Berapa Lama Produk Makeup Ini Bisa Disimpan dan Dipakai?

Masa pakai produk makeup berbeda-beda mulai dari 3 bulan sampai ada yang 10 tahun. Nah, kira-kira produk apa saja yang punya masa pakai pendek dan panjang?

Masa pakai produk makeup berbeda-beda mulai dari 3 bulan sampai ada yang 10 tahun. Nah, kira-kira produk apa saja yang punya masa pakai pendek dan panjang?

Setiap produk makeup atau skincare yang dimiliki oleh wanita memiliki masa pakai yang berbeda-beda. Ada yang masa pakainya hanya beberapa bulan saja dan ada yang sampai hitungan tahun. Setelah masa pakai usai, produk tidak akan aman lagi dipakai dan ada kemungkinan menyebabkan gangguan di kulit.

Selama ini wanita memiliki kebiasaan untuk sering membeli produk-produk makeup dan skincare karena promosi. Jadi, meski sudah memiliki banyak pun, mereka tetap membelinya berkali-kali. Sayangnya yang dipakai hanya itu-itu saja dan yang lain menumpuk. Ada yang sempat dipakai ada yang belum dibuka sama sekali. Nah, kira-kira berapa masa pakai produk itu?

1. Maskara

Salah satu produk makeup yang memiliki masa pakai paling singkat adalah maskara. Umumnya, setelah maskara dibuka, Anda hanya memiliki waktu sekitar 2-3 bulan saja. Setelah itu, produk buang karena berpotensi menyebarkan bakteri di area mata.

Salah satu indikator kalau maskara tidak layak pakai lagi adalah tekstur mengalami pengerasan. Selain itu, muncul aroma dan warna aneh. Hindari memakai maskara yang seperti ini atau maskara yang dipakai bersama banyak orang.

2. Produk Makeup Cair

Produk makeup cair seperti foundation atau concealer memiliki masa pakai 6-12 bulan saja setelah dibuka. Setelah melewati masa itu, ada baiknya untuk segera dibuang karena produk cair rawan sekali dijadikan sarang patogen untuk berkembang serta bahannya bisa jadi beracun.

3. Pemulas Bibir

Pemulas bibir atau lipstik memiliki masa pakai 2 tahun sejak dibuka dan digunakan. Selain itu, kalau lipstik yang digunakan mengalami perubahan warna dan mengeras, berarti tidak bisa dipakai lagi. Bisa jadi, bahannya sudah mengalami kerusakan atau ada kontaminasi dari bakteri.

4. Bedak dan Produk Padat Lain

Bedak padat memiliki masa pakai 1-2 tahun dan tergantung dengan bahan yang menyusunnya. Kalau bahan penyusun ada komponen biologinya, kemungkinan besar bisa cepat busuk atau jadi sarang dari bakteri.
Produk padat lain seperti eye shadow, hanya bisa dipakai selama 3 bulan saja seperti maskara. Kalau tekstur jadi lebih keras atau kering, berarti sudah mengalami kerusakan dan wajib untuk dibuang.

5. Parfum

Banyak sekali yang menganggap kalau parfum tidak memiliki masa kedaluwarsa. Padahal, produk ini hanya bisa dipakai maksimal 10 tahun dari masa produksi. Setelah lebih dari 10 tahun, akan ada perubahan pada komponen kimia sehingga aromanya ganti atau zat parfum jadi berbahaya. Simpan parfum di tempat sejuk dan tidak kena cahaya matahari langsung agar awet.

6. Kuteks

Kuteks biasanya aman dipakai selama 1-2 tahun setelah dibuka. Hindari memakai kuteks yang sudah mengeluarkan bau tidak sedap atau teksturnya mengalami pengerasan. Kalau Anda sering memakai kuteks, ada baiknya sering diberi cairan pengencer agar masa pakainya bisa lebih panjang lagi.

7. Berbagai Jenis Lotion

Produk lotion yang biasanya dipakai untuk menjaga kelembutan kulit baik di area wajah, leher, tangan, dan kaki memiliki masa pakai yang lama. Biasanya setelah dibuka, produk bisa bertahan maksimal 2 tahun atau mengikuti tangan kedaluwarsa dari pabrik.

Usahakan memilih lotion yang memiliki pencetan untuk menghindari bakteri menempel saat sering dibuka dan ditutup.
Memperhatikan masa pakai dari produk makeup dan skincare akan membantu Anda dalam mencegah kerusakan kulit.

Selain itu, ada baiknya membeli produk-produk yang memang dibutuhkan saja. Kalau tidak dibutuhkan, lebih baik ditahan dahulu. Daripada menumpuk dan tidak terpakai lebih baik bujetnya dipakai untuk keperluan lain.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka