Berkeliling Yogyakarta Sambil Bersepeda, Asyiknya Dobel!

Tur sepeda Yogyakarta memang menyenangkan, apalagi bila sambil mampir di berbagai tempat wisata unggulan.

TikumBicycle – Tur sepeda Yogyakarta memang menyenangkan, apalagi bila sambil mampir di berbagai tempat wisata unggulan.

Yogyakarta memang tidak akan pernah membosankan, berapa kalipun kita berkunjung ke sana. Yogya seolah tidak kehabisan tempat terbaik untuk memanjakan setiap pengunjungnya. Mulai dari wisata alam, wisata urban, wisata belanja, hingga wisata kuliner yang ada di Yogya selalu sukses membuat kita kangen.

Apalagi, kini di Yogya kita juga bisa melakukan tur sepeda Yogyakarta dengan jalur melalui berbagai macam ikon-ikon legendaris di Kota Yogyakarta. Mana saja rute berkeliling Yogyakarta sambil bersepeda tersebut?

5 Rute Berkeliling Yogyakarta Sambil Bersepeda

1. Rute Taman Pintar

Rute ini dimulai dari Taman Pintar melewati Jalan Sultan Agung, kemudian Jalan Brigjen Katamso, lalu Sidokabul, dan finish di Taman Pintar kembali yang berlokasi di Jalan Tegalturi. Total rute ini mencapai 6,17 km.

Di rute ini, pesepeda nantinya akan menyusuri beberapa kampung, seperti Prawirodirjan, Keparakan, dan Brontokusuman. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menikmati sajian kuliner khas dan lezat yang berada di lapangan Sidokabul.

2.Rute Tilik Jeron Beteng

Ada rute Tilik Jeron Beteng yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia dapat bermakna menengok isi dalam benteng. Panjang rute sekitar 8,68 km dan akan melewati Pasar Pakuncen, lalu Kampung Ketanggungan, kemudian Sindurejan, lanjut ke Suryodiningratan dan Magangan, hingga selesai di Plaza Pasar Ngasem.

Tidak kalah dengan rute Taman Pintar, di rute ini kita juga dapat menjajal berbagai macam jajanan dan makanan khas Yogya lainnya di Pasar Condronegaran, Pasar Ngasem, dan Mina Julantara.

3. Rute Romansa Kota Lawas

Tur sepeda Yogyakarta selanjutnya adalah dengan melewati Rute Romansa Kota Lawas. Panjang rute kurang lebih 13,3 km dan pesepeda akan diajak bernostalgia dengan berkeliling Kotagede. Dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman, kemudian melewati Jalan Sajiono dan Jalan Juandi, lanjut ke Jalan Ipda Tut Harsono, hingga Jalan Kusumanegara yang nantinya menuju area Kotagede lalu finish di Bendung Lepen Giwangan.

Rute ini juga melewati beberapa ikon terkenal Yogya dari zaman Kesultanan Mataram, seperti Masjid Perak Kotagede, Masjid Besar Mataram, kemudian Taman Gajah Wong, dan berjalan-jalan di sentra pengrajin perak di kawasan Bendungan Lepen. Oh ya, sebelumnya bisa juga kulineran di Lapangan Karang.

4. Rute Jajah Kampung Susur Sungai

Rute selanjutnya adalah Jajah Kampung Susur Sungai yang akan menelusuri kampung-kampung di tepian sungai dengan total panjang rute 6,55 km. Adapun kampung yang akan ditelusuri adalah beberapa kampung di sekitar area Museum Pangeran Diponegoro, Kampung Wisata Becak Maju, Karangwaru Riverside, dan Kampung Jetis atau lebih populer dengan sebutan Taman Robin.

Jalan yang dilalui di dalam rute ini adalah Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan Gondolayu sebelum akhirnya masuk ke dalam perkampungan.

5. Rute Makam Wijayabrata (Jajah Kampung 2)

Terakhir adalah Rute Jajah Kampung 2 atau bisa disebut juga dengan Rute makam Wijayabrata. Makam tersebut yang akan menjadi finishnya. Rute dimulai dari Museum TNI dilanjutkan ke Jalan Cik Di Tiro hingga ke Sagan.

Sepanjang rute, kita dapat melihat pemandangan yang asri dan udara yang sejuk sambil melewati Embung Langensari, Taman Bakung, Kampung Nglitren, dan selesai di Makam Wijayabrata. Panjang rute ini mencapai 6,53 km.

Bila kelima rute tur sepeda Yogyakarta di atas masih belum memuaskan, para pesepeda bisa melanjutkan gowes lagi ke beberapa tempat lain, seperti Puncak Gebang, Puncak Sosok, Kaliurang, atau Pantai Parangtritis.

Nah, Sobattikum tinggal pilih rute berkeliling yogyakarta sambil bersepeda mana yang mau dijajal terlebih dahulu.


Komunitas

Berminat Gabung dengan Komunitas Sepeda? Sebelum Join, simak dulu profilnya.

Bintaro LoopCilodong Bikers 1alam sutera cycling club logo
Komunitas Bintaro LoopKomunitas Cilodong BikersAlam Sutera Cycling Club
bike2work logokomunitas 301 Cycling Club Jakartabike Brownsugar Cycling Club
BIKE TO WORK INDONESIA301 Cycling Club JakartaBrownsugar Cycling Club

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka