Bergabung Di Klub Otomotif, Apa Saja Keuntungannya?

Tikum Otomotif  – Mungkin kamu masih maju-mundur untuk bergabung di sebuah klub otomotif. Mari simak apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dengan join di komunitas semacam ini.

Apakah kamu menyukai dunia otomotif dan ingin bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama? Jika iya, ada berbagai komunitas yang dapat mewadahi minat ini. Ada banyak alasan yang bisa mendorong kamu untuk bergabung di komunitas otomotif tersebut, apalagi Indonesia punya banyak klub menarik.

Mengapa Saya Perlu Bergabung di Komunitas Semacam Ini? 

Bergabung di sebuah komunitas pastinya bukan sesuatu yang dilakukan begitu saja. Namun, usaha kamu tidak akan sia-sia karena komunitas semacam ini menawarkan beberapa manfaat, antara lain:

Mendapatkan informasi untuk meningkatkan kualitas kendaraan

Di dalam komunitas ini, anggota akan bertemu dengan orang-orang yang punya minat sama. Di sini, ada banyak kesempatan untuk saling bertukar informasi mengenai mobil masing-masing. Para anggota akan mendapatkan insight untuk meningkatkan gaya dan performa mobilnya sendiri.

Koneksi untuk mendapatkan servis berkualitas hingga diskon

Banyak sekali komunitas otomotif yang bekerja sama dengan dealer maupun bengkel-bengkel ternama. Anggota komunitas bisa mendapatkan servis hingga aksesoris untuk mobil dengan harga yang lebih murah dari harga pasar. 

Adanya akses untuk pergi ke acara-acara khusus

Di Indonesia, sering sekali diadakan acara-acara terkait mobil tertentu. Kalau bergabung dengan komunitas seperti ini, kamu akan dapat banyak kesempatan bergabung di acara-acara ini. Biasanya, banyak acara semacam itu hanya menerima anggota komunitas saja.

Kesempatan untuk melakukan kegiatan filantropi

Klub mobil dan motor sering sekali terlibat dalam kegiatan filantropi. Kegiatan ini menunjukkan bahwa para anggotanya peduli dengan lingkungan sekitar di luar komunitasnya. Kalau bergabung dengan klub, kamu akan dapat kesempatan bergabung dengan kegiatan semacam ini.

5 Klub Otomotif di Indonesia

Di Indonesia, ada banyak auto club mengingat banyaknya peminat dan pemilik mobil. Ada klub yang masih baru dan ada pula yang sudah punya sejarah panjang. Berikut merupakan contoh lima klub yang cukup populer di sini:

Corrola Retro Club

Mobil Corrola diproduksi pada tahun 70-an hingga 80-an. Meskipun begitu, peminatnya masih cukup banyak di Indonesia. Pemilik mobil sedan ini bahkan membangun komunitas untuk menampung rasa cinta terhadap sedan bergaya retro ini. Banyak kegiatan yang dilakukan anggotanya.

Dream Club Indonesia

Mungkin klub ini adalah klub yang paling eksklusif di dalam daftar. Klub ini mewadahi orang-orang yang memiliki kendaraan dengan harga cukup mahal. Bisa dipahami bahwa merek mobil yang pemiliknya bergabung dengan komunitas ini termasuk dalam kategori high end.

Volkswagen Water Cooled (Nuvolks)

Nuvolks mewadahi orang-orang yang menyukai kendaraan hasil produksi Volkswagen. Mobil produksi manufaktur Jerman ini memang punya daya tariknya sendiri. Tidak heran jika komunitasnya cukup besar dan sangat aktif menggalakkan acara besar, mulai dari driving bersama sampai acara amal.

Avanza Xenia Club Indonesia (AXCI)

Mengingat Avanza dan Xenia merupakan dua jenis mobil dengan pemilik yang cukup banyak di Indonesia, tidak heran jika komunitas ini anggotanya cukup banyak. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari bergabung di komunitas ini, seperti diskon untuk maintenance dan spare parts. Anggota sangat diuntungkan di klub ini.

Jakarta American Jeep

Komunitas ini didirikan untuk pecinta mobil jenis jeep yang diproduksi oleh Amerika. JAJ sudah berdiri sejak tahun 1984 jadi bisa dibilang kalau sejarahnya cukup panjang. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan juga cenderung berskala besar, seperti tur di luar Pulau Jawa (Sulawesi).

Kalau kamu seorang pemilik mobil dan merasa bahwa aset ini merupakan bagian dari gaya hidup, maka bergabung di komunitas akan sangat bermanfaat. Masih ada banyak klub otomotif lain dengan spesifikasi yang mungkin lebih sesuai dengan dirimu. 

Anda mungkin suka