Berencana Liburan ke Korea Selatan? Ini Dia 5 Festival Seru yang Wajib Disaksikan

korea festival

Korea Selatan memiliki berbagai daya tarik wisata. Salah satunya adalah festival-festivalnya. Simak 5 festival yang wajib disaksikan berikut ini!

Lebih dari sebuah negara yang terkenal karena industri hiburannya, Korea Selatan adalah sebuah negara yang kaya dan menarik. Memiliki sejarah panjang ribuan tahun, salah satu tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari kebudayaan negeri ginseng adalah festival-festivalnya.

Perayaan tradisional di negara ini umumnya berpusat pada mitos, legenda atau pergantian musim. Tradisi kuno yang dilakukan oleh para petani telah berkembang mengikuti adat istiadat modern. Sementara itu, banyak juga festival baru yang bermunculan untuk dinikmati oleh generasi masa kini.
Buat Anda yang berencana berkunjung ke Korea Selatan, ada setidaknya 5 festival yang wajib Anda saksikan. Apa saja?

Festival Bunga Musim Semi Yeouido, Seoul

Bicara bunga sakura, Jepang mungkin adalah yang paling terkenal. Namun, Korea Selatan ternyata juga punya festival serupa yang tidak kalah kerennya. Seoul, ibu kotanya yang kaya dengan berbagai unsur budaya adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat cherry blossom atau bunga sakura. Festival Bunga Musim Semi Yeouido diadakan pada pertengahan April setiap tahun, saat azalea, forsythia, royal azalea dan bunga musim semi lainnya mulai mekar dengan sempurna.

Seoul Lantern Festival

Seoul Lantern Festival atau Festival Lampion Seoul adalah helatan tahunan yang diadakan dari hari Jumat pertama sampai Minggu ketiga di bulan November. Setiap tahun, hampir 3 juta pengunjung datang ke Cheonggyecheon Plaza Seoul untuk melihat bentangan kilometer Aliran Cheonggyecheon yang diterangi dengan struktur lampion yang luar biasa. Ada tema yang berbeda setiap tahun, biasanya menggabungkan beberapa unsur budaya Korea yang khas.

Jeju Fire Festival

Dengan berbagai pesona yang dimilikinya, Jeju adalah ‘Pulau Dewata’ milik Korea Selatan yang menarik untuk dikunjungi. Didominasi oleh gunung berapi Hallasan yang megah, Anda bisa menyaksikan banyak hutan dan pedesaan yang dibangun dari batu hitam vulkanik. Memiliki banyak tebing terjal, air terjun dan pantai, tidak heran jika Jeju menjadi tuan rumah untuk salah satu festival paling menarik di Korea Selatan: Festival Api.

Diadakan pada awal Maret, festival ini merayakan datangnya musim semi dan melambangkan waktu bagi warga Korea Selatan untuk berdoa untuk panen yang baik dan kesehatan yang baik di tahun mendatang.

Boryeong Mud Festival

Sekitar 200 kilometer di selatan Kota Seoul, ada Kota Boryeong yang setiap tahunnya menjadi tuan rumah untuk jutaan wisatawan yang ingin menyaksikan Mud Festival atau festival lumpur. Diadakan pada pertengahan Juli setiap tahunnya, para pengunjung bisa menyaksikan berbagai hal yang berhubungan dengan lumpur. Mulai dari gulat lumpur, seluncuran di atas lumpur hingga berenang di pemandian lumpur raksasa, semua bisa Anda coba.

Menjelang malam hari, Anda bisa melanjutkan pesta ke tepi pantai. Ada alunan musik dan kembang api yang dinyalakan untuk merayakan festival unik ini.

Gochang Green Barley Field Festival

Jika Anda ingin beralih sejenak dari bisingnya Seoul, Festival Barley Hijau Gochang adalah pilihan menarik. Diadakan pada bulan April setiap tahunnya, Anda bisa menyaksikan panen jelai selama 3 minggu. Sebagai festival paling populer di kawasan ini,

Anda bisa bergabung merayakannya dengan membuat seruling dari batang jelai atau mencari harta karun di tengah ladang jelai.
Itulah 5 festival menarik di Korea Selatan yang sebaiknya Anda masukkan ke dalam bucket list liburan Anda nanti. Tertarik?

Author: Anu Tualang

Anu Tualang, Traveler dan reviwer perjalan ke Destinasi Wisata yang banyak Indonesia miliki khususnya Keindahan Alam, Sejarah, Heritage, hingga Kuliner yang tersebar di Nusantara yang Luas.

1 thought on “Berencana Liburan ke Korea Selatan? Ini Dia 5 Festival Seru yang Wajib Disaksikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *