Ikan Mas Koki, Si Cantik yang Menguntungkan

Tikum Animal Lover – Bentuknya Ikan mas koki bisa menjadi ikan hias populer. Banyak orang mencari ikan ini untuk mempercantik suasana dalam ruangan. Budidaya ikan mas koki terbilang menguntungkan.

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dicari. Ikan dengan penampilan cantik ini berasal dari genus Carassius. Awalnya, ikan mas koki mulai dibudidayakan oleh masyarakat di Tiongkok pada 960-1729. Namun, saat ini popularitas ikan mas koki mengalami perkembangan cukup pesat di Jepang. Perkawinan silang menciptakan jenis ikan yang unik dan lebih variatif.

Bentuknya ikan mas koki secara umum cukup mudah dikenali karena memiliki tubuh gendut, pendek, dan sedikit bungkuk. Siripnya lengkap, sisiknya cenderung berukuran kecil, dan mulutnya bisa disembulkan. Ciri khas lainnya, terdapat sungut di ujung mulut. Warna dasar ikan mas koki adalah hitam, kuning, merah, dan putih.

Jenis Ikan Mas Koki

Ternyata, varietas ikan mas koki cukup beragam. Salah satu di antaranya adalah ikan mas koki ryukin. Ikan ini memiliki punuk yang menonjol dan membuat sirip punggungnya terangkat. Pada sirip ekor yang panjang, terdapat tiga hingga empat lobus. Itulah sebabnya ikan ini disebut memiliki ekor kelopak bunga sakura.

Varietas ikan mas koki ryukin terdiri atas beberapa jenis, yaitu sabao, tamasaba, dan yamagata kingyo. Ketiganya hanya memiliki satu sirip pada ekor. Sementara itu, warnanya beragam, antara merah dan putih, putih, atau merah tua. Untuk perawatan, ikan mas koki ryukin tidak membutuhkan perhatian ekstra. Ikan ini bisa ditempatkan di kolam luar maupun akuarium.

Jenis populer lainnya adalah ikan mas koki komet. Salah satu yang paling banyak dicari adalah jenis komet yang berwarna oranye metalik. Bentuk tubuhnya ramping dan siripnya terlihat memanjang dan meruncing. Selain itu, ada pula varietas fantail goldfish dan ikan mas koki bubble eye. Keduanya memiliki tampilan yang unik sehingga sangat dicari sebagai ikan hias.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Supaya ikan mas koki bertahan hidup lama, kamu tentu harus merawatnya dengan baik. Apa saja yang perlu dilakukan? Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

  • Gunakan wadah yang tepat untuk jenis ikan mas koki yang akan dipelihara. Ukuran akurium harus disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dimasukkan. Bukan hanya berkaitan dengan ruang gerak ikan, tetapi juga area permukaan untuk menyerap oksigen.
  • Gunakan aksesori yang tepat dan berguna. Salah satunya, penutup untuk mencegah debu masuk ke dalam akuarium dan mencegah ikan melompat keluar. Kamu juga perlu menggunakan filter yang berfungsi untuk membersihkan air. Batu-batuan juga perlu dimasukkan sebagai tempat hidup bagi bakteri baik.
  • Selalu menjaga kualitas air di dalam akuarium. Kamu harus memastikan air tidak mengandung klorin dari air keran dengan cara mendiamkannya selama beberapa hari sebelum digunakan. Pastikan suhu air tetap konstan.
  • Akuarium harus tetap dijaga kebersihannya. Karena itu, lakukan perawatan secara berkala untuk menghilangkan lendir, jamur, dan limbah.•

Keuntungan dari Ikan Mas Koki

Tak hanya sebagai ikan hias yang memperindah suasana, kamu juga bisa meraup untung dengan keberadaan ikan mas koki. Salah satunya melalui kontes ikan mas koki yang rutin digelar dalam rangka mempopulerkan ikan hias ini. Kriteria penilaian untuk pemenang dilihat dari penampilan ikan yang cantik sempurna.

Karena peminatnya cukup banyak, jual beli ikan mas koki terbilang sangat prospektif. Untuk mendapatkan keuntungan, kamu bisa melakukan budidaya sendiri. Sebagai awal, modal untuk membudidayakan ikan tidak terlalu besar. Kamu hanya perlu mempersiapkan peralatan dan melakukan perawatan yang tepat sehingga ikan mas koki tumbuh dengan baik.

Nah, inilah ulasan singkat mengenai ikan mas koki. Tertarik untuk memeliharanya?


Ticwatch GTH Fitness Smartwatch Men/Women Monitor Skin Temperature Oxygen Sleep Tracking Waterproof Swim Sport Watch Mobwoi
Anda mungkin suka