahu kemana harus bergabung dalam wadah resmi, kami mengajak Anda untuk bergabung bersama WOI. Silahkan menghubungi beberapa akun sosial media mereka di bawah ini.

E-mail : willysownersindonesia@gmail.com
Website : www.willysownersindonesia.com

Tikum.id bangga bisa mengenal lebih dekat klub otomotif Willys, karena menurut kami merawat barang ‘classic car’ butuh kesabaran dan ketelitian yang sangat luar biasa agar Jeep ini tetap prima dan nyaman untuk digunakan. Tetap kompak dan solid, bertambah besar, serta bermanfaat bagi masyarakat otomotif Indonesia. Kami tunggu aksi Willys Owner Indonesia di cerita selanjutnya

“Take care of your car in the garage, and the car will take care of you on the road.”
Amit Kalantri

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tunjukkan Komen (1)