Bentuk Handlebar (Setang) Yang Ideal Untuk Sepeda Fixie

Tikum Bicycle – Bentuk handlebar (setang) juga menentukan tingkat kenyamanan saat bersepeda. Kenali empat bentuk handlebar (setang) untuk fixie berikut ini agar tidak salah pilih.

Sepeda fixed gear atau yang lebih dikenal dengan sebutan sepeda fixie, punya ciri khas yang membedakannya dengan sepeda lain, yakni tidak didukung mekanisme freewheel di bagian gear atau sprocket belakang. Hal ini membuat sepeda akan berhenti bila Anda tidak terus mengayuh. Sepeda ini awalnya didesain untuk digunakan para atlet dalam cabang balap sepeda track. Namun, seiring waktu, masyarakat mulai menggunakannya.

Saat mengendarai sepeda, kenyamanan adalah salah satu poin penting, terutama bila Anda menggunakannya secara rutin setiap hari atau ketika harus menempuh jarak jauh. Setang atau handlebar untuk fixie merupakan salah satu spare part utama yang berkontribusi pada kenyamanan saat bersepeda.

Ada beberapa jenis setang untuk sepeda fixie, yang banyak beredar adalah jenis Risebar, Flatbar, Dropbar, dan Bullhorn. Apa perbedaanya dan mana yang paling bagus untuk sepeda fixie Anda?

Risebar

Bentuk setang jenis ini kerap digunakan pada sepeda MTB. Ciri khasnya adalah bagian tengahnya memiliki patahan yang melengkung ke bawah, kemudian lurus ke lokasi rem dan pegangan. Bebannya bertumpu pada bagian depan, dengan pembagian sekitar 45% bagian belakang dan 55% bagian depan.
Posisi berkendara (riding) dinilai lebih nyaman dibandingkan model setang lainnya, karena posisi pengendara akan sedikit terangkat dan tidak membungkuk. Meski tidak menciptakan kecepatan sebaik model lainnya, setang model ini mampu meredam getaran, ideal untuk dipakai pada trek ekstrim atau off road.

Flatbar

Banyak pengguna fixie yang memilih model setang flatbar. Tampilannya sederhana, mengusung bentuk datar menyerupai sebuah stik, tujuannya adalah memberi ketahanan dan kekuatan riding penggunanya. Ukuran setang ini mencapai 62cm hingga 68cm, biasanya dibuat menjadi lebih pendek dengan cara dipotong setiap ujungnya.

Posisi berkendara sedikit condong ke arah depan dengan posisi siku membengkok, efektif membuat Anda berkendara dengan agresif. Sedangkan bebannya bertumpu pada roda bagian depan. Model setang ini juga direkomendasikan untuk penggunaan fixie harian.

Flatbar direkomendasikan sebagai handlebar untuk fixie karena memiliki beberapa keunggulan berikut :

  • Mempromosikan posisi berkendara yang lebih tegak.
  • Pilihan tepat untuk melaju di jalan sempit.
  • Punya banyak ruang untuk aksesori tambahan.

Dropbar

Setang model ini juga dikenal sebagai setang balap. Desainnya unik, yakni setiap ujungnya melengkung ke dalam. Bentuk tidak biasa ini berguna untuk proses akselerasi saat melakukan sprint berkecepatan tinggi. Selain itu, juga memberikan kenyamanan saat menanjak.

Desainnya memungkinkan Anda menggunakan beberapa posisi tangan, di antaranya: posisi tangan di puncak setang, di sudut setang, di bagian hoods (permukaan rem), dan di bagian paling bawah. Setiap posisi membuat Anda lebih dekat ke bagian roda depan yang membantu Anda melaju cepat.

Setang model dropbar memiliki beberapa jenis, yaitu Classic, Anatomic, dan Compact. Tentu saja, ketiganya memiliki manfaat dan keunggulan masing-masing. Seperti namanya, setang ini sangat direkomendasikan untuk sepeda fixie jenis balap, karena membantu penggunanya melaju dengan cepat. Namun, bila Anda memilih model ini untuk penggunaan sehari-hari, tentu tidak masalah.

Bullhorn

Sesuai namanya, desain handlebar untuk fixie yang disebut bullhorn ini menyerupai tanduk banteng, biasanya dipilih sebagai sepeda time trial. Ukurannya cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan setang model lain, yakni 40cm. Berbicara tentang kenyamanan bersepeda, Anda membutuhkan 1 hingga 2 hari proses adaptasi saat pertama kali menggunakannya. Meski begitu, tetap nyaman dipakai setiap hari.

Setang bullhorn menawarkan fungsi serupa dengan dropbar, yaitu membuat posisi tubuh saat riding akan condong ke depan, memungkinkan Anda bergerak dengan lebih cepat, serta ideal untuk tanjakan.
Dari empat pilihan handlebar untuk fixie di atas, yang mana yang paling direkomendasikan?
Jawabannya, tentu saja yang paling nyaman Anda gunakan dan paling sesuai dengan kebutuhan.

Anda mungkin suka